Wisata Alam Kalibiru Yogyakarta - Menikmati Panorama "Surga" dari Puncak Bukit Menoreh Kulonprogo

Wisata Alam Kalibiru Yogyakarta - Kota Yogyakarta sudah tidak diragukan lagi reputasinya sebagai kota yang kaya budaya dan obyek wisata. Namun akhir-akhir ini ada satu obyek wisata yang sedang naik daun dan menarik perhatian banyak wisatawan untuk mendatangi obyek wisata ini, yaitu wisata alam Kalibiru kulon progo yang berlokasi di Kabupaten Kulonprogo. Kulonprogo diam-diam ternyata menyimpan banyak pesona alam yang keren. Seperti sebelumnya ada wisata Pantai Glagah Kulonprogo yang menawarkan keindahan dan suasana pantai yang tidak biasa.

Kalibiru adalah salah satu keindahan alam Yogyakarta yang sedang ngetren belakangan ini. Bagi kamu yang sedang merencanakan liburan berkunjung ke Yogyakarta, jangan lupa untuk mampir ke sini. Karena apa? Ada keindahan panorama surga yang bisa kamu saksikan di kawasan wisata alam Kalibiru.

obyek wisata kalibiru yogyakarta


Lokasi Wisata Alam Kalibiru

Wisata alam kalibiru berada di kabupaten kulonprogo, DIY. Tepatnya di ketinggian 450 m dpl kawasan perbukitan Menoreh, hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo. Perjalanan menuju ke sana akan penuh dengan tanjakan, berkelok-kelok tikungan tajam. Kanan kiri jalan penuh pepohonan, karena wisata alam kalibiru ini berada di kawasan hutan lindung perbukitan menorah yang dikelola oleh masyarakat setempat. Saat kamu berkunjung ke obyek wisata alam kalibiru, pastikan kendaraan dalam kondisi yang fit segala macamnya, terutama pada ban dan rem. Di bawah ini gambaran peta wisata kalibiru. Kamu bisa pelajari sekilas untuk melihat bagaimana rutenya nanti yang akan saya ulas di paragraf selanjutnya.

lokasi obyek wisata kalibiru yogyakarta


Rute Menuju Wisata Alam Kalibiru

Sebagaimana terlihat pada peta wisata kalibiru di atas, ada 2 rute yang bisa kamu tempuh untuk menuju ke lokasi wisata alam kalibiru, yaitu rute Sermo dan Clereng. Jika memilih jalur Sermo, kamu juga bisa singgah untuk menikmati keindahan alam di sekitar waduk Sermo, di sana sudah banyak warung untuk istirahat sambil minum kopi dan menikmati hawa sejuk kawasan Waduk Sermo.

Atau kamu juga bisa memilih jalur Clereng, melalui jalur ini kamu akan melewati daerah persawahan masyarakat sekitar. Keuntungan lewat rute Clereng adalah tidak seberat melalui jalur Sermo, dan juga lebih cepat menuju ke wisata alam kalibiru. Namun secara umum, kedua rute baik Sermo ataupun Clereng sama bagusnya, kondisi jalan sudah sama-sama mulus beraspal.

Kamu tidak perlu khawatir tersesat, karena sudah ada petunjuk jalan yang akan mengantarkan kamu menuju ke kawasan wisata Kalibiru. Jika kamu ragu, saya sarankan untuk bertanya langsung ke masyarakat sekitar. Pokoknya asal berani bertanya, insyaallah tidak akan sesat di jalan.

Aktifitas dan Pemandangan Alam Kalibiru

Sebelumnya, untuk masuk area wisata kamu harus membayar untuk tiketnya. Tiket wisata kalibiru terakhir kali saya ke sana akhir tahun 2015 adalah Rp. 10.000. Murah kan? Jauh jika dibandingkan keindahan alam dan pengalaman perjalanan yang akan kamu dapatkan di sini. Itu hanya untuk tiket masuk kalibiru, kalau untuk biaya wisata alam kalibiru secara keseluruhan ya itu relatif, tergantung aktifitas apa yang dilakukan di sana. Berikut ini beberapa aktifitas yang bisa kamu lakukan di wisata alam kalibiru kulon progo.

Ada berbagai aktifitas yang bisa kamu nikmati di wisata alam kalibiru. Kamu bisa menjelajah jalur trekking wisata alam kalibiru yang cukup luas dan lumayan menguras tenaga. Sambil menjelajah jalur trekking kamu juga bisa menemukan spot-spot menarik untuk pengambilan foto. Ada beberapa spot pohon foto yang menjadi favorit bagi semua orang saat berkunjung ke wisata alam kalibiru ini. Namun kamu harus rela bersabar ngantri jika ingin ikut narsis di spot yang mereka sebut sebagai"pohon foto" ini, karena antriannya sangat panjang, dari pagi sampai sore tidak pernah berhenti antriannya. Wajar saja, karena memang pengambilan foto di pohon foto ini akan menghasilkan gambar dengan background view pemandangan alam dan waduk sermo yang luar biasa indah bak panorama surga.

Ada juga permainan high ropes. Di sini kamu bisa berjalan di atas jembatan kayu yang disusun sambung menyambung dengan tali dan tergantung di ketinggian, berjalan di atas jaring, berjalan di atas tali tunggal, sampai mencoba flyingfox. Bagi kamu yang mengaku pemberani dan suka tantangan, wajib mencoba permainan high ropes ini di wisata alam kalibiru.

Saat lelah setelah beraktifitas dan menjelajah wisata alam kalibiru, kamu bisa beristirahat sejenak sambil menikmati makanan dan minuman di warung-warung sekitar. Mulai warung bergaya cafe sampai warung lesehan biasa sudah ada semua. Harga dijamin ramah kantong, sangat terjangkau.

obyek wisata alam kalibiru yogyakarta

obyek wisata alam kalibiru yogyakarta

obyek wisata alam kalibiru yogyakarta

obyek wisata alam kalibiru yogyakarta

Jika punya banyak waktu, kamu juga bisa menyaksikan senja ataupun awal pagi yang sangat menakjubkan melalui ketinggian kalibiru ini. Ada homestay setempat yang bisa kamu jadikan sebagai tempat penginapan.

Itulah keindahan wisata alam kalibiru yang baru-baru ini banyak diperbincangkan orang. Setuju kan kalau kita sebut keindahan alam di Kalibiru ini bak panorama surga? So, kapan mau ke sini?.

1 komentar so far

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.


EmoticonEmoticon