Menarik Disimak, Cara untuk Diet Sehat dengan Puasa

Cara untuk diet sehat di bulan puasa - Memiliki tubuh yang ideal memang dambaan setiap orang. Tidak terlalu kurus, pun juga tidak terlalu gemuk. Sehingga lebih sedap dipandang dari segi penampilan. Maka tidak heran banyak orang rela melakukan berbagai cara untuk bisa berhasil menjalani diet. Bahkan tidak sedikit yang sampai menghabiskan uang dalam jumlah nominal yang cukup besar hanya untuk mewujudkan diet yang diimpikan.

Momen puasa adalah waktu yang tepat bagi anda yang ingin menjalani diet. Karena pada bulan puasa ini pola makan berubah dan lebih terkontrol. Oleh karena itu, bagi anda yang ingin menjalani cara untuk diet sehat di bulan puasa, berikut ada beberapa tips dari saisane yang bisa anda jalankan agar mimpi diet anda menjadi kenyataan di bulan puasa yang penuh berkah ini. (baca juga: Pola makan yang benar saat puasa)

Cara untuk Diet Sehat dengan Puasa

Tips Menjalani Diet Sehat dengan Puasa


  • Tips pertama tentang cara untuk diet sehat pada saat puasa, anda harus memperhatikan pola makan dengan menyesuaikan menu diet bulan puasa. Pada saat berbuka puasa, makanlah dengan makanan pembuka sekedarnya saja. Jangan langsung menyantap makan besar. Karena hal itu tidak baik bagi lambung yang seharian kosong. Lupakan prinsip balas dendam makan saat buka puasa. Lebih baik dengan air putih secukupnya, kurma, dan buah.
  • Selanjutnya, jika anda ingin tetap menjalani diet saat puasa, hindari berbuka dengan makanan manis secara berlebihan. Kenapa? Karena itu akan memicu meningkatnya insulin semakin tinggi, sehingga makanan yang masuk ke tubuh justru akan tersimpan sebagai lemak. Cukup mengkonsumsi makanan manis secukupnya saja saat berbuka, missal dengan kurma untuk mengembalikan energy yang terkuras selama seharian menjalani puasa.
  • Selain makanan manis, jika anda masih berminat untuk diet di bulan puasa, kurangi juga minuman es dan bersoda. Kedua jenis minuman ini akan membuat tubuh kita tahan lapar, sehingga kita menjadi enggan menyantap makanan bergizi lain yang lebih baik untuk diserap tubuh. Tingkat asam kedua minuman tersebut juga dapat mengganggu pencernaan.
  • Tips selanjutnya ini khusus bagi anda yang hobi fitness. Jika waktu berbuka puasa kebetulan tiba di tengah-tengah anda sedang fitness, konsumsilah 2 sampai 3 sendok makan madu atau dengan beberapa butir kurma. Lebih baik lagi jika bisa menambahkan suplemen yang mengandung protein. Dan jangan lupa minum air putih sekitar 500ml sampai 1 liter air.
  • Cara untuk diet saat berpuasa yang selanjutnya ini berlaku juga untuk menjalani diet secara umum di luar bulan puasa. Yaitu dengan mengkonsumsi makanan dengan kadar lemak yang rendah, makanan yang mengandung serat tinggi seperti buah dan sayuran hijau, karbohidrat kompleks, dan asupan protein yang cukup.
  • Nikmatnya melanjutkan tidur setelah makan sahur memang selalu menggoda, tapi jika anda masih ingin bermimpi menjalani diet, sebaiknya kebiasaan tidur setelah makan sahur anda hentikan. Karena kebiasaan buruk ini akan menghasilkan timbunan lemak dalam tubuh. Sehingga anda akan mudah merasa ngantuk, tidak bersemangat, dan cepat merasa lapar.
Itulah beberapa cara untuk diet sehat di bulan puasa yang bisa anda terapkan. Yang pasti aman. Jika anda bisa menjaga dan menjalaninya dengan baik, ini bisa menjadi cara cepat diet lewat puasa, insyaallah tubuh ideal yang anda impikan bisa terwujud. Di bulan ramadhan yang penuh berkah, semoga berkah juga untuk keberhasilan diet yang sedang anda usahakan.


EmoticonEmoticon