Cara Mudah Memproteksi dan Menyembunyikan File Foto yang Ada di Galeri Android

Smartphone zaman sekarang itu sudah seperti gudang tempat penyimpanan berbagai macam hal. Ada dokumen, foto, video, dan file-file lainnya. Dan dari banyaknya file tersebut pasti ada file yang sifatnya pribadi dan kita ingin hanya kita saja yang bisa mengakses file tersebut. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menyembunyikan file di android agar file-file yang kita miliki aman dari penyalahgunaan tangan-tangan jahil.

Pada kesempatan ini saisane akan berbagi tips dan trik menarik tentang cara menyembunyikan file di android, tapi khusus untuk file berupa gambar atau foto. Kenapa harus disembunyikan? Ya mungkin karena alasan privasi, kita tidak ingin foto yang ada di galeri bisa dilihat sembarang orang. Atau karena alasan lainnya yang mengharuskan kamu untuk menyembunyikan foto di android.  

Menyembunyikan foto dari galeri android caranya sangat mudah. Ada dua cara mudah dan cepat yang bisa kamu lakukan untuk menyembunyikan file foto di android. Pertama dan yang paling mudah, dengan aplikasi yang bernama Gallery Lock. Yang kedua adalah solusi alternatif lain untuk menyembunyikan file foto di android.

1. Gallery Lock


menyembunyikan file foto di android dengan gallery lock

Cara yang pertama yaitu kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi untuk menyembunyikan foto dan video dari galeri android, memproteksinya dengan password. Salah satu aplikasi terbaik untuk ini adalah Gallery Lock. Cara kerja aplikasi ini, kamu hanya butuh memindahkan file foto dari galeri ke dalam aplikasi Gallery Lock. Untuk mengawalinya, kamu tinggal cari dan download aplikasinya terlebih dahulu di Playstore kemudian ikuti panduan dari saisane berikut ini.

Cara Menyembunyikan Foto dari Galeri Menggunakan Gallery Lock


  • Buka aplikasi gallery lock. Pada tahap ini kamu diminta untuk memasukkan kode PIN. Kode PIN defaultnya adalah 7777, kamu bisa mengubahnya nanti sesuai keinginan. Kemudian akan terlihat default album yang sudah ada di aplikasi ini.
  • Selanjutnya, klik “add folder” dan beri nama sesuai selera untuk membuat folder yang nanti menjadi tempat untuk menyembunyikan foto.
  • Buka folder yang sudah dibuat tadi, kemudian klik “add photo/video”. Selanjutnya aplikasi ini akan mengarahkan kamu ke galeri di hp dan kamu bisa memilih foto atau video mana saja yang ingin kamu sembunyikan.
  • Selesai.


Sekarang gambar dan video yang kamu pilih sudah tersembunyi, tidak terlihat di galeri. Lihat kembali ke folder untuk memastikan bahwa semua langkah tadi sudah dilakukan dengan benar. Jadi setiap kali ingin mengakses file foto dan video yang tersembunyi tadi kamu bisa melihatnya melalui folder yang ada di aplikasi Gallery Lock.

Kalau di kemudian hari kamu ingin mengembalikan file foto dan video ke galeri hp, caranya juga mudah. Cukup tekan dan tahan pada folder, kemudian pilih opsi “unhide”.

2. Astro File Manager


cara menyembunyikan file di android menggunakan astro file manager

Solusi alternatif yang kedua untuk menyembunyikan foto di android adalah dengan bantuan aplikasi Astro File Manager. Sebenarnya ada beberapa smartphone tertentu yang sudah support fungsi menyembunyikan atau memproteksi file pada file manager bawaan smartphone nya. Baca: Trik mudah menyembunyikan file di android menggunakan file manager. Namun jika smartphone kesayangan milikmu belum didukung layanan seperti ini, kamu bisa mencoba aplikasi Astro File Manager. Download aplikasinya di Playstore secara cuma-cuma kemudian ikuti panduan berikut ini.

Cara Menyembunyikan Foto Menggunakan Astro File Manager


  • Buka aplikasi Astro File Manager
  • Masuk ke Primary => Pictures
  • Tekan dan tahan folder yang ingin disembunyikan. Kemudian buka pilihan menu (titik tiga di pojok kanan atas)
  • Klik rename. Beri nama dengan .nomedia (pastikan meletakkan tanda titik di depan)
  • Selesai. Folder sudah berhasil tersembunyi.


Untuk melihat lagi folder yang tadi tersembunyi di Astro, masuk ke menu => view settings => advanced tab => beri centang pada pilihan show hidden files. Nanti folder akan terlihat di aplikasi astro. Kalau kamu ingin mengembalikan folder yang tersembuyi ke galeri hp caranya juga mudah, cukup rename folder tadi dengan nama sesukamu, tanpa tanda titik. Selain file foto, astro file manager juga bisa digunakan untuk menyembunyikan jenis file lain di android.

Gimana? Cukup jelas dan mudah bukan? Sekarang album foto di galeri hp mu sudah aman dari mata-mata jahil orang lain. Kamu tidak perlu khawatir lagi dengan privasi di galeri hp mu.

Itulah cara mudah menyembunyikan album foto di android dari saisane. Mungkin kamu punya tips lain, bisa bagikan ke kami.


EmoticonEmoticon