7 Tempat Wisata Keren di NTT yang Akan Membuatmu Betah dan Enggan Pulang

Tempat Wisata Keren di NTT - Membicarakan tentang Nusa Tenggara Timur (NTT) tentu ada banyak hal yang membedakannya dengan daerah lain di Indonesia. Baik secara geografis, etnis, maupun kultur yang ada di sana. NTT adalah sebuah provinsi yang terletak di Indonesia bagian tenggara. Dulunya NTT termasuk wilayah sunda kecil bersama dengan Bali dan NTB, sebelum akhirnya terjadi pemekaran wilayah pada awal-awal kemerdekaan RI. (baca juga: 7 obyek wisata populer di Bali

Secara geografis, provinsi Nusa Tenggara Timur ini didominasi oleh kepulauan. Tercatat ada sekitar 1000 an lebih pulau di NTT, namun hanya sekitar 550 pulau yang sudah bernama, sisanya masih tanpa nama. Dan dari sebanyak itu, yang sudah berpenghuni hanya sekitar 40 an pulau, dengan 3 pulau utamanya adalah pulau Flores, Sumba, dan Timur Barat.

Seperti kebanyakan wilayah kepulauan pada umunya, NTT juga menyimpan banyak pesona keindahan alam yang dicari-cari oleh para pecinta wisata. Misalnya Flores, salah satu destinasi wisata yang sudah populer kita dengar, bahkan pengunjung dari berbagai Negara juga berbondong-bondong mengunjunginya.

Tapi NTT bukan hanya Flores, masih banyak lagi tempat wisata di NTT yang memukau dan tentu akan membuat kamu betah berlama-lama menikmati liburan di NTT dan enggan pulang kembali. Seperti apa keindahan obyek wisata di NTT? Mari simak ulasannya berikut ini sambil mempersiapkan budget dan rencana liburan ke NTT.

7 Tempat Wisata Menarik di Nusa Tenggara Timur


Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi di provinsi Nusa Tenggara Timur.

1. PULAU KOMODO

obyek wisata pulau komodo nusa tenggara timur

Yang pertama adalah Pulau Komodo. Terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Seperti namanya, Pulau Komodo adalah habitat asli bagi hewan komodo, satu-satunya reptil raksasa zaman prasejarah yang masih tersisa sampai sekarang. Ada sekitar 1000 an lebih jumlah populasi hewan komodo yang mendiami pulau ini. Kawasan ini menjadi Taman Nasional Komodo yang dikelola pemerintah pusat dan masuk sebagai situs warisan dunia oleh Unesco. Bahkan pernah masuk jajaran pemenang sebagai New 7 Wonders of Nature pada tahun 2010 lalu bersama dengan kandidat lain dari seluruh dunia.

Di pulau ini kamu bisa menyusuri pulau sambil melihat komodo berkeliaran secara langsung, tapi untuk alasan safety harus didampingi oleh tour guide atau istilah di sananya adalah ranger, jadi tidak boleh sendirian. Ingat! Safety can be fun. Saat menjelajah pulau komodo, ikuti saja instruksi dari ranger, karena mereka yang lebih kenal dengan komodo.

Dari sini kamu bisa membeli beberapa souvenir khas pulau komodo sebagai kenang-kenangan ataupun oleh-oleh untuk kawan dan keluarga di rumah, seperti kaos dan patung Komodo.

2. DANAU KELIMUTU

obyek wisata danau kelimutu nusa tenggara timur

Selanjutnya adalah danau kelimutu. Lokasi danau ini unik, karena berada di puncak Gunung Kelimutu, Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur. Sesuai dengan namanya, Kelimutu yang berarti “Keli” adalah gunung, dan “Mutu” berarti mendidih.

Bukan hanya lokasinya yang unik, tapi warna airnya juga. Danau Kelimutu yang merupakan danau kawah ini memiliki tiga warna yang berbeda-beda, yaitu merah, biru dan putih. Ada kepercayaan dari masyarakat setempat bahwa setiap warna danau ini memiliki arti dan maknanya masing-masing tentang berkumpulnya para jiwa orang yang sudah meninggal. Masyarakat juga masih sering mempersembahkan sesajen di danau kawah ini. 

3. KAMPUNG BENA

obyek wisata kampung bena nusa tenggara timur

Berikutnya ada Kampung Bena,  berlokasi di Desa Tiruwiru, Kecamatan Aimere, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur. Berjarak sekitar 20 km dari Bajawa.

