4 Jenis Makanan yang Baik untuk Kesehatan Reproduksi Wanita

Makanan yang baik untuk kesehatan reproduksi wanita – Setiap wanita menginginkan yang terbaik bagi dirinya terutama tentang fertilitas atau kesuburan. Untuk meningkatkan kualitas alat reproduksi wanita, para wanita harus aware terhadap pola makannya. Meskipun tidak secara spesifik terdapat adanya makanan khusus untuk reproduksi wanita, namu setidaknya pola makan yang sehat juga dapat mebantu tubuh untuk dapat berfungsi dengan baik. Perlu diketahui juga bahwa terdapat makanan yang memang efektif untuk wanita daripada pria. Reproduksi wanita memang organ yang sangat vital jadi perlu diperhatikan lebih seksama. Berikut beberapa makanan yang baik untuk kesehatan reproduksi wanita. (Baca: Inilah Penyebab Wanita Mandul)

Makanan Terbaik Untuk Kesehatan Reproduksi Wanita

Sayuran dan Buah Organik

Sayuran dan buah memang merupakan nutrisi yang sangat penting, apalagi jika organik. Banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa sayuran dan buah organik dapat meningkatkan kesuburan pada wanita. Perlu Anda ketahui bahwa sayuran dan buah non-organik biasanya memiliki kandungan pestisida yang bisa berimbas pada kesuburan wanita. Berikut adalah beberapa sayuran dan buah yang bagus untuk kesehatan reproduksi wanita:
  • Brokoli

Brokoli merupakan makanan super yang menyediakan banyak nutrisi baik bagi tubuh. Perlu Anda ketahui bahwa brokoli menyediakan vitamin C lebih banyak dari jeruk dan juga mengandung banyak serat, folic acid dan beta karoten. Brokoli dapat dikonsumsi terutama bagi yang sedang mengalami masalah pada area reproduksi.

  • Mangga

Selain brokoli, mangga juga menyediakan banyak vitamin C bagi tubuh. Vitamin C pada mangga dapat meredakan peradangan dan memperlancar sistem imun pada tubuh. Selain itu perlu Anda ketahui bahwa jus mangga menghasilkan banyak vitamin A yang bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker.

  • Kubis

Salah satu sayuran paling kaya nutrisi adalah kubis. Kubis mengandung banyak folat yang berguna terutama untuk wanita yang sedang hamil. Meskipun tidak dalam keadaan hamil, setiap wanita bisa mengkonsumsi kubis untuk kesehatan reproduksi.

  • Kedelai

Banyak wanita yang sering mengalami masalah pada pencernaan sehingga mempengaruhi area reproduksi. Kedelai menyediakan banyak serat yang sangat berguna untuk melancarkan pencernaan.

Daging Grass-fed

Daging grass-fed atau daging yang dihasilkan dari sapi yang hanya mengkonsumsi rumput liar merupakan sumber utama protein dan asam lemak. Perlu Anda ketahui, karena dibiarkan tumbuh dengan konsumsi tumbuh-tumbuhan liar, maka daging grass-fed ini tidak mengandung banyak antibiotik dan suntikan hormon. Daging grass-fed juga mengandung sangat sedikit lemak jenuh. Daging ini bisa dikonsumi terutama untuk kesehatan reproduksi wanita.

Ikan

Tidak perlu dipungkiri lagi bahwa ikan merupakan makanan super yang sangat kaya akan protein dan vitami A. Ikan juga mengandung banyak asam lemak esensial yang membantu tubuh untuk memproduksi hormon, meredakan peradangan dan menstabilkan siklus menstruasi. Namun perlu diperhatikan, hindari ikan yang dibudidayakan dengan cara penyuntikan antibiotik dan hormon. Juga ada baiknya memilih ikan yang masih segar daripada ikan yang ada dalam kalengan. Untuk kesehatan reproduksi wanita, ada baiknya menghindari ikan yang hidup di kedalaman ekstrem seperti tuna karena memiliki kadar merkuri yang tinggi.

Beras Organik

Beras organik sangat kaya akan serat, vitamin esensial, dan nutrisi lainnya yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Serat yang dihasilkan beras organik dapat menstabilkan hormon dan juga kadar gula dalam darah. Beras organik tidak memiliki kandungan pestisida di dalamnya sehingga sangat aman dikonsumsi untuk kesehatan reproduksi wanita. Pastikan Anda mengkonsumsi beras organik daripada beras konvensional.

Beberapa makanan di atas adalah jenis-jenis makanan dari berbagai varian yang bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan reproduksi wanita. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon