7 Tempat Wisata di Jawa Timur - Inilah Indahnya Alam Raya di Bagian Timur Jawa

7 Tempat Wisata di Jawa Timur - Jawa Timur adalah salah satu provinsi terbesar di Indonesia. Ada banyak sekali lokasi tempat wisata di Jawa Timur yang ternyata menyimpan banyak pesona keindahan alam yang sangat menawan. Sudah nonton film 5 cm yang menampilkan keindahan alam dari puncak Mahameru? itu baru salah satu dari sekian banyak pesona alam yang dimiliki oleh Jawa Timur. Masih banyak lagi tempat wisata keren lainnya di Jawa Timur yang akan membangkitkan minat kamu untuk segera berkunjung ke sana. (baca juga: 7 Tempat wisata keren di Jawa Tengah)

7 Rekomendasi Tempat Wisata di Jawa Timur yang Menarik


Berikut ini adalah daftar tempat wisata di Jawa Timur yang terkenal dan akan memanjakanmu dengan berbagai suasana alam yang dirindukan oleh semua orang.

1. GUNUNG BROMO

tempat Wisata di Jawa Timur gunung bromo

Tempat wisata di Jawa Timur yang pertama adalah Gunung Bromo yang merupakan salah satu gunung aktif di Jawa Timur. Berada di empat wilayah sekaligus yaitu Kabupaten Malang, Probolinggo, Pasuruan dan Lumajang.

Akses transportasi untuk menuju ke sana bisa dengan menyewa kendaraan mobil jeep yang khusus digunakan sebagai alat transportasi menuju ke Bromo. Di bawah gunung ini terdapat hamparan gurun pasir tak berujung karena saking luasnya hamparan gurun tersebut. Dari kawasan Gunung Bromo kamu dapat menikmati pemandangan sunrise yang sangat indah sekali. Gunung Bromo menjadi unggulan sebagai salah satu tempat wisata di Jawa Timur yang paling populer.

2. KAWAH IJEN

tempat Wisata di Jawa Timur kawan ijen

Selanjutnya ada tempat wisata di Jawa Timur bernama Kawah Ijen yang berlokasi di Banyuwangi. Kawah Ijen merupakan kawah danau terbesar di Pulau Jawa. Danau berwarna tosca kebiru-biruan ini memiliki keindahan tersendiri yang menjadi daya tarik para wisatawan. Untuk mrncapai kawah ini, kamu harus mendaki sejauh kurang lebih 3 km selama 1,5 jam perjalanan. Tetapi kelelahan kamu akan terbayar lunas oleh keindahan kawah ini.

3. MUSEUM ANGKUT

tempat Wisata di Jawa Timur museum angkut

Museum Angkut adalah salah satu tempat wisata di Jawa Timur yang berlokasi di Jl. Terusan Sultan Agung No. 2, Kecamatan Batu, Kota Malang. Berjarak sekitar 20 km dari pusat kota Malang.

Museum Angkut merupakan museum transportasi terbesar di Asia dengan luas lebih dari 3,7 hektar dan dikelola oleh Jawa Timur Park Group.

Museum ini menyimpan berbagai macam koleksi sarana alat transportasi terkenal di Indonesia bahkan dunia. Terdapat pembagian zona dalam kawasan museum ini seperti zona utama yang memamerkan alat transportasi, zona edukasi yang  menjelaskan informasi sejarah alat transportasi, zona sunda kelapa dan Batavia yang memamerkan transportasi Jakarta, Europe Zone, Las Vegas, Hollywood zone, dan zona lainnya.

Museum Angkut bisa menjadi salah satu tujuan wisata di Jawa Timur yang sangat unik dan menarik, khususnya bagi kamu yang mencintai sejarah transportasi masa lampau.

4. TELAGA SARANGAN

tempat Wisata di Jawa Timur telaga sarangan

Yang keempat ada Telaga Sarangan, tempat wisata di Jawa Timur yang berlokasi di lereng Gunung Lawu, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan. Berjarak 16 km dari pusat kota Magetan.

