7 Tempat Wisata di Jawa Barat - Bukti Bahwa Tanah Pasundan Memang Sangat Menawan

7 Tempat Wisata di Jawa Barat - Jawa Barat merupakan provinsi yang mayoritas penduduknya adalah suku Sunda. Posisinya juga dekat dengan DKI Jakarta sebagai pusat pemerintahan, hiburan, dan sebagainya. Sehingga provinsi Jawa Barat ini memiliki mobilitas sosial yang sangat padat dan tinggi. Provinsi yang beribukotakan di Kota Bandung tersebut sebagian besar daerahnya beriklim dingin karena kondisi topografi wilayahnya yang berupa pegunungan dan dataran tinggi. Sehingga banyak sekali potensi tempat wisata di Jawa Barat yang menarik untuk dikunjungi.

Dengan profilnya yang seperti itu tentu menjadi keuntungan tersendiri dan memiliki peluang besar bagi Jawa Barat untuk meningkatkan popularitasnya dalam hal pariwisata. Kalau kata saisane, “Banyak massa, banyak tersedia pariwisata, lalu untuk apa dibiarkan sia-sia”.

Dan sepertinya pemerintah setempat sangat sadar dengan peluang itu, banyak sekali tempat wisata di Jawa Barat ini yang kemudian dikelola dengan baik dan menjadi tujuan favorit bagi banyak wisatawan untuk liburan, rekreasi, dan travelling bersama.

Untuk itu, buat kamu yang sedang gegana (gelisah, galau, merana), mendingan piknik ke beberapa tempat wisata di Jawa Barat yang saisane rekomendasikan berikut ini.

7 Daftar Tempat Wisata di Jawa Barat yang Menarik Dikunjungi


Dari sekian banyak tempat wisata di Jawa Barat, ini adalah 7 tujuan favorit tempat wisata di Jawa Barat yang banyak menarik para pengunjung.
 
1. FLOATING MARKET LEMBANG

tempat wisata di jawa barat - floating market lembang

Tempat wisata di Jawa Barat yang pertama adalah Floating Market Lembang. Berlokasi di Jalan Grand Hotel No. 33E, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Floating Market Lembang merupakan satu-satunya wisata pasar terapung di Jawa Barat. Pasar terapung ini sama dengan pasar terapung yang ada di Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan. Bedanya, pasar terapung di Lembang tidak menjual barang dagangan kebutuhan pokok seperti di Banjarmasin, tetapi menjual sajian kuliner khas Sunda.

Sistem transaksi yang berlaku di Floating Market Lembang ini sangat unik, setiap melakukan transaksi membeli jajanan dan menyewa perahu, kamu harus menukarkan uang dengan koin bernominal 5.000 (berwarna kuning) dan 10.000 (berwarna biru). Koin ini lah yang akan digunakan sebagai alat tukar. Jadi ada mata uang sendiri untuk transaksi jual beli.

Untuk memasuki kawasan wisata Floating Market Lembang hanya dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 15.000 per orang.

2. PARIS VAN JAVA

tempat wisata di jawa barat - paris van java

Tujuan favorit tempat wisata di Jawa Barat yang kedua adalah Paris Van Java. Berlokasi di Jalan Sukajadi No. 131-139, Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung. 10 menit dari Tol Pasteur.

Paris Van Java (PVJ) adalah sebuah mall berkonsep Resort Lifestyle Place, yaitu perpaduan antara wisata belanja, hiburan, dan kuliner. Di PVJ kamu bisa berburu merk-merk top pakaian internasional, menu kuliner nusantara dan luar negeri, serta hiburan bioskop.

Area wisata ini dibangun pada bulan Juli 2006, dengan nuansa open air alami serta pemandangan burung-burung merpati yang berterbangan bebas.

3. PUNCAK BOGOR

tempat wisata di jawa barat - puncak bogor

Berikutnya adalah tempat wisata di Jawa Barat yang sudah cukup familiar di telinga kita, yaitu Puncak Bogor. Berlokasi di Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur.

Suasananya yang tenang khas ala pedesaan dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan menjadikan Puncak Bogor ini sebagai salah satu tempat berakhir pekan dan liburan yang sangat ampuh mengusir stress di tengah-tengah sibuknya beraktifitas. Kamu bisa menikmati udara yang sangat bersih, dingin, sejuk dan pemandangan alam kebun teh yang luas. Semua keindahan yang tidak akan ditemukan di perkotaan.

Di Puncak Bogor ini tersedia beragam tempat penginapan seperti vila, resort, dan hotel untuk keperluan menginap di sana. Selain menginap, tempat ini juga sering dipakai untuk keperluan rapat, seminar, training, dan sebagainya. (baca juga: keindahan wisata alam curug ciherang Bogor)

4. KAWAH PUTIH CIWIDEY

tempat wisata di jawa barat - kawah putih ciwidey

Tujuan favorit tempat wisata di Jawa Barat selanjutnya adalah Kawah Putih Ciwidey. Berlokasi di Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung. Sekitar 50 km dari pusat Kota Bandung.

