Tipe-Tipe Diet Terpopuler di Dunia

Tipe-Tipe Diet Terpopuler Di Dunia – Semua orang ingin hidup sehat dan memiliki postur tubuh ideal, namun faktanya penyakit kegemukan merupakan salah satu penyakit yang paling sering dialami manusia. Terdapat banyak sekali tipe-tipe diet di seluruh dunia, tidak hanya untuk menurunkan berat badan namun ada juga yang dikhususkan untuk penambahan berat badan, menurunkan kolesterol, ataupun hidup sehat secara keseluruhan. Kata ‘diet’ itu sendiri berasal dari bahasa Latin yaitu ‘dieta’ yang berarti jalan hidup. Pengertian diet secara umum adalah asupan makanan atau minuman yang terpola sehinga berat badan bisa turun. Jika Anda kebetulan memang sedang mengalami kegemukan, ada baiknya melihat beberapa tipe diet terpopuler di dunia berikut ini:

Tipe-Tipe Diet Terpopuler di Dunia

1. Diet Atkins


Diet Atkins merupakan salah satu diet paling terkenal di dunia bahkan hingga hari ini. Tipe diet ini ditemukan oleh seorang ahli ilmu gizi yaitu Dr. Atkins yang menemukan sebuah metode penurunan berat badan yang sangat efektif. Program diet tersebut dilakukan sendiri oleh Dr. Atkins hingga akhirnya ia membangun sebuah perusahaan bernama Atkins Nutritionals di Ronkonkoma, New York. Diet Atkins terfokus pada pengontrolan kadar insulin dalam darah sehingga masukan karbohidrat berlebih sangat dilarang karena akan mengakibatkan kadar insulin menjadi meningkat. Untuk mengatasinya, diet Atkins ini mendorong banyak orang untuk mengkonsumsi makanan berprotein tinggi. (Baca: Diet Atkins dan efek sampingnya)

2. Diet Vegetarian


Diet vegetarian merupakan salah satu diet paling ketat yang pernah ada. Diet ini mengedepankan konsumsi anti-hewani dan lebih cenderung pada konsumsi nabati. Diet vegetarian memang dikhusukan pada penurunan berat badan atau hidup sehat secara utuh. Terdapat banyak kategori tipe diet vegetarian seperti salah satunya adalah ovo-vegetarian yang memakan telur tapi tidak produk susu, lacto-vegetarian yang memakan produk susu tapi tidak telur, dan lacto-ovo-vegetarian yang memakan telur dan susu namun tidak memakan dagingnya. Berbagai kategori diet vegetarian ini memang mempunyai satu kesamaan yaitu tidak memakan daging. Dalam program diet vegetarian, seorang vegan akan memakan banyak porsi buah-buahan, sayuran ataupun daging artificial yang terbuat dari sayuran. (Selengkapnya: Diet Vegetarian)

3. Diet DASH


Banyak review yang memperlihatkan diet DASH sebagai tipe diet paling efektif. Kata DASH sendiri merupakan akronim dari (Dietary Approaches to Stop Hypertension) yang memang mendeskripsikan sebuah program pengaturan pola konsumsi untuk menghentikan kemungkinan terkena hipertensi. Tipe diet satu ini menekankan pada pola makan sehat dan mengurangi kadar sodium dalam makanan yang dikonsumsi. Konsumsi sodium yang tinggi diindikasikan dapat meningkatkan resiko terkena penyakit berbahaya. Beberapa kandungan yang terdapat dalam buah atau sayuran seperti beta-carotene, lycopene, dan isoflavones sangat disarankan untuk dikonsumsi.

4. Diet TLC

Di era modern seperti sekarang, diet TLC menjadi sangat populer terutama karena efeknya yang sangat manjur untuk mengurangi berat badan.  Diet TLC (Therapeutic Lifestyle Changes) merupakan diet yang fokus pada penurunan kadar kolesterol dalam tubuh. Sesuai namanya, TLC ini merupakan sebuah gaya hidup yang berkisar dari pengaturan pola makan, latihan fisik, dan berhenti merokok. Diet TLC ini menghindari makanan yang memiliki lemak jenuh tinggi karena akan meningkatkan kadar kolestrol dalam tubuh. Siapapun orang yang melakukan program diet ini harus merubah pola makan pada makanan-makanan kaya serat dan memiliki protein yang tinggi. Tipe diet TLC ini bisa menjadi solusi tepat untuk menurunkan berat badan dengan cepat.

Itulah beberapa tipe diet paling terkenal di dunia yang mungkin bisa menjadi referensi untuk menentukan jenis diet seperti apa yang kira-kira tepat dan tidak memberatkan bagi anda. Semoga sukses dengan usaha dietnya.


EmoticonEmoticon