Penting! Ini Dia Tips Sehat Menjalankan Puasa Bagi Penderita Maag

Tips sehat puasa bagi penderita Maag - Mempunyai riwayat sakit maag atau radang lambung memang tidak nyaman. Perut terasa sakit dan perih. Harus perhatian ekstra dengan membiasakan pola makan yang baik dan teratur. Bukan cuma itu, penderita maag juga harus memilah-milah jenis makanan yang aman dan tidak beresiko membuat sakit maag nya kambuh. Dan yang paling menjadi perhatian adalah harus makan teratur dan tidak boleh telat makan. Jika tidak, sakit maag nya bisa kambuh bahkan bisa menjadi lebih parah.

Khususnya pada saat bulan puasa seperti sekarang ini. Jika penderita maag tidak hati-hati, hal itu akan mengganggu kelancaran saat menjalankan ibadah puasa. Karena pada saat puasa terjadi perubahan pola makan dari hari-hari biasanya. Lalu bagaimana cara agar ibadah puasa tetap lancar tanpa khawatir maag akan kambuh? Berikut ini tips sehat menjalankan puasa bagi penderita maag dari dr. Setiyo yang dikutip dari vemale.com.

Tips Sehat Menjalankan Puasa Bagi Penderita Maag


Agar Tidak Kambuh, Ini Dia Tips Puasa Bagi Penderita Maag


1. Dianjurkan untuk makan sahur


Makan sahur sangat dianjurkan bagi penderita maag. Karena selain bermanfaat untuk mendapatkan energy yang cukup saat menjalankan aktifitas, sahur juga bermanfaat untuk menurunkan kadar asam pada cairan lambung. Itulah kenapa Nabi saw menganjurkan kita untuk makan sahur, meski hanya dengan minum air putih.
Minum air putih pada hari dalam jumlah cukup juga sangat baik untuk membantu mengeluarkan kotoran-kotoran dan racun dalam tubuh melalui urin.

2. Hindari tidur setelah makan sahur


Penderita maag juga diharapkan untuk tidak tidur setelah makan sahur. Karena pada saat tidur saluran cerna akan mengalami peningkatan gerak, sehingga lambung akan mengalami pengosongan lebih cepat. Dan ini sangat tidak baik bagi lambung penderita maag yang sedang mengalami peradangan. Asam lambung yang keluar juga meningkat. Karena saat tidur, keluarnya hormon yang disebut non katekolamin itu meningkat. Sehingga saat bangun tidur perut terasa lebih lapar.

3. Tetap lakukan aktifitas


Yang ketiga ini berlawanan dari yang nomor 2 di atas. Daripada tidur setelah sahur, lebih baik untuk melakukan aktifitas positif yang berarti. Meski hanya dengan membaca itu lebih baik, yang penting dalam kondisi terjaga. Kenapa? Jika saat tidur itu akan membuat hormon non katekolamin meningkat, maka pada saat terjaga ini justru akan merangsang keluarnya hormon katekolamin yang bermanfaat mengurangi keluarnya asam lambung, menghancurkan simpanan gula dan lemak dalam tubuh, serta mengurangi gerak usus.

4. Hindari stress


apapun bentuknya, stress sangatlah tidak baik bagi kesehatan. Stress adalah sumber segala penyakit. Dalam hal ini, ada dua akibat negatif bagi penderita maag. Pertama, stress akan meningkatkan sekresi asam lambung yang akan dengan cepat merusak dinding lambung. Kedua, lapisan lender yang menjadi pelindung bagi dinding lambung akan menipis. Kesimpulannya, dinding lambung sangat beresiko mengalami luka saat seseorang mengalami stress/tekanan.

5. Stop mengkonsumsi makanan dan obat yang bisa merusak lambung


Jangan mengkonsumsi obat-obatan dan makanan sembarangan, terutama yang berpotensi menambah kerusakan lambung. Seperti obat-obatan golongan asam salisilat, steroid, dan beberapa makanan yang mengandung bahan pengawet dan berkarbonasi. Solusinya, hindari makanan-makanan sejenis itu dan beralih ke makanan dan obat yang memang aman. Seperti dengan minum minyak zaitun sebagai ganti antasida yang membantu mengatasi rasa mual dan perih pada perut.

6. Makan secukupnya


Rasulullah saw memang sudah memberikan panduan makan yang sangat sehat, yaitu makan secukupnya, berhenti sebelum kenyang. Karena dengan rasa kenyang yang sedang, otot lambung akan cukup kuat tapi tetap rileks melakukan kontraksi untuk mencerna manakan. Makan tidak berlebihan juga akan membuat dinding lambung tidak merenggang terlalu kuat, sehingga rasa nyeri pada dinding lambung yang meradang akan berkurang. Bisa kita ibaratkan seperti balon, jika ditiup terlalu banyak maka dinding balon akan menipis beresiko meledak atau pecah.

7. Menyegerakan saat berbuka dan makan malam


Menyegerakan berbuka adalah salah satu pola makan yang benar saat seseorang sedang berpuasa, utamakan dengan makanan manis seperti kurma, karena akan mengembalikan energi dengan cepat ke kondisi semula. Tapi perlu diperhatikan supaya tidak mengkonsumsi makanan manis terlalu banyak. Karena jika berlebihan akan memicu kerusakan pada dinding pembuluh darah.

Penting juga untuk makan malam. Makan malam bagi penderita maag ini sangat penting untuk mencegah kerusakan pada dinding saluran cerna. Karena pada malam hari, sekresi cairan lambung dan cerna yang terjadi pada malam hari itu akan lebih tinggi jika dibandingkan dengan siang hari.

Itulah beberapa tips sehat menjalankan puasa bagi penderita maag agar tetap lancar tanpa hambatan selama puasa Ramadhan. Semoga ini bisa menjadi solusi, terutama bagi kamu yang mempunyai keluhan sakit maag.


EmoticonEmoticon