7 Tempat Wisata di Jawa Tengah - Yang Paling Menarik untuk Dikunjungi

Daftar Tempat Wisata di Jawa Tengah yang Menarik - Jawa Tengah dikenal sebagai daerah pusat kebudayaan jawa. Seperti halnya Yogyakarta, di provinsi ini juga terdapat Keraton Solo yang menjadi kediaman para keluarga raja yang dihormati oleh suku Jawa. (baca juga: 7 tempat wisata populer di Yogyakarta)

Namun bukan hanya unsur budayanya saja yang kental, provinsi yang beribukotakan di kota Semarang ini juga ternyata memiliki berbagai tempat wisata yang menarik. Saat kalian berlibur ke Jawa Tengah, beberapa daftar tempat wisata di Jawa Tengah dan sekitarnya ini mungkin bisa menjadi rujukan untuk menentukan destinasi wisata mana saja yang akan kalian kunjungi.

7 Daftar Tempat Wisata di Jawa Tengah yang Terkenal


Berikut ini adalah 7 pilihan tempat wisata di Jawa Tengah versi saisane yang semoga bisa menjadi jawaban pertanyaan kamu tentang beberapa tempat wisata di Jawa Tengah yang terkenal yang menarik untuk dikunjungi. (baca juga: 7 tempat wisata keren di Jawa Timur)

1. CANDI BOROBUDUR


tempat wisata di jawa tengah candi borobudur

Yang pertama ada tempat wisata di Jawa Tengah yang sudah sangat terkenal yaitu candi borobudur. Berlokasi di Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Berjarak 40 km dari Yogyakarta, 100 km dari Semarang. Bagi pengunjung yang yang heran dan tertarik dengan wisata budaya, religi, dan sejarah di Jawa Tengah, Candi Borobodur bisa menjadi salah satu tujuan wajib.

Candi Borobudur adalah tempat wisata di Magelang yang paling banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai belahan dunia. Candi ini dibangun pada tahun 770 Masehi digunakan untuk tempat ibadah umat Buddha.

Kemegahan arsitektur bangunannnya yang sangat unik dan mengagumkan serta mempunyai predikat sebagai candi Buddha terbesar di Indonesia sekaligus di dunia, menjadikan candi ini masuk dalam salah satu dari tujuh keajaiban yang ada di dunia.

Di dalam kawasan wisata candi Borobudur, kamu dapat mengitari kompleks candi dengan menggunakan andong (kereta kuda), mengunjungi museum-museum yang ada di sekitar kompleks candi, serta berburu cinderamata khas Borobudur.

2. TAMAN WISATA AIR PANAS GUCI


tempat wisata di jawa tengah guci tegal

Selanjutnya ada tempat wisata di Jawa Tengah bernama Guci Tegal. Berlokasi di kaki Gunung Slamet, Tegal. Sekitar 40 km dari pusat kota Tegal, atau 30 km dari Slawi.

Guci Tegal adalah tempat wisata di Jawa Tengah berupa pemandian air panas yang sudah sangat terkenal. Di Taman Wisata Air Panas Guci, pengunjung dapat merasakan nikmatnya berendam air panas yang murni berasal dari sumber mata air Gunung Slamet. Berendam air panas di tempat ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Selain berendam, pengunjung juga dapat menikmati keindahan wisata alam/hutan yang ada di sana dan tak jarang taman wisata seluas 210 hektar ini juga sering dijadikan sebagai tempat berkemah.

3. LAWANG SEWU


tempat wisata di jawa tengah lawang sewu

Tempat wisata di Jawa Tengah yang saisane rekomendasikan selanjutnya adalah Lawang Sewu. Berlokasi di Jalan Pemuda, Kawasan Bundaran Tugu Muda, Kota Semarang.

Lawang Sewu berasal dari bahasa Jawa yang bermakna pintu seribu. Tetapi sebenarnya jumlah pintu tidak mencapai 1000, penggunaan kata pintu seribu hanya untuk menggambarkan betapa banyaknya pintu yang berada di bangunan ini.

Bangunan yang dibangun pada tahun 1904 ini merupakan peninggalan kolonialisme Belanda yang dulunya digunakan untuk kantor pusat NIS (Nederlandsc Indische Spoorwemaatschappij), yaitu perusahaan kereta api milik Belanda. Lawang Sewu juga pernah dijadikan sebagai tempat penjara bawah tanah saat Jepang masih berkuasa di Indonesia. Jadi tak heran, di tempat ini pengunjung dapat merasakan suasana bawah tanah yang dingin, gelap dan lembab. Lawang Sewu punya image tersendiri sebagai tempat wisata di Jawa Tengah yang terkenal angker dan sering dijadikan sebagai tempat uji nyali.