Telaga Sarangan merupakan wisata alam yang terkenal dan menarik. Telaga yang terletak di perbatasan wilayah administratrif Jawa Tengah-Jawa Timur ini memiliki pemandangan perbukitan yang tinggi nan hijau dan berlatar belakang Gunung Lawu. Udara yang bersih dan sejuk akan membuat pengunjung menjadi rileks.
Fasilitas yang terdapat di Telaga Sarangan di antaranya ada perahu, speed boat, warung makan, souvenir, dan fasilitas lainnya.

5. AIR TERJUN COBAN RONDO

tempat Wisata di Jawa Timur coban rondo

Berikutnya ada Air Terjun Coban Rondo, tempat wisata di Jawa Timur yang berlokasi di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Berjarak sekitar 12 km dari pusat kota Batu. Air Terjun Coban Rondo merupakan salah satu tempat wisata alam Kabupaten Malang. Coban Rondo bermakna air terjun janda.

Air terjun yang memiliki ketinggian 84 m ini memiliki banyak wahana permainan seperti FunTubing, Paint Ball, Labirin, Kereta Kelinci, Horse. Jadi, selain bermain air, kamu juga bisa menikmati wahana permainan lainnya. Coban Rondo bisa jadi pilihan tempat wisata di Jawa Timur yang menarik untuk kamu bersama keluarga tercinta.

6. GOA MAHARANI

tempat Wisata di Jawa Timur goa maharani

Selanjutnya adalah tempat wisata di Jawa Timur bernama Goa Maharani. Berlokasi di tepi jalan Gresik-Tuban, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan. Goa Maharani merupakan tempat wisata bawah tanah yang wajib kamu kunjungi. Goa yang berukuran sekitar 2.500 meter persegi di kedalaman 25 m dari permukaan tanah ini  menyimpan ratusan fosil dan batuan perut bumi yang telah berusia jutaan tahun.

Terdapat banyak stalaktit,stalakmit dan bebatuan unik di dalam Goa Maharani. Menurut ahli perguaan Internasional, prof. Dr. KRT. Khoo mengatakan bahwa stalaktit dan stalakmit di Gua Maharani masih hidup dan oleh karena itu keindahan gua ini dapat disejajarkan dengan keindahan Gua Altamira di Spanyol, Gua Mamonth di USA, dan Goa Coranche di Perancis.

7. PANTAI PULAU MERAH

tempat Wisata di Jawa Timur pantai pulau merah

Terakhir, ada pantai Pulau Merah, yaitu salah satu rekomendasi tempat wisata di Jawa Timur yang berlokasi di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggara, Kabupaten Banyuwangi. Berjarak sekitar 78 km dari pusat kota Banyuwangi.

Pulau Merah merupakan tempat wisata di Jawa Timur berupa sebuah pulau kecil yang memiliki tanah berwarna kemerah-merahan. Pulau tersebut berada di dekat tepian pantai. 

Pantai Pulau Merah masih sangat asri dan memberikan pemandangan yang indah, terutama saat tenggelamnya matahari. Pastikan kamu membawa kamera saat berkunjung ke Pulau Merah.

Pantai Pulau Merah juga banyak dijadikan wisatawan untuk tujuan berselancar karena pantai ini memiliki ombak yang besar, bahkan dapat mencapai 2,5 meter. Ombak Pulau Merah sudah tidak diragukan lagi terlebih pada tanggal 24-26 Mei 2013 lalu pernah diadakan “Red Island Banyuwangi International Surfing Competition”, yaitu lomba olahraga selancar tingkat internasional.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Jawa Timur yang keren dan menarik yang bisa kamu jadikan sebagai referensi saat ingin berlibur ke Jawa Timur. Selesai dari Jawa Timur, bergeser sedikit ada saudara jawa yang juga memiliki banyak obyek wisata keren. So, mana di antara tempat wisata di Jawa Timur tersebut yang ingin kamu kunjungi?


EmoticonEmoticon