Pantai Indrayanti Yogyakarta - Salah Satu Pantai Cantik dan Eksotik dengan Sentuhan Modern

Pantai Indrayanti Yogyakarta - Masih tentang obyek wisata Yogyakarta. Kali ini kita akan menuju ke wilayah kabupaten Gunung Kidul. Salah satu kabupaten di Yogyakarta ini memang terkenal memiliki pantai-pantai yang indah. Jika selama ini pantai di Yogyakarta yang kamu tahu hanya Parangtritis, berarti kamu harus mulai mengeksplor Yogyakarta lebih jauh lagi, karena ada banyak pantai indah di Gunung Kidul yang harus kamu kunjungi, salah satunya yaitu pantai Indrayanti. Pantai yang cantik dan menawan seperti namanya. (baca juga: Keindahan pantai glagah kulonprogo)

Lokasi Pantai Indrayanti

Lokasi pantai ini terletak di desa Tepus, kecamatan Tepus, kabupaten Gunungkidul. Pantai ini tepat bersebelahan dengan pantai sundak, Tepus. Jarak tempuh perjalanan dari Jogja ke Indrayanti rata-rata hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam.

Rute jalan menuju pantai Indrayanti juga tidak begitu rumit. Jika menggunakan bus umum, kamu bisa langsung mengambil bus dengan jurusan ke Wonosari. Dari terminal Wonosari kemudian mencari angkutan jurusan Pantai Indrayanti.

Lebih asyik lagi kalau kamu berangkat menggunakan kendaraan pribadi. Dari Jogja menuju jalan Imogiri Barat, Panggang, Saptosari, baru kemudian Tepus. Sepanjang perjalanan kamu bisa satu paket sekaligus menikmati beberapa pantai indah di Gunung Kidul yang sejalur dengan Indrayanti. Seperti pantai Baron, Kukup, Krakal, Sepanjang, Drini, dan Pantai Sundak. Dengan begitu perjalanan kamu akan terasa lebih menyenangkan.

Fakta Menarik Tentang Pantai Indrayanti

Di balik kepopuleran Pantai Indrayanti, ternyata ada fakta menarik yang mungkin belum semua orang ketahui. Bahwa ternyata “INDRAYANTI” itu bukanlah nama asli pantai ini. Mungkin selama ini sering ada kesan bahwa Indrayanti itu terdengar seperti nama seorang perempuan, sehingga memunculkan sebuah tanda Tanya, sebenarnya siapa sih Indrayanti?. Dan inilah jawabannya. Ternyata Indrayanti awalnya hanyalah nama dari salah satu Café dan Restoran yang kebetulan berlokasi di situ dan nama INDRAYANTI terpampang besar di Cafe itu Entah seperti apa asal-usulnya, hingga kemudian masyarakat menganggap nama “INDRAYANTI” yang terpampang itu sebagai nama pantai yang mereka kunjungi. Dari sejak itulah pantai ini populer dengan nama “Pantai Indrayanti”.

Lalu nama asli pantai ini apa? Sebenarnya pemerintah setempat menamai pantai ini dengan sebutan PANTAI PULANG SAWAL, biasa disebut juga dengan pantai pulsa. Kenapa nama pulang sawal justru asing dan tidak populer?. Bisa jadi mungkin ketika itu papan nama Pantai Sawal kalah besar dan kalah menarik dari nama Indrayanti. Sehingga kurang terlihat dan akhirnya orang tidak melihat nama Pulang Sawal sebagai identitas dari nama pantai yang mereka kunjungi.

Sekilas Keindahan Pantai Indrayanti

Sebelumnya, untuk ongkos tiket masuk Pantai Indrayanti sangat terjangkau, hanya 10 ribu per orang. Itu pun sudah termasuk tiket untuk mengunjungi pantai-pantai lain yang sejalur tadi. Pastinya bukan harga yang mahal untuk menikmati semua keindahan pantai gunung kidul ini.  

Pantai Indrayanti ini tergolong masih baru dibandingkan pantai lain di Yogyakarta yang sudah punya nama. Baru beberapa tahun belakangan ini mulai dikenal banyak orang. Sebelum dikelola dengan baik, Pantai ini belum punya daya tarik. Meskipun begitu, yang namanya keindahan alam memang tidak bisa dipungkiri. Dalam waktu singkat pantai ini langsung menjelma menjadi salah satu primadona pariwisata di Gunung Kidul. Tiap hari selalu ramai wisatawan, baik lokal maupun asing.

pantai indrayanti gunung kidul jogja pantai pulang sawal

Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih dan bebatuan karang yang indah terlihat di perairan dangkal pantainya. Airnya juga sangat bening kebiruan. Kamu bisa asyik bermain bola pantai di sini bersama teman-temanmu. Garis pantainya tidak begitu panjang, hanya sekitar 250 m. Jadi untuk berkeliling dari ujung ke ujung pantainya tidak membutuhkan waktu lama. Dan jangan coba-coba untuk membuang sampah sembarangan di sini, karena pengelola menerapkan peraturan yang cukup tegas, yaitu denda sebesar 10.000 untuk yang melanggar. Jadi wajar jika pantai ini terlihat sangat bersih dari sampah.

pantai indrayanti gunung kidul jogja pantai pulang sawal

Bosan bermain di pantai, kamu bisa beralih ke sisi timur pantai. Di sana ada semacam bukit karang besar. Untuk menaiki bukit ini memang tidak mudah, satu-satunya akses menuju ke sana hanya melalu jalan setapak sempit penuh semak-semak. Tapi sesampainya di atas pasti tidak akan menyesal. Karena dari atas bukit ini kamu akan menyaksikan panorama hamparan pantai yang cantik dan melihat samudera hindia yang membentang indah.

Pada waktu malamnya, pantai indrayanti ini juga biasanya tetap ramai. Sering ada komunitas tertentu yang sekedar bermalam, berkemah, ataupun mengadakan outbound di sini. Ada tanah lapang di sebelah masjid yang biasa digunakan untuk kegiatan-kegiatan seperti ini. Bermalam bersama kawan-kawan sambil menikmati suasana sejuk pantai pasti akan sangat menyenangkan.

Fasilitas-fasilitas Menarik di Pantai Indrayanti

pantai indrayanti gunung kidul jogja pantai pulang sawal

Kalau memperhatikan tata letak lokasi dan fasilitas-fasilitas yang tersedia di Pantai Indrayanti, sepertinya pihak pengelola memang sengaja memberikan sentuhan-sentuhan modern untuk menarik lebih banyak wisatawan. Mungkin terinspirasi dengan model pengelolaan pantai-pantai di Bali. Terlihat sekali dengan adanya beberapa restoran dan cottage di sekitar pantai Indrayanti ini. Ada juga Gazebo, jika lelah, kamu bisa beristirahat di gazebo yang ada. Sambil istirahat, menikmati sajian kuliner masakan laut khas Gunung Kidul, sembari menikmati pemandangan pantai lepas indrayanti yang indah. Sedangkan untuk cottage atau penginapan pantai Indrayanti, harganya cukup bervariasi, tergantung fasilitas yang ditawarkan, mulai dari 300 – 600 ribu.

bermain jet sky di pantai indrayanti gunung kidul jogja

Satu lagi fasilitas menarik yang tersedia di Pantai Indrayanti adalah kamu bisa bermain jetski. Ada jasa penyewaan jetski untuk berkeliling menikmati keindahan perairan pantai Indrayanti. Meskipun biaya sewanya cukup mahal, sekitar 250 ribu / 15 menit. Tapi sesekali saja kan tidak masalah. Tenang saja, ada instruktur yang membimbing, jadi tidak perlu khawatir terjadi apa-apa.

Itulah salah satu pantai Gunung Kidul yang menarik sekali untuk kamu kunjungi karena pesona keindahan pantai dan sentuhan modern yang membuat pantai ini terasa cantik dan mewah. Dan yang pasti, pantai Indrayanti jauh lebih indah lagi dari yang bisa saisane sampaikan di ulasan singkat ini. So, share ke teman yang lain, siapkan budget, waktu, and Have a nice trip.


EmoticonEmoticon