4 Larangan Bagi Wanita Haid yang Sebaiknya tidak Anda Lakukan

Larangan Bagi Wanita Haid yang Sebaiknya Dihindari – Semua perempuan pasti mengalami haid, namun tidak semuanya mengalami haid yang normal karena berbagai faktor-faktor tertentu. Berbagai faktor seperti obat-obatan, gaya hidup ataupun olahraga berlebihan dapat mempengaruhi siklus bulanan wanita ini. Haid atau menstruasi merupakan suatu gejala fisiologis yang menandakan seorang wanita sudah siap untuk memiliki anak. Hormon estrogen akan memuncak tepat pada saat menstruasi, hal tersebut agar tubuh siap dalam menghadapi kemungkinan pembuahan ovulasi. Berbagai masalah haid seperti amenorrhea, menorrhagia, dan oligomenorrhoea bisa muncul karena berbagai hal. Untuk menghindari berbagai masalah yang berhubungan dengan haid, berikut beberapa larangan bagi wanita haid yang sebaiknya anda hindari. (baca juga: Mengatasi bau badan saat haid)

Hal-Hal yang Dilarang Bagi Wanita Saat Haid

  • Hindari Bercinta Saat Haid

Larangan bagi wanita haid yang pertama yaitu melakukan aktifitas bercinta. Baik itu dari segi medis ataupun agama, berhubungan intim pada saat istri sedang haid itu sangat dilarang. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Jawabannya karena pada masa haid, organ reproduksi wanita dipenuhi dengan darah yang tidak steril sehingga hubungan intim sangat beresiko munculnya penyakit-penyakit tertentu. Penyakit endometriosis adalah salah satu penyakit yang bisa muncul jika suami dan istri tetap memaksakan bercinta pada saat istri haid. Endometriosis merupakan gejala dimana darah kotor masuk pada organ-organ lainnya dalam tubuh. Hal tersebut sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kista dan yang paling parah adalah kanker. Selain itu pada masa haid, kadar lubrikasi pada perempuan sangatlah sedikit dan jika dipaksakan bercinta maka dikhawatirkan terjadi luka yang mengakibatkan infeksi.

  • Hindari Makanan-Makanan Tertentu

Selain bercinta, larangan bagi wanita haid lainnya adalah mengkonsumsi makanan-makanan dan minuman tertentu. Makanan-makanan yang dilarang pada saat haid berhubungan pada kandungan makanan tersebut yang dapat mengganggu atau memperbanyak aliran darah pada organ reproduksi wanita, berikut makanan-makanan yang dilarang saat haid:

- Makanan Yang Mengandung Kafein

Kandungan kafein dalam makanan atau minuman seperti kopi, teh ataupun minuman berenergi dapat menyebabkan abnormalitas pada siklus haid wanita. Hindari mengkonsumsi kafein menjelang menstruasi untuk menjaga agar menstruasi bisa berjalan dengan lancar dan tepat waktu.

- Makanan Dengan Kandungan Gula Tinggi

Hindari makanan dengan kadar gula yang tinggi pada masa haid karena dapat menyebabkan sirkulasi darah menjadi tidak stabil. Gula sangat berhubungan dengan tingkat kalori yang tinggi sehingga dapat mengganggu proses menstruasi.

- Makanan Berminyak

Selain makanan dengan kandungan gula, perempuan juga harus menghindari makanan berminyak pada saat haid karena dapat mengakibatkan terganggunya aliran darah pada organ reproduksi wanita.

  • Hindari Olahraga Berat

Larangan bagi wanita haid lainnya adalah melakukan aktivitas fisik berlebihan. Pada saat olahraga, pembuluh darah akan terbuka hingga pada tingkat maksimal yang jika itu terjadi pada masa haid akan sangat berbahaya. Olahraga memang merupakan aktivitas positif, namun melakukannya saat haid hanya akan memperburuk suasana. Kurangi porsi olahraga pada saat haid, dan akan lebih baik jika waktu luang dihabiskan untuk beristirahat. Jika memang masih ingin berolahraga maka lakukan dengan porsi ringan tanpa terlalu banyak memporsir energi tubuh Anda.

  • Hindari Berenang

Saat haid, usahakan jangan melakukan aktivitas berenang. Berenang adalah aktivitas fisik sehingga pembuluh darah akan terbuka dan kemungkinan akan dimasuki oleh air kolam yang tidak steril.

Itulah beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat haid bagi wanita. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan memandu Anda untuk dapat menjalani haid dengan lancar dan normal.

2 komentar

Wah klau yang pertama bener banget tuh harus di hindari, maksain banget sih saat haid masih saja bercinta, ga bisa sabar apa :D

kemana ya adminya belum ngebales..


EmoticonEmoticon