Kampung Bena merupakan perkampungan tradisional yang unik, karena tradisi megalitik masih terjaga di sini, dengan struktur bangunan rumah masyarakat yang tersusun dari batu-batu besar. Perkampungan yang bertengger di puncak bukit ini hanya terdiri dari sekitar 40 an rumah. Menariknya, kampung ini belum terjamah kemajuan teknologi. Masyarakat di sini masih memegang teguh adat istiadat setempat.

Di sepanjang perjalanan menuju kampung ini, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan indah suasana pegunungan dan pepohonan yang tertutup kabut. Kamu bisa berinteraksi dengan banyak bule di sini, karena perkampungan Bena ini menjadi tujuan favorit wisatawan mancanegara, seperti wisatawan Jerman dan Italia yang kabarnya rutin berkunjung ke sini.

4. TAMAN LAUT SELAT PANTAR

obyek wisata Taman Laut Selat Pantar nusa tenggara timur

Keempat adalah Taman Laut Selat Pantar yang terletak di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur. Taman Laut Selat Pantar memiliki keindahan panorama alam bawah laut yang sangat menakjubkan, meliputi perairan Alor Besar, Alor Kecil, Pulau Buaya, Pulau Kepa dan Pulau Ternate. Pasti keren bisa diving di perairan ini.

Ada sekitar 25 titik penyelaman favorit yang dapat dinikmati, seperti Half Moon Bay, Crocodile Rook, Cave Point, Trip Top, No Man’s Land, Shark Close, Nite Dehlt, The Ball, dan spot menarik lainnya.

Terumbu karang di kawasan Taman Laut Selat Pantar masih terjaga dengan baik, ini tidak lepas dari peran penduduk setempat yang mayoritas berfrofesi sebagai nelayan juga ikut menjaga kelestarian alam laut.

5. GUA LIANG BUA

obyek wisata kampung bena nusa tenggara timur

Kelima ada Gua Liang Bua, berlokasi di Dusun Rampasasa, Desa Liangbua, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Sekitar 14 km dari pusat kota Ruteng.

Liang Bua dalam bahasa Manggarai berarti gua atau lubang yang sejuk. Di liang ini pernah ditemukan fosil mirip manusia cebol yang memiliki tinggi badan hanya 100 cm yang diberi nama Homo floresiensis dan penemuan fosil gajah-gajah pigmi. Bahkan kabarnya di sebuah perkampungan dekat Liang Bua, kita bisa melihat manusia cebol yang masih ada hingga kini. Mungkin mereka ini yang disebut Hobbits seperti di film The Lord of The Rings dan The Hobbits.

6. AIR TERJUN CUNCA RAMI

obyek wisata air terjun cunca rami nusa tenggara timur

Berikutnya adalah Air Terjun Cunca Rami. Berlokasi di Kampung Roe, Desa Wae Lolos, Kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Berjarak sekitar 30 km dari Labuan Rajo.

Air Terjun Cunca Rami ini masih belum dikenal banyak orang, padahal keindahan alamnya sangat mempesona, ibarat si cantik yang tersembunyi di pedalaman hutan flores. Wajar saja, karena memang lokasinya yang berada di tengah hutan dan akses untuk ke sana juga lumayan menguras stamina. Pengunjung harus menempuh perjalanan selama 40 menit melalui jalan setapak dan menyeberangi sungai. Sesampainya di lokasi, lelahmu akan terbayarkan dengan suasana dan panorama indah alam sekitar Air Terjun Cunca Rami.

Di bawah air terjun yang berketinggian 70 m ini ada kolam jernih berwarna hijau toska. Pengunjung biasanya langsung melampiaskan lelahnya dengan berenang di kolam sambil menikmati segarnya Air Terjun Cunca Rami.

7. PINK BEACH

obyek wisata pantai pink atau pantai tangsi nusa tenggara timur

Terakhir ada Pink Beach, berlokasi di Sekaroh, Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Timur. Pink Beach atau dikenal juga sebagai Pantai Tangsi merupakan pantai yang memiliki pasir berwarna merah muda. Warna merah muda tersebut konon berasal dari percampuran antara pasir putih dan serpihan karang serta kalsium karbonat dari hewan laut. Indonesia harus bangga, karena pantai pink seperti ini hanya ada 7 di dunia.

Pantai ini cocok dijadikan sebagai tempat snorkeling karena memiliki air yang bersih dan biota laut yang sangat beragam. Kamu bisa melihat berbagai jenis ikan dan terumbu karang yang sangat indah.

Itulah beberapa obyek wisata di Nusa Tenggara Timur yang akan membuatmu betah berlama-lama menikmati suasana keindahan alam di sana. Karena akan betah, jadi persiapan budgetnya juga yang cukup untuk waktu lama. Enjoy the journey.


EmoticonEmoticon