6 Tips Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita Agar Terhindar dari Penyakit

Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi pada Wanita – Sama seperti bagian lainnya didalam tubuh, alat reproduksi wanita biasanya sering diabaikan terkecuali saat penyakit menghinggapi. Sayangnya di era modern penyakit-penyakit yang berhubungan dengan reproduksi wanita semakin meningkat seperti infertilitas atau kemandulan, polycystic ovary syndrome, menopause dan lain-lain. (Baca: penyebab infertilitas pada wanita) Kontaminasi yang diakibatkan oleh lingkungan merupakan sumber utama lahirnya penyakit-penyakit pada reproduksi wanita. Di bawah ini saisane sajikan berbagai tips dan cara menjaga kesehatan reproduksi pada wanita.

Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi pada Wanita

Kesehatan Reproduksi pada Wanita


Sistem reproduksi wanita memiliki bagian internal dan eksternal. Keduanya harus selalu dalam kondisi higienis dan bersih sehingga alat reproduksi wanita bisa terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya. Agar alat reproduksi tetap sehat maka langkah pertama adalah dengan cara menerapkan gaya hidup sehat setiap harinya. Sangat direkomendasikan untuk menerapkan pola makan sehat, latihan fisik secara rutin, dan tidur cukup pada malam hari. Dengan menjaga kondisi tubuh tetap baik merupakan cara paling efektif agar kesehatan reproduksi wanita bisa dicapai. Agar lebih efektif, Anda juga bisa melakukan check-up seminggu sekali untuk melihat kesehatan dari alat reproduksi Anda. (baca: cara menjaga kesehatan organ reproduksi wanita)

Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi pada Wanita


Organ reproduksi wanita yang sehat akan menjaga tingkat kesuburan tetap tinggi dan membuat masa haid tetap stabil. Seorang perempuan dengan alat reproduksi wanita yang sehat kemungkinan besar akan mendapatkan anak yang sehat pula.

Kesehatan reproduksi wanita ditentukan oleh pola makan, gaya hidup, kondisi medis dan lain-lain. Masalah pada reproduksi wanita dapat berimbas pada kualitas kehidupan seperti muncul perasaan gelisah dan tekanan emosional. Mengetahui berbagai hal-hal tersebut dapat membantu organ reproduksi wanita tetap sehat. Berikut beberapa cara menjaga kesehatan reproduksi pada wanita.

  • Pola Makan

Pola makan memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan reproduksi wanita. Agar terhindar dari penyakit-penyakit reproduksi sebaiknya hindari junkfood atau fastfood yang memiliki zat-zat adiktif yang sangat berbahaya bagi kesehatan organ reproduksi. Sebaiknya konsumsi makanan-makanan sehat seperti ikan, daging merah, ataupun sayuran dan buah yang belum dikalengkan. Hindari mengkonsumsi makanan tinggi lemak seperti coklat, Anda bisa menggantinya dengan buah atau kacang.

  • Pastikan Untuk Tidak Mengidap Penyakit

Terdapat banyak masalah kesehatan yang mempengaruhi kesehatan reproduksi wanita. Beberapa penyakit yang dapat berimbas pada kesehatan reproduksi adalah diabetes, malnutrisi, penyakit tiroid dan lain-lain. Menjaga agar tubuh terhindar dari penyakit berbanding lurus dengan kesehatan reproduksi wanita. 

  • Stop Merokok

Jika Anda kebetulan seorang perokok, ada baiknya untuk segera menghentikannya. Rokok dapat mempengaruhi kesehatan reproduksi wanita sehingga sangat dianjurkan untuk menghentikan kebiasaan merokok.

  • Postur Tubuh Ideal

Menjaga agar berat badan tetap ideal adalah salah satu cara menjaga kesehatan reproduksi wanita. Berat badan berlebih akan berimbas pada kestabilan hormon dan mempengaruhi kesuburan. Latihan fisik seperti lari-lari, bermain voli, atau tenis meja akan membantu untuk menjaga kesehatan reproduksi wanita.

  • Yoga

Latihan yoga merupakan cara efektif agar organ reproduksi wanita tetap sehat. Yoga membuat pikiran dan tubuh menjadi stabil, dan berimbas pada seluruh organ dalam tubuh. Anda tidak perlu melakukannya di gym, melainkan bisa dilakukan di rumah dengan nyaman.

  • Hindari Pekerjaan Berat

Kesehatan reproduksi wanita berhubungan dengan kondisi tubuh secara keseluruhan. Pekerjaan terlalu berat akan mempengaruhi kesehatan tubuh termasuk kesehatan reproduksi wanita. Ada baiknya untuk menghindari pekerjaan terlalu berat dan perbanyak liburan.

Menjaga kesehatan reproduksi sangat penting bagi wanita agar terhindar dari berbagai penyakit dan membuat diri anda tetap nyaman. Dengan menjalankan beberapa cara menjaga kesehatan reproduksi pada wanita di atas, semoga bisa membantu anda untuk tetap sehat, aman, dan nyaman. 


EmoticonEmoticon