Manfaat Buah Sirsak dan Gizinya untuk Kesehatan

Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan - Buah sirsak sudah sangat popular di Indonesia. Terutama untuk sajian-sajian aneka minuman. Entah itu dalam bentuk jus, sirup, dan sebagainya. Dan kita semua pasti setuju bahwa buah yang satu ini memang lezat dan menyegarkan. Tapi bukan untuk tujuan konsumtif semata yang akan kita bahas di sini. Tapi lebih kepada manfaat buah sirsak dan kandungan gizinya bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Buah Sirsak


Buah ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Kandungan sirsak meliputi 67,5 % pada daging buahnya, 20 % berupa kulit buah, 8,5 % bijinya, dan 4 % inti buah.

Selain air, buah sirsak juga kaya akan karbohidrat. Yaitu glukosa dan fruktosa, gula pereduksi dengan kadar 81,9 sampai 93, sekitar 6 % dari kandungan total gula.

Buah sirsak juga kaya akan vitamin C, per 100 gram daging buahnya mengandung sekitar 20 mg vitamin C. Kebutuhan vitamin C tiap orang per harinya adalah sekitar 60 mg. Artinya, hanya dengan mengkonsumsi 300 gram buah ini, kebutuhan vitamin C seseorang sudah cukup terpenuhi.

Selain itu, buah ini juga mengandung mineral. Fosfor dan kalsium adalah dua kandungan mineral yang paling dominan pada buah ini. Kandungannya masing-masing sebesar 27 mg fosfor dan 14 mg kalsium per 100 gram buah sirsak. Sebagaimana kita tahu bahwa kedua mineral tersebut sangat berperan penting untuk membantu pembentukan massa tulang, sehingga tulang menjadi kuat dan terhindar dari osteoporosis.

Bukan Cuma mengandung semua gizi di atas, buah ini juga banyak mengandung komponen nongizinya. Antara lain adalah banyak mengandung dietary fiber atau serat pangan, yang mencapai sekitar 3,3 gram per 100 gram daging buah.

Baca juga : Kenali manfaat buah sawo bagi kesehatan tubuh..

Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan


Mencegah Kanker


Manfaat buah sirsak yang pertama adalah membantu mencegah kanker. Pada biji, daun, dan batang sirsak terdapat fitokimia yang disebut Annonaceous acetogenins. Zat ini terbukti berperan dalam mencegah serangan dari kanker dan virus. Pada sebuah penelitian mengungkapkan bahwa zat Annonaceous acetogenins, kandungan pada buah sirsak ini dapat membantu membunuh sel ganas yang ada pada 12 jenis kanker. Seperti kanker usus besar, kanker payudara, paru-paru, prostat dan banyak jenis kanker lainnya.

Melancarkan buang air kecil


Selanjutnya adalah manfaat buah sirsak untuk melancarkan buang air kecil. Ternyata buah sirsak ini juga bisa dijadikan obat untuk melancarkan buang air kecil. Rutin mengkonsumsi jus sirsak bisa menjadi solusinya. Selain itu manfaat buah sirsak juga dapat mengatasi penyakit hati ringan serta haematuria, tercampurnya sel darah putih ke dalam urin.

Menjaga Kesehatan Tulang


Berikutnya manfaat buah sirsak untuk menjaga kesehatan tulang. Selain kandungan fosfor dan kalsium yang sudah disebutkan di atas, buah sirsak juga kaya mineral lain yaitu tembaga. Zat mineral tembaga ini membantu menyerap kalsium ke tulang, sehingga kebutuhan nutrisi tulang tetap terpenuhi.

Meningkatkan Energi


Pada buah sirsak juga mengandung zat yang disebut thiamine, zat yang berguna untuk meningkatkan energy pada tubuh. Sehingga dengan mengkonsumsinya, selain segar dan lezat, manfaat buah sirsak juga bisa meningkatkan energy tubuh untuk kembali bersemangat.

Mengobati Migrain


Manfaat buah sirsak yang kelima untuk membantu meredakan migrain. Buah sirsak juga mengandung vitamin B2 yang dikenal cukup efektif meredakan migrain. So, saat pusing menghampiri, mengkonsumsi buah ini bisa menjadi obat migraine yang menyegarkan.

Mencegah Anemia


Manfaat buah sirsak selanjutnya untuk mencegah anemia. Gejala anemia atau kurang darah bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Zat besi yang terkandung dalam buah ini juga dipercaya cukup efektif membantu meredakan gejala anemia.

Manfaat Biji Buah Sirsak


Selain daging, daun, dan batang, ternyata manfaat buah sirsak juga bisa dijumpai pada bijinya, yaitu kandungan zat emesis buah sirsak yang membantu mengurangi muntah dan mual.

Baca juga : Kenali manfaat buah sirsak untuk kecantikan kulit wajah..

Itulah dia buah sirsak yang sangat familiar di kehidupan kita sehari-hari dan cukup mudah kita temukan. Ternyata banyak manfaat buah sirsak untuk kesehatan tubuh.


EmoticonEmoticon