Kawah putih ciwidey adalah danau dengan air berwarna putih kehijauan yang berada di kawasan pegunungan dengan ketinggian 2.400 meter diatas permukaan laut. Suhu udara disini cenderung dingin dan udaranya menyegarkan. Konon, dahulunya Kawah Putih terbentuk setelah letusan hebat Gunung Patuha.

Aktifitas yang bisa kamu lakukan di tempat wisata ini ada banyak, seperti berkuda, fotografi, mendaki. Untuk pasangan yang akan menikah juga bisa menjadikan obyek wisata ini sebagai lokasi pre-wedding. Pastinya akan menjadi pengalaman romantisme yang tak terlupakan.

Buka setiap hari dari jam 07.00 sampai 17.00 WIB. Tiket masuk sebesar Rp18.000 per orang untuk wisatawan domestik, Rp50.000 per orang untuk wisatawan mancanegara.

5. GREEN CANYON PANGANDARAN

tempat wisata di jawa barat - green canyon pangandaran

Selanjutnya, tempat wisata di Jawa Barat yang juga sangat keren adalah Green Canyon Pangandaran. Berlokasi di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis. Sekitar 31 km dari Pangandaran. 

Green Canyon Pangandaran bermakna ngarai hijau di Pangandaran. Nama Green Canyon diadaptasi dari Grand Canyon yang berada di Amerika. Keindahan Green Canyon Pangandaran ini tentunya tidak kalah menarik dengan yang ada di negeri paman sam tersebut.

Di  sini, pengunjung bisa menyusuri sungai dengan air jernih berwarna kehijauan sambil menikmati keindahan alami hutan hujan tropis yang ditumbuhi pepohonan pencakar langit berkanopi serta udaranya yang lembab. Untuk menyusuri panjangnya sungai kamu bisa menggunakan jasa sewa perahu yang disediakan. Harga sewa perahu sebesar Rp 75.000,00 per orang. Selama perjalanan menyusuri sungai kamu juga akan melihat tebing-tebing tinggi yang mengapit Green Canyon Pangandaran.

6. WADUK JATILUHUR

tempat wisata di jawa barat - waduk jatiluhur

Tempat wisata di Jawa Barat selanjutnya yang juga menjadi tujuan favorit adalah Waduk Jatiluhur. Berlokasi di Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta. Sekitar 9 km dari pusat Kota Purwakarta.

Waduk Jatiluhur adalah sebuah bendungan yang dibangun sejak tahun 1957 oleh arsitektur berkebangsaan Perancis. Tercatat bahwa waduk ini adalah waduk yang pertama kali dibangun di Indonesia. Wow.. ternyata sisi historisnya mengesankan juga.

Waduk Jatiluhur ini ramai dikunjungi oleh wisatawan. Apalagi bendungan Waduk Jatiluhur ini dikelilingi perbukitan yang indah dan berbagai fasilitas hiburan yang lengkap, seperti; bilyard, lapangan tenis, penginapan, perkemahan, restoran dan sarana olahraga air (perahu, ski air, dll). Di kawasan waduk jatiluhur juga terdapat Stasiun Satelit Bumi milik Indosat.

7. GUNUNG TANGKUBAN PERAHU

tempat wisata di jawa barat - gunung tangkuban perahu

And the last one, tempat wisata di Jawa Barat yang sangat terkenal dan menjadi bagian dari salah satu legenda daerah di Indonesia, yaitu Gunung Tangkuban Perahu. Berlokasi di Desa Cikole, Kecamatan Lembang. Kabupaten Bandung Barat. Berjarak sekitar 20 km dari Kota Bandung.

Tangkuban Perahu adalah gunung aktif yang memiliki ketinggian 2.084 meter di atas permukaan laut. Penamaan gunung ini berasal dari legenda tentang perahu yang ditendang oleh Sangkuriang hingga terbalik. Pastinya sudah tidak asing lagi kisah legenda ini di telingan kita.

Wisata Gunung Tangkuban Perahu merupakan spot wisata untuk kategori gunung yang paling banyak diminati di Jawa Barat. Karena di sini pengunjung akan melihat keindahan 3 kawah utama. Untuk mengelilingi kawah tersebut membutuhkan waktu sekitar 2 jam, dan di setiap kawahnya terdapat sumber mata air panas. Jadi cukup melelahkan, tapi pastinya akan menjadi lelah yang nikmat.

Satu lagi pengalaman yang akan kamu dapatkan dari perjalanan wisata ke Gunung Tangkuban Perahu adalah, kamu bisa menyaksikan pemandangan kota Bandung yang mempesona dari puncak Tangkuban Perahu.

Untuk tiket masuk ke kawasan wisata Tangkuban Perahu harganya dibedakan, untuk wisatawan domestik sebesar Rp 13.000,00, sedangkan wisatawan mancanegara Rp 50.000,00.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Jawa Barat dan sekitarnya yang menjadi bukti bahwa tanah pasundan memang menawan. Dari Jawa Barat, kamu juga bisa sekalian mampir ke tempat-tempat wisata menarik lainnya yang masih dekat dengan Jawa Barat. Seperti ke tempat wisata menarik di tengah kemegahan Jakarta dan beberapa rekomendasi tempat wisata keren di Banten yang juga tidak kalah menarik.


EmoticonEmoticon