Sayuran dan Buah Terbaik untuk Diet, Jangan Salah Pilih!

Sayuran dan Buah Terbaik untuk Diet – Berbagai macam diet di dunia memperlihatkan betapa pentingnya mengkonsumsi sayuran dan buah. Mau itu diet atkins, diet fad, diet detox ataupun diet vegetarian semuanya mengharuskan memakan buah-buahan dan sayuran. Kebanyakan sayuran dan buah memiliki kadar lemak dan kalori sangat rendah sehingga sangat ideal untuk digunakan dalam program diet. Para dieter dimanapun berada pasti mengetahui betapa pentingnya sayuran dan buah untuk kesehatan. Dalam artikel ini Anda akan menemukan apa saja sayuran dan buah terbaik untuk diet.

Sayuran dan Buah Terbaik untuk Diet

Fakta Menarik Mengenai Sayuran dan Buah 


Bukan rahasia lagi bahwa mengkonsumsi banyak sayuran dan buah sangat baik bagi kesehatan dan membantu dalam menurunkan berat badan. Yang membuat sayuran dan buah begitu penting karena keduanya rendah akan lemak dan kalori, selain itu kaya akan sumber serat yang berguna untuk pencernaan. Ketiga faktor tersebut merupakan syarat utama untuk makanan yang cocok untuk diet. Sayuran dan buah juga memiliki banyak kandungan vitamin, antioxidan dan mineral, semuanya sangat penting terutama untuk menjaga tubuh dari penyakit-penyakit berbahaya.

Berbagai penelitian mengungkapkan bahwa kita cenderung memakan makanan dengan kadar yang sama setiap harinya, termasuk soal ukuran kalori untuk tubuh. Jadi jika kita ingin menurunkan berat badan sangat penting untuk mengurangi asupan makanan berkalori. Oleh karena itu sayuran dan buah memainkan peran penting dalam asupan pola makan. Karena sayuran dan buah tidak memiliki banyak kalori, sehingga sangat bagus untuk program diet.

Namun bagaimana dengan sayuran dan buah yang tinggi kalori seperti pisang, jagung, alpukat, dan wortel? Untuk program diet ada baiknya Anda membuat sebuah struktur pola makan sayuran dan buah. Sebagai contoh, Anda dapat memakan dua buah apel agar kadar kalorinya sama dengan pisang. Begitupula Anda juga dapat mengkonsumsi lebih banyak bayam agar memiliki kadar kalori yang sama dengan jagung. Namun alpukat memiliki kadar lemak yang sangat tinggi daripada sayuran lainnya, namun kadar lemak yang dimiliki alpukat adalah lemak baik dan kaya akan sumber vitamin E.

Bahkan meskipun buah dan sayuran tersebut mengandung banyak kalori, Anda tak perlu menyingkirkannya dari pola makan. Sayuran dan buah tersebut tetap merupakan sumber nutrisi dan serat paling banyak yang bisa Anda konsumsi, jadi Anda bisa menjauhi makanan-makanan berlemak dan mengandung gula.

Kuncinya adalah tambahkan sayuran dan buah tersebut pada catatan pola makan, jadi sesuaikan kalori dari sayuran dan buah dengan kebutuhan nutrisi harian. (baca juga: Makanan yang tidak baik dikonsumsi saat diet)

Sayuran dan Buah Terbaik untuk Diet


Untuk program diet, dieter bisa memakan berbagai sayuran dan buah setiap harinya. Dianjurkan untuk mengkonsumsinya 5 porsi sehari dan mengkombinasikan berbagai buah dan sayuran agar tercapai nutrisi harian. Satu porsi dari sayuran dan buah idealnya hanya 80 g saja. Berikut ini contoh dari hitungan ideal dari satu porsi sayuran dan buah:

  • 2 buah kiwi, plum atau buah yang memiliki ukuran yang sama.
  • 1 apel, pisang, jeruk atau buah yang memiliki ukuran yang sama.
  • 1 irisan besar melon atau nanas.
  • ½ alpukat atau jeruk bali.
  • 3 sendok besar kacang-kacangan atau biji-bijian.
  • 3 sendok besar salad buah atau sayuran.
  • 1 sendok besar kismis.
  • 3 aprikot kering.
  • 1 gelas penuh anggur atau ceri.
  • 1 gelas kecil jus buah murni.
  • 1 mangkuk salad.

Sayuran dan buah memang dua asupan penting untuk menyempurnakan kebutuhan gizi dan nutrisi bagi tubuh. Terlebih bagi anda yang sedang menjalani program diet, sayuran dan buah adalah dua komponen penting yang mutlak harus dipenuhi. Untuk hasil yang maksimal, tentu perlu jenis sayuran dan buah yang tepat untuk membantu kesuksesan proses diet anda. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon