Menu Diet Seminggu Tanpa Nasi untuk Turunkan Berat Badan

Menu Diet Seminggu Tanpa Makan Nasi – Indonesia merupakan penghasil beras terbesar di dunia dan masyarakatnya kebanyakan mengkonsumsi nasi sebagai sumber karbohidrat utama. Namun meskipun sudah menjadi makanan mainstream, nasi sering dihubungkan dengan banyaknya orang yang terkena penyakit obesitas. Salah satu jenis diet yang mengharuskan seseorang untuk tidak mengkonsumsi nasi adalah ‘no rice diet’. Diet ini terkadang berhasil dan terkadang juga gagal karena belum ada korelasi valid jika nasi dapat menyebabkan kegemukan. Meskipun seperti itu, banyak orang menganggap bahwa dengan pengurangan nasi dalam pola makan dapat menurunkan berat badan dengan drastis.

diet seminggu tanpa makan nasi


Mengapa diet tanpa nasi bisa berfungsi dengan baik?


Banyak orang yang bertanya mengapa diet tanpa nasi bisa bekerja dengan baik untuk menurunkan berat badan. Logika sederhananya adalah semakin rendah asupan kalori maka semakin mudah pula dalam menurunkan berat badan. Jika dihubungkan dengan nasi, maka ketika Anda menghapus nasi dari daftar menu maka itu berarti Anda akan menghilangkan sekitar 500-600 kalori perhari. Jika dihubungkan dengan diet, maka ‘no rice diet’ ini bisa jadi sangat maksimal.

Mengapa diet tanpa nasi tidak bisa berfungsi dengan baik?


Sekarang Anda sudah menghilangkan nasi sebagai sumber karbohidrat, lalu Anda tidak akan makan nasi lagi selamanya? Atau paling tidak Anda akan mengganti nasi dengan sumber karbohidrat lain seperti roti, pasta ataupun sereal yang artinya sama saja bohong. Nasi merupakan asupan karbohidrat paling utama dan menghilangkannya hanya akan membuat Anda mencari asupan karbohidrat lainnya.

Masalahnya bukan pada nasinya, tapi pada porsinya. Anda bisa mengatur konsumsi nasi agar tidak terlalu berlebihan. Nasi merupakan sumber karbohidrat yang sangat baik, jadi akan sangat aneh jika harus menghilangkannya dalam pola makan sehari-hari. Terlepas dari itu, masih banyak orang yang percaya akan ‘no rice diet’, sehingga menghilangkan nasi dari pola makan sehari-hari. Berikut beberapa menu diet seminggu tanpa nasi untuk turunkan berat badan.

Planning Menu Diet Seminggu Tanpa Nasi


Pada hari pertama dalam ‘no rice diet’, Anda bisa mengkonsumsi banyak buah-buahan dan juga salad sayuran. Buah-buahan yang paling pas untuk diet tanpa nasi adalah apel, jeruk, beri, anggur, melon. Anda bisa memakannya mentah-mentah atau dibuat jus dengan campuran madu. Selain itu Anda juga bisa membuat sayuran yang direbus ataupun dipanggang. Agar nutrisi dari sayuran tersebut masih banyak, Anda sebaiknya mengkonsumsinya mentah-mentah. Agar lebih lezat, Anda bisa melumuri salad sayuran tersebut dengan mentega.

Penggunaan buah dalam ‘diet tanpa nasi’ bisa dilakukan dengan pembagian waktu. Pada saat pagi hari, Anda bisa memakannya dengan porsi 1 gelas, pada siang hari 1 mangkuk dan malam hari saat dinner 1 mangkuk juga. Selain salad sayur, Anda juga bisa mengkonsumsi daging ayam panggang ataupun irisan sapi panggang. Keduanya sangat kaya protein dan bisa membuat badan tetap fit. Untuk minuman, selain jus, Anda juga bisa mengkonsumsi susu skim ataupun jus campuran sayuran dengan madu. Sebenarnya Anda juga bisa mengganti asupan karbohidrat dengan makanan lainnya seperti kentang rebus, sereal ataupun roti gandum. Namun Anda mesti memastikan bahwa porsinya tidak terlalu banyak karena akan mengganggu plan diet Anda.

Menu diet seminggu tanpa nasi untuk turunkan berat badan tersebut bisa jadi merupakan solusi terbaik untuk menurunkan berat badan. Namun jika Anda tidak sanggup dengan ‘no rice diet’, Anda masih bisa mengkonsumsi nasi tapi dalam porsi sedikit. Atau anda juga bisa mencoba tipe-tipe diet paling populer yang lain selain dari no rice diet ini.

1 komentar so far

Wah ini cocok banget bagi orang yang sedang melaksanakan program diet :)


EmoticonEmoticon