4. TAMAN NASIONAL KARIMUNJAWA


tempat wisata di jawa tengah karimunjawa

Berikutnya adalah tempat wisata di Jawa Tengah bernama kepulauan Krimunjawa. Berlokasi di Kabupaten Jepara. Sekitar 80 km dari pusat kota Jepara, 100 km dari Kota Semarang. Kepulauan Karimunjawa terdiri atas 27 pulau kecil dan hanya 5 pulau yang berpenduduk, salah satunya Pulau Karimunjawa.

Di Kepulauan Karimunjawa terdapat 90 jenis karang laut, 260 jenis ikan, hutan mangrove yang luas, dll. Aktivitas yang dapat kamu lakukan di sana adalah berenang dengan hiu jinak, diving, fishing, snorkeling dan aktivitas lainnya. Kepulauan Karimunjawa adalah salah satu tempat wisata di Jawa Tengah yang indah dan paling diminati karena keindahan perairannya, baik oleh turis lokal maupun mancanegara.
 

5. KERATON KASUNANAN SURAKARTA HADININGRAT SOLO


tempat wisata di jawa tengah keraton surakarta

Tempat wisata di Jawa Tengah yang menarik lainnya adalah wisata budaya Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, merupakan tempat suci yang dibangun oleh Pakoe Boewono II pada tahun 1745. Berlokasi di Kelurahan Baluwarti, Kec. Pasar Kliwon, Solo.

Bangunan ini menyimpan berbagai peninggalan sejarah yang bernilai seni tinggi seperti wayang kulit, kereta kencana, senjata, dan peninggalan-peninggalan budaya lainnya.

Ada beberapa aturan adat yang harus kamu patuhi saat memasuki kompleks keraton Solo ini. Seperti tidak memakai celana pendek, tidak menggunakan sendal, tidak berjaket. Hal ini bertujuan untuk menghormati tempat keraton. Keraton Surakarta adalah representasi dari kebudayaan Jawa Tengah. Ini bisa menjadi pilihan yang tepat, khususnya bagi kamu pecinta wisata budaya.

6. DATARAN TINGGI DIENG


tempat wisata di jawa tengah dieng

Rekomendasi tempat wisata di Jawa Tengah yang keenam adalah dataran tinggi Dieng. Berlokasi di Kawasan Wisata Dieng, Kabupaten Wonosobo. Sekitar 30 km dari pusat kota Wonosobo.

Di tempat wisata ini, kamu dapat menikmati keindahan alam Telaga Warna Dieng dan Bukit Sikunir Dieng. Pastikan untuk membawa pakaian yang tebal dan hangat karena cuaca di sana berada antara 12-18 derajat celcius di siang hari, bahkan bisa mencapai 6 derajat celcius di malam hari.

7. MUSEUM PURBAKALA SANGIRAN


tempat wisata di jawa tengah museum sangiran

Rekomendasi tempat wisata di Jawa Tengah yang terakhir adalah Museum Purbakala Sangiran. Berlokasi di Desa Krilalan, Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen. Sekitar 17 km perjalanan dari Kota Solo.

Museum Purbakala Sangiran merupakan situs sejarah terbesar di Asia Tenggara. Di dalam museum ini, anda dapat melihat koleksi fosil yang sudah membatu sejak ribuan tahun yang lalu. Sekitar 13.800 buah benda yang dipamerkan disana.

Koleksi fosil yang tersimpan di Museum Purbakala Sangiran dikategorikan dalam beberapa kelompok seperti; catakan fosil manusia purba, fosil manusia homo sapiens, fosil binatang air, batuan, fosil tumbuhan laut, alat-alat yang terbuat dari bebatuan.

Bagi kamu pecinta benda-benda purbakala, museum purbakala sangiran ini bisa menjadi salah satu tujuan tempat wisata di Jawa Tengah yang harus kamu kunjungi.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Jawa Tengah yang wajib dikunjungi. Sekaligus bukti bahwa Indonesia sangat kaya, baik alam maupun budayanya. Jawa Tengah memiliki pesonanya sendiri dibandingkan dengan daerah Jawa yang lain.


EmoticonEmoticon