Makanan yang Harus Anda Hindari Saat Sedang Menjalani Diet Ketat

Makanan Yang Mesti Dihindari Saat Diet Ketat – Beberapa makanan memang terlihat sangat enak namun ternyata mengandung banyak kalori dan lemak. Jika Anda sedang dalam program diet maka sangat penting untuk mengetahui jenis makanan apa saja yang mesti dihindari. Namun tenang saja karena beberapa makanan rendah kalori dan lemak juga memiliki rasa yang enak terutama jika diolah dengan benar. Sayuran dan buah merupakan makanan paling pas untuk program diet dan keduanya bisa diolah menjadi makanan lezat dan enak. Jika Anda sedang dalam program diet, berikut beberapa makanan yang mesti dihindari saat diet ketat. (Baca: Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Diet)

Makanan yang Mesti Dihindari Saat Diet Ketat

  • Makanan Beku/Dingin

Perlu diketahui oleh Anda bahwa dalam program diet, hindari mengkonsumsi makanan dingin/beku. Untuk membuat makanan tetap segar selama didinginkan, beberapa produsen makanan menambahkan banyak kandungan sodium. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan dengan kandungan sodium tinggi sangat tidak baik untuk program diet. Selain itu makanan beku juga sudah kehilangan banyak nutrisi di dalamnya sehingga tidak berimbas apapun untuk penurunan berat badan. Selain itu jika Anda memakan makanan tinggi kalori yang telah didinginkan terlebih dahulu, maka kandungan kalorinya akan lebih membesar. Jadi jika Anda sedang dalam program diet ketat, sangat dianjurkan untuk menghindari makanan beku/dingin dalam pola makan Anda.

  • Makanan Tinggi Karbohidrat

Jika Anda ingin segera memiliki bodi yang proporsional maka ada baiknya untuk menghindari makanan-makanan tinggi karbohidrat. Perlu diketahui bahwa makanan seperti kue beras, sereal kering ataupun kue kering memiliki banyak kandungan karbohidratnya. Ketika masuk ke dalam tubuh, karbohidrat tersebut berubah menjadi gula yang mengalir di aliran darah. Agar aliran gula tersebut lancar, tubuh menghasilkan banyak insulin, hal inilah yang membuat tubuh menjadi cepat gemuk. Selain itu biasanya banyak orang tidak mampu menahan godaan untuk memakan makanan tingi gula seperti cake, kue tart, es krim dan lain-lain. Hal tersebut akan memperparah program diet Anda tentunya! Ada baiknya Anda mengkombinasikan makanan berkarbohidrat dengan makanan-makanan yang kaya akan nutrisi dan vitamin.

  • Jus

Mungkin terdengar aneh jika harus menghindari jus dalam program diet. Namun jika Anda sedang dalam program diet maka jus bisa jadi merupakan penghalang Anda untuk mencapai ukuran tubuh ideal. Contohnya jika Anda membuat jus jeruk dan Anda meminumnya, maka Anda akan mengkonsumsi seluruh kalori dalam jeruk tersebut tanpa serat alami yang masuk dalam tubuh Anda. Selain itu buah-buahan yang telah dijus menghasilkan banyak kandungan gula yang sangat berbahaya untuk program diet. Zat gula dalam buah disebut dengan fructosa dimana membuat jus terasa manis dan enak, namun zat fructosa tersebut bisa menjadi musuh besar Anda dalam menurunkan berat badan. Agar lebih maksimal dalam menjalani sesi diet ketat, ada baiknya mengkonsumsi buah-buahan dalam keadaan mentah karena nutrisi baik serat maupun vitamin masih dalam keadaan utuh.

  • Minuman Beralkohol

Bukan rahasia lagi bahwa alkohol merupakan minuman yang mesti dihindari jika ingin hidup sehat. Termasuk dalam program diet ketat dimana minuman beralkohol hanya akan membuat program diet Anda sia-sia saja. Termasuk untuk minuman cocktail yang meskipun memiliki porsi alkohol sedikit, tetap saja membuat tubuh Anda susah untuk mencapai ukuran ideal. Yang paling berbahaya adalah minuman alkohol saat masuk kedalam tubuh maka akan menghasilkan racun yang sangat berbahaya bagi tubuh. Jika Anda ingin hidup sehat maka hindari minuman beralkohol. (Baca juga: Tips menurunkan berat badan secara alami)

Perjuangan dalam program diet untuk mendapatkan tubuh yang ideal dan proporsional memang tidak mudah. Anda juga harus menahan diri untuk mengkonsumsi beberapa makanan yang menjadikan perjuangan diet anda sia-sia. Untuk itu, anda perlu berkorban untuk berhenti mengkonsumsi makanan-makanan di atas. Semoga sukses dengan dietnya.


EmoticonEmoticon