Tips Sehat Menjalankan Puasa, Makan yang "Benar" Saat Ramadhan

Bulan Ramadhan telah tiba. Itu artinya, selama satu bulan penuh kita diwajibkan menjalankan ibadah puasa. Menahan diri untuk tidak makan dan minum dari pagi sampai waktu maghrib tentu bukan hal mudah, apalagi bagi mereka yang terbiasa makan dan ngemil seharian. Oleh karena itu perlu persiapan matang dan tips sehat menjalankan ibadah puasa ini.

Memang banyak klaim dari dunia medis bahwa puasa dapat meningkatkan kesehatan, namun tentunya semua itu bisa terjadi jika puasa ini dilakukan dengan cara yang benar dan sehat. Jika tidak, bukan sehat yang didapat malah justru sakit. Oleh karena penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana tips sehat menjalankan puasa yang benar selama bulan Ramadhan ini.

tips sehat menjalankan puasa


Tips Menjalankan Puasa Sehat Selama Ramadhan


Seperti dilansir dari emirates247.com, ada beberapa tips sehat menjalankan puasa dengan cara makan yang benar agar puasa yang kita jalankan menjadi puasa yang berkualitas dan sehat. Berikut ini tips sehat menjalankan puasa:

Mulai berbuka dengan kurma


Berbuka puasa dengan makan kurma bukan sekedar mengikuti jejak sunnah nabi. Tapi lebih dari itu, kurma adalah sumber energi, sehingga mengkonsumsi kurma saat berbuka berkhasiat mengembalikan energi yang terkuras selama kita menjalankan puasa. Kurma juga kaya akan kandungan serat yang sangat baik untuk usus dan melancarkan pencernaan. Termasuk juga kandungan kalium dan magnesium dalam kurma yang baik untuk tubuh.

Minum air putih yang cukup


Usahakan untuk minum air yang cukup agar tubuh kita tetap terhidrasi. Minumlah setidaknya delapan gelas pada malam harinya agar saat menjalankan puasa terhindar dari dehidrasi. Pastikan kebutuhan cairan tubuh tercukupi meskipun kita tidak merasa haus.

Kurangi makanan asin


Saat makan sahur, hindari atau kurangi makanan yang asin. Karena rasa asin berpotensi meningkatkan rasa haus saat menjalankan ibadah puasa di siang harinya. Beralihlah dengan mengkonsumsi makanan dan sayuran yang segar untuk menghindari dehidrasi selama menjalankan puasa. Selain asin, kurangi juga makanan yang terlalu pedas.

Jangan balas dendam saat berbuka puasa


Berbukalah secara perlahan dengan makan kurma, air, dan sedikit makanan pembuka yang segar seperti sup. Hindari makan langsung banyak dan mengenyangkan saat berbuka, karena akan membuat anda sakit perut dan kembung. Biarkanlah pencernaan kita siap untuk sajian berbuka selanjutnya. Dan inilah yang Rasulullah saw contohkan dalam berbuka.

Pilihlah menu makan sehat


Makanan sehat selama berpuasa setidaknya mengandung protein, biji-bijian, buah, sayuran, dan minyak sehat. Makanlah buah yang utuh, bukan dalam bentuk jus buah. Kurangi makanan tinggi lemak dan makanan yang digoreng, lebih baik lagi tinggalkan makanan-makanan seperti ini.

Cukupi kebutuhan protein. Seperti dengan mengkonsumsi daging, susu, telur, dan kacang-kacangan. Karena protein ini mambantu meningkatkan rasa kenyang dan sangat baik untuk sel-sel tubuh anda.

Anda juga bisa membagi makanan anda menjadi tiga bagian yang seimbang, yaitu antara karbohidrat kompleks, daging tanpa lemak, dan sayuran.

Jangan terlalu banyak makan manis saat berbuka


Terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis saat berpuasa akan mengakibatkan keterlambatan pencernaan. Di samping itu juga mempengaruhi fluktuasi kadar gula darah anda. Jika menginginkan makanan manis, disarankan sekitar 2 atau 3 jam setelah berbuka.

Olahraga


Meskipun bulan Ramadhan, jangan sampai anda meninggalkan aktifitas berolahraga. Berolahraga ini sangat bermanfaat untuk menjaga berat badan dan gaya hidup sehat.
Itulah beberapa tips sehat menjalankan puasa yang harus anda perhatikan agar puasa tidak membuat kesehatan anda menurun atau bahkan semakin buruk. Semoga tips sehat menjalankan puasa ini bermanfaat bagi anda semua.


EmoticonEmoticon