Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami, Tidak Perlu "Ritual" yang Menyiksa Diri

Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami – Tidak ada hal instan di dunia ini, termasuk soal diet. Dibutuhkan kerja keras dan juga tekad kuat agar berat badan bisa turun dengan cepat. Selain pola makan, latihan fisik juga sangat dibutuhkan jika ingin menurunkan berat badan. Namun tahukah Anda bahwa terdapat cara-cara alami agar berat badan bisa turun dengan cepat. Berbagai program diet mengharuskan orang untuk membatasi diri pada hal-hal tertentu. Namun dengan cara-cara alami pun ternyata bisa membuat lemak-lemak dalam tubuh terbakar. Berikut beberapa cara menurunkan berat badan secara alami. (baca: Berat badan turun 10 kg dalam seminggu)

Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami

  • Banyak Minum Air

Air merupakan salah satu elemen alam yang sangat berguna bagi tubuh. Terdapat banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa salah satu manfaat minum air yang cukup dapat membantu menurunkan berat badan. Dengan meminum air sebanyak 0.5 liter dapat membakar kalori sebanyak 25-30 %. Minum air sebelum makan juga dapat meminimalisasi asupan kalori pada tubuh.

  • Masukan Protein Dalam Pola Makan

Jika Anda ingin menurunkan berat badan maka konsumsilah banyak-banyak makanan berprotein. Tubuh Anda akan membakar kalori dan lemak dalam jumlah banyak saat memakan makananan kaya protein. Protein dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga tubuh menjadi stabil dan sehat.

  • Hindari Makanan Kalengan

Salah satu cara alami dan paling mudah untuk menurunkan berat badan adalah dengan menghindari makanan kalengan. Tahukah Anda bahwa makanan kalengan sangat sedikit menyediakan nutrisi-nutrisi penting bagi tubuh, sebaliknya makanan kalengan mengandung banyak kandungan gula dan kalori didalamnya.

  • Banyak Makan Buah dan Sayuran Mentah

Sayuran dan buah memiliki nutrisi, serat dan vitamin yang sangat banyak. Namun hal tersebut akan hilang jika buah dan sayur tersebut dimasak atau dijadikan jus. Cara terbaik dalam mengkonsumsi buah dan sayur terutama untuk diet adalah dengan memakannya mentah-mentah.

  • Hindari Ngemil

Salah satu aktivitas sepele tapi sangat berpengaruh pada kegemukan adalah ngemil. Dengan memakan banyak snack yang mengandung banyak kalori dan lemak, tubuh akan bengkak dengan cepat. Cara terbaik untuk menghindari keinginan ngemil snack adalah menggantinya dengan makanan ringan lainnya seperti kacang-kacangan, yogurt, buah-buahan, dan telur rebus.

  • Minum Kopi (Tanpa Gula)

Banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa kopi dapat menurunkan berat badan secara alami. Kopi hitam merupakan minuman terbaik untuk diet secara alami.

  • Hindari Sumber Kalori Dalam Cairan

Sumber kalori dalam cairan berasal dari minuman seperti minuman berkarbonasi, susu coklat, minuman berenergi ataupun jus buah.  Minuman-minuman tersebut mengandung kalori dalam jumlah banyak, maka hindari sesegera mungkin!

  • Makan Sebentar-sebentar

Cara terbaik dalam menurunkan badan secara alami adalah dengan makan sebentar-sebentar. Ilustrasinya adalah Anda bisa makan 5 x sehari namun dengan porsi kecil dan juga rentang waktu berdekatan (minimal  jam). Dengan cara seperti ini, asupan kalori tidak berangsur-angsur masuk sepenuhnya, melainkan sangat sedikit dan akan terbakar dengan sendirinya.

  • Banyak Makan Sayuran dan Buah-Buahan

Tidak diragukan lagi bahwa sayuran dan buah merupakan senjata utama dalam program diet. Dengan memakan banyak sayuran dan buah, tubuh akan membakar banyak kalori dan lemak dalam jumlah banyak. (baca: Sayuran dan buah yang baik saat diet)

  • Makan Perlahan-lahan

Dengan makan terburu-buru, Anda kemungkinan mengkonsumsi banyak asupan kalori sebelum tubuh menyadari bahwa Anda telah kenyang. Dengan makan perlahan-lahan, Anda kemungkinan mengkonsumsi lebih sedikit kalori dan kemungkinan menghasilkan hormon yang berguna untuk menurunkan berat badan.

Itulah beberapa langkah ampuh menurunkan berat badan secara alami tanpa perlu anda repot dengan ritual ini itu sampai menyiksa diri. Jika anda benar-benar bisa menjalankannya maka tubuh ideal dan proporsional yang anda idamkan selama ini akan segera terwujud.


EmoticonEmoticon