Menikmati Keindahan Danau Toba dari Pulau Samosir – Pengalaman Berkesan Bersama Samosir Villa Resort

Menikmati Keindahan Danau Toba dari Pulau Samosir - Danau Toba memang menjadi salah satu kekayaan alam Indonesia yang patut kita banggakan. Danau ini merupakan danau terbesar se Indonesia, bahkan se Asia Tenggara! Panjangnya sekitar 100 Kilometer dan lebarnya 30 Kilometer. Selain itu danau ini juga  menjadi salah satu danau paling terkenal di media sosial dibandingkan danau-danau lainnya yang ada di dunia (baca: daftar tempat wisata menarik di Sumatera Utara).

Liburan beberapa waktu lalu saya berkesempatan menikmati keindahan danau Toba ini. Rasa penasaran dan antusias semua bercampur jadi satu saat saya akan berkunjung ke Danau ini. Hanya memang untuk mencari hotel atau penginapan di sekitar danau toba yang cocok buat menginap dan menikmati keindahan danau toba bisa dibilang susah-susah gampang, kayak nyari jodoh.  Setelah pusing mencari info kesana kemari melalui gadget kesayangan, akhirnya dapat juga hotel yang bakal menjadi tempat penginapan selama menikmati liburan di Danau Toba, namanya yaitu Samosir Villa Resort.

Seperti namanya, villa atau hotel ini letaknya memang di Pulau Samosir, jadi untuk menjangkaunya memang agak sulit dan butuh perjuangan, tapi worth it banget deh. “Naik kapal dahulu, bersenang-senang kemudian”, mungkin itu pepatah yang tepat menggambarkan perjuangan saya untuk sampai di tempat ini. Cara bookingnya gampang banget, saya menggunakan jasa traveloka untuk pemesanan. Bisa langsung menuju ke link berikut ini.

Naik kapal dan berada di atas laut selama 30 menit, ditemani dengan sayur mayur dan sepeda motor yang dinaikkan ke kapal menjadi pengalaman yang sangat unik bagi saya. Setelah 30 menit perjalanan, sampai lah di desa Tuktuk, Pulau Samosir, tempat di mana Samosir Villa Resort berada. Sempat kaget juga sih, soalnya saya diturunkan dari kapal trus adanya di bawah villa. Sedangkan letak lobby nya kan tidak mungkin di bawah, pasti ada di atas.

Dan benar saja, setelah saya tanya dan mengikuti beberapa tamu yang keliatannya sama-sama mau menginap di tempat ini, lobby nya memang di atas, dan kami harus menaiki anak tangga yang cukup banyak sambil membawa ransel untuk bisa check-in. Yuhuuu… nikmatin aja! Apalagi setelah check in ternyata kamar yang saya pesan letaknya berada di tengah, jadi harus turun tangga lagi. Tapi ya tetap enjoy aja! (padahal lumayan pegel).

Menikmati Keindahan Danau Toba dari Pulau Samosir
 Sumber : Traveloka

Akhirnya sampai juga di kamar, tanpa basa-basi langsung saja merebahkan badan di tempat tidur sambil meregangkan otot-otot yang mungkin sudah tegang dan capek. Setelah dirasa cukup istirahat, rasanya pengen mandi untuk menyegarkan badan. Tapi ternyata airnya dingin banget. Padahal awalnya saya sangat bersemangat mau berenang di Danau Toba. Akhirnya jadi berpikir ulang kalau ternyata airnya sedingin ini.

Tapi buat kamu yang kulitnya tebal atau tahan dingin, tidak ada salahnya berenang merasakan sensasi airnya danau toba. Sayang rasanya kalau sudah jauh-jauh sampai ke sini tapi tidak merasakan pengalaman berenang di Danau Toba.

Menikmati Keindahan Danau Toba dari Pulau Samosir
 Sumber : Traveloka

Setelah badan terasa lebih segar, kemudian saya menuju sebuah tempat semacam gazebo yang berada persis di pinggir danau dan dekat dengan kolam renang. Dari sini, saya bisa menyaksikan betapa luas dan indahnya Danau Toba.

Menikmati Keindahan Danau Toba dari Pulau Samosir
 Sumber : Traveloka

Danau ini punya sejarah yang panjang, konon katanya danau ini terbentuk ratusan ribu tahun lalu dari letusan Gunung Toba. Sedangkan Pulau Samosir yang saya tempati sekarang ini adalah hasil letusan ketiga gunung tersebut. Penelitan tentang gunung ini masih terus dilakukan. Para peneliti masih terus memantau raksasa yang sedang tertidur ini.

Di pinggir danau itu saya benar-benar merasakan sejuk, tenang, damai. Rasanya ingin terus berlama-lama di sini. Sejauh mata memandang yang terlihat hanya danau yang sangat elok. Dari tempat saya duduk di pinggir danau, setelah saya perhatikan ternyata villa yang saya tempati ini terlihat unik dengan  arsitektur bangunannya yang masih khas daerah Sumatera Utara. Indonesia memang kaya, tidak hanya alamnya, kekayaan budayanya juga membuat kita bangga.

Hal unik lainnya dari Samosir Villa Resort ini, pada beberapa bangku dan mejanya terbuat dari kayu yang dipernis. Sehingga terkadang bentuk pepohonanya masih kelihatan di mejanya. Makanan yang disajikan juga enak, pokoknya pas mantab untuk lidah orang Indonesia. Tapi sayang, perlengkapan kamar mandinya masih kurang, tidak ada mesin pemanas airnya.

Saya sangat menikmati perjalanan wisata menuju tempat ini. Apalagi bisa menikmati keindahan Danau Toba langsung dan berada di Pulau di tengah danau. Meskipun sempat merasa capek naik turun tangga dan naik kapal untuk sampai ke tempat ini, tapi setelah sampai dan beristirahat di tempat ini saya merasakan kedamaian dan betapa besar keagungan Tuhan dengan segala ciptaanNya.

Villa ini kalau malam juga ramai, cocok buat kamu yang hobi begadang. Bahkan anak-anak kecil pun terkadang masih terjaga meskipun sudah tengah malam. Singkatnya, Samosir Villa Resort adalah tempat penginapan di sekitar danau toba yang sangat tepat untuk menjadi pilihan kamu dan keluarga saat berwisata ke kawasan danau toba.  


EmoticonEmoticon