Menariknya Pantai Glagah Kulonprogo, Ada Keindahan Alam yang Tidak Biasa di Sini

Pantai Glagah Kulonprogo - Membicarakan Yogyakarta memang tidak aka nada habisnya. Semua yang ada di Yogyakarta memang selalu menarik. Apalagi kalau sudah ngobrolin pariwisatanya, seperti tak kehabisan topik.Termasuk yang kita bicarakan sekarang ini, yaitu obyek wisata Pantai Glagah. Pantai yang sekarang mulai terkenal di mana-mana ini juga terletak di Yogyakarta. Lebih tepatnya di daerah Kulonprogo, salah satu kabupaten di Yogyakarta.

Kulonprogo selama ini hanya dipandang sebelah mata dalam hal pariwisatanya. Namun belakangan Kulonprogo mulai menjadi perbincangan karena ternyata banyak obyek wisata Kulonprogo yang ternyata sangat menarik untuk dikunjungi. Misalnya seperti pesona keindahan wisata alam Kalibiru yang menawarkan pemandangan alam menakjubkan.

Lalu seperti apa keindahan salah satu Pantai kulon progo ini? Simak ulasan saisane berikut ini tentang keindahan dan berbagai aktifitas yang ada di pantai Glagah.

Lokasi Pantai Glagah

Pantai ini berlokasi di sebuah desa dengan nama yang sama, yaitu desa Glagah, kecamatan Temon, Kulonprogo. Jarak menuju pantai Glagah jika ditempuh dari kota Yogyakarta adalah sekitar 40 km, sedangkan jarak tempuh ke pantai Glagah dari Wates hanyalah 15 km.

Ada dua rute pantai Glagah yang bisa ditempuh untuk menuju lokasi pantai. Yaitu rute Bantul dan Wates.

Rute 1 : melalui jalur Bantul. Dari Yogyakarta kea rah kota Bantul. Dari Bantul kemudian ambil jalan ke arah Srandakan. Ikuti jalur sampai nanti ada jembatan Srandakan. Nah, setelah jembatan Srandakan nanti ada lampu merah, ambil jalur ke kiri untuk menuju ke pantai Glagah.

Rute 2 : melalui kota Wates Kulonprogo. Dari kota Yogyakarta menuju ke Wates. Kemudian ambil rute jalan Wates – Purworejo. Ikuti saja sepanjang jalan ini nanti ada petunjuk jalan ke kiri yang mengarah ke pantai Glagah.

Keindahan Pantai Glagah

Untuk masuk area wisata ini pastinya tidak gratis. Harga tiket masuk pantai Glagah tidak sampai 10 ribu (tidak tahu kalau sekarang). Tentu bukan harga yang mahal jika dibandingkan dengan pengalaman wisata yang akan kamu dapatkan di sini.

Salah satu pantai kulon progo ini memang tergolong unik, tidak seperti pantai-pantai lain yang biasanya banyak ditumbuhi batu karang, pantai Glagah ini memanjang tanpa penghalang. Sepanjang mata memandang akan terlihat hamparan pasir besi kehitam-hitaman. Biasanya di sepanjang pantai akan terlihat orang-orang berkendara motorcross. Tekstur pasir besi di pantai ini memang dimanfaatkan oleh mereka untuk menyalurkan hobinya ini.

Bermain di Laguna Pantai Glagah

Yang menarik dari primadona pantai kulon progo ini adalah pantai ini memiliki laguna yang cukup luas. Istilah Laguna biasa digunakan untuk menyebutkan suatu fenomena di mana ada sejumlah air asin yang terpisah dari wilayah laut. Sederhananya, Laguna bisa kita sebut semacam danau yang terbentuk di sekitar laut.

laguna pantai glagah kulonprogo

laguna pantai glagah kulonprogo

Di kawasan laguna pantai ini banyak aktifitas wisata tirta yang bisa dinikmati. Seperti naik perahu kayuh, perahu sampan ukuran kecil, sampai perahu kano. Pasti akan sangat menyenangkan menikmati wisata tirta pantai Glagah ini bersama keluarga tercinta, berputar mengelilingi laguna yang indah dan luas. Jika tidak buru-buru, kamu bisa menikmati senja dengan menyaksikan fenomena sunset yang sangat indah dari sini.

sunset pantai glagah kulonprogo

Berkebun di Agrowisata Pantai Glagah

Ada area agrowisata di pantai Glagah ini. Sebagian besar tanamannya adalah buah naga. Selain itu ada juga buah semangka, melon, dan buah roselle. Saat bosan dengan aktifitas di pantai, kamu bisa mampir ke perkebebunan buah Naga untuk ikut bantu-bantu petani. Kalau beruntung, kamu bisa membawa buah naga secara gratis.

Menyaksikan Hantaman Ombak di Tetrapod Pantai Glagah

Pantai Glagah tergolong pantai dengan gelombang ombak yang cukup besar. Oleh karenanya di pantai kulon progo ini kamu akan melihat tetrapod yang fungsinya sebagai pemecah atau pembelah ombak. Tetrapod adalah tumpukan batu-batu beton besar berkaki empat. Di tetrapod ini kamu bisa merasakan sensasi derasnya guyuran air saat ombak yang datang menghantam tetrapod, mirip diguyur hujan. Siap-siap basah kuyup pokoknya kalau main ke tetrapod ini.

tetrapod pantai glagah kulonprogo

Di sekitar tetrapod ini banyak orang bersantai sambil memancing. Karena memang banyak ikan di sela-sela tetrapod. Buat kamu yang hobi fishing, tempat ini cocok kamu jadikan spot menarik untuk memancing.

Setelah lelah melakukan berbagai aktifitas di Pantai Glagah Kulonprogo, kamu bisa rehat sejenak di warung-warung sekitar sambil menikmati aneka masakan sea food. Jika ingin berlama-lama di sini juga sudah ada beberapa penginapan di sekitar kawasan Pantai. (baca juga: keindahan pantai indrayanti gunungkidul)

Itulah ulasan singkat tentang keindahan obyek wisata pantai glagah kabupaten kulonprogo. Setelah tahu beberapa keindahan dan keseruan di atas, pantai glagah memang memiliki keindahan yang tidak biasa jika dibandingkan dengan pantai lain pada umunya. Ulasan singkat ini tentu tidak cukup untuk melukiskan seluruh keindahan salah satu pantai kulon progo ini. So, kapan berwisata ke pantai Glagah?


EmoticonEmoticon