Tips Sehat dan Aman Menjalankan Puasa Bagi Ibu Hamil

Tips puasa bagi ibu hamil - Ibu hamil dalam syariat puasa sebenarnya adalah salah satu golongan yang sudah diberikan dispensasi khusus untuk tidak menjalankan puasa, baik dengan alasan ia khawatir terhadap kondisi dirinya sendiri ataupun janinnya. Tapi ibu hamil tetap boleh untuk ikut menjalankan puasa, asalkan dokter ataupun petugas kesehatan lainnya menyatakan kondisi kehamilannya sehat. Oleh karenanya, sangat disarankan bagi ibu hamil untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter jika ingin menjalankan puasa.


Bagi ibu hamil yang sedang menjalankan puasa, ada hal-hal khusus yang harus diperhatikan. Karena ia tidak hanya memikirkan dirinya sendiri, namun pada saat yang sama ia juga perlu memastikan bahwa kondisi sang bayi yang dikandungnya mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. Ini penting supaya pertumbuhan sang bayi tidak terhambat. Berikut ini beberapa tips khusus puasa bagi ibu hamil agar tetap aman dan sehat.

Tips Sehat dan Aman Menjalankan Puasa Bagi Ibu Hamil

Tips Sehat Puasa bagi Ibu Hamil


Tips puasa bagi ibu hamil - Saat sahur


  1. Dianjurkan bagi ibu hamil untuk memperbanyak asupan protein pada saat sedang berpuasa. Karena protein akan memberikan rasa kenyang yang lebih lama bagi tubuh. Misalnya dengan mengkonsumsi daging saat sahur yang kaya akan kandungan protein dan kalori dan bisa disimpan tubuh dalam jangka waktu yang cukup lama. Sehingga si ibu akan bisa menahan lapar lebih lama.
  2. Ibu hamil juga dianjurkan mengkonsumsi makanan yang kaya kandungan vitamin C. kandungan vitamin C nya akan membuat tubuh si Ibu terasa lebih bugar. Misalnya dengan mengkonsumsi buah-buahan segar seperti jeruk.
  3. Saat sahur, jangan mengkonsumsi makanan manis secara berlebihan. Karena insulin akan mengalami shock dan membuat tubuh terasa cepat lapar dan lemas.
  4. Supaya tubuh tetap terhidrasi dengan baik, perbanyaklah untuk minum air putih saat sahur. Selain itu juga dianjurkan untuk minum segelas susu hangat. Minum susu hangat secara rutin pada saat sahur sangat baik untuk mencegah anemia ketika sedang menjalankan puasa bagi ibu hamil.


Tips puasa bagi ibu hamil - Saat berpuasa


  1. Niat dengan ikhlas agar puasa yang dijalani terasa ringan dan menyenangkan.
  2. Aktifitas puasa bagi ibu hamil memang berat untuk dilakukan, karena pada saat puasa tubuh akan kekurangan asupan makanan. Oleh karenanya, Ibu hamil disarankan supaya mengurangi aktifitas dan memperbanyak istirahat. Batasi ruang gerak ibu hamil agar tidak melakukan aktifitas yang terlalu berat dan menguras banyak energi.
  3. Ibu hamil sangat rawan mengalami stress, terlebih pada saat puasa. Oleh karena itu, hindari stress agar tidak mengganggu ibadah puasa bagi ibu hamil.



Tips puasa bagi ibu hamil - Saat berbuka


  1. Berbukalah dengan makanan yang sehat. Awali buka puasa dengan makanan manis seperti kurma untuk mengembalikan  kadar gula darah supaya kembali normal dan energi kembali setelah seharian berpuasa. Namun jangan mengkonsumsi makanan manis berlebih. Karena ibu hamil riskan terserang diabetes. Penting juga untuk tidak minum air es, karena tidak baik bagi kerja lambung yang sudah mengalami kekosongan seharian.
  2. Berbuka terlebih dahulu dengan makanan karbohidrat yang mudah diserap tubuh. Seperti dengan kurma atau kolak. Jangan langsung makan besar. Usahakan makan besar dilakukan setelah maghrib.
  3. Saat malam sebelum tidur, usahakan tetap ada asupan makan meskipun sedikit saja. Seperti minuman hangat juga baik bagi ibu hamil untuk membantunya memproduksi ASI.


Itulah beberapa tips sehat menjalankan ibadah puasa bagi ibu hamil. Agar tetap aman dan sehat, baik bagi diri sang ibu maupun bagi si bayi. Jangan sampai ibadah mulia puasa ini justru mengganggu kehamilan hanya karena cara menjalankan puasa yang tidak aman. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon