7 Tempat Wisata di Yogyakarta - yang Paling Populer dan Ikonik dari Kota Jogja

Tempat Wisata di Yogyakarta - Daerah Istimewa Yogyakarta atau yang sering disebut Jogja merupakan salah satu destinasi wisata paling digemari - selain Pulau Bali - oleh para wisatawan dari berbagai penjuru daerah di Indonesia dan dunia. Setiap harinya daftar tempat wisata di Yogyakarta selalu ramai dibanjiri pengunjung. Daerah yang juga dikenal sebagai kota pendidikan tersebut memiliki potensi pariwisata yang sangat kaya dan menarik dibandingkan dengan daerah lainnnya di Indonesia. Karena kategori tempat wisata di Yogyakarta sangat beragam, dari mulai wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya dan kesenian, dan bermacam-macam jenis wisata yang lain bisa kita jumpai di kota ini. 

7 Tempat Wisata di Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi


Ada banyak sekali tempat wisata di Yogyakarta yang sangat menarik untuk dikunjungi. Namun tidak semuanya mewakili nama Jogja. Dan berikut ini adalah 7 tempat wisata di Yogyakarta yang paling ikonik dan populer. Artinya, beberapa tempat wisata di Yogyakarta ini adalah menjadi ciri khas atau menjadi representasi dari kota Yogyakarta. Belum dianggap sempurna kalau seseorang berkunjung ke Yogyakarta tapi belum mengunjungi ketujuh tempat wisata ini. Langsung saja simak ulasannya satu per satu.

1. CANDI PRAMBANAN

Tempat Wisata di Yogyakarta candi prambanan

Tempat wisata di Yogyakarta yang pertama adalah candi Prambanan atau kita kenal juga sebagai candi Loro Jonggrang. Berlokasi di dua wilayah administrasi sekaligus, Sleman dan Klaten. Memang lokasi candi Prambanan ini unik, letak candinya masuk wilayah desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman. Sedangkan pintu masuk ke komplek candi berada di desa Tlogo, Prambanan, Klaten. 

Candi Prambanan merupakan candi hindu terbesar di Indonesia, bahkan disebut sebagai salah satu yang terindah di Asia Tenggara. Dibangun pada abad ke-9, sekitar tahun 850 M. Candi kebanggaan masyarakat Jogja dan Klaten ini juga masuk sebagai salah satu situs warisan dunia oleh Unesco pada tahun 1991. Oleh karena statusnya warisan dunia, tidak heran jika banyak wisatawan asing yang berkunjung ke kawasan candi Prambanan. Seperti terlihat, candi ini memang sangat indah. Bentuk bangunan yang tinggi dan ramping serta ukiran relief di sekeliling bangunan ini turut memperindah arsitekturnya. Konon relief tersebut berkisah tentang Krishyana dan Ramayana.

Meskipun sudah mengalami banyak renovasi, kamu tetap bisa menikmati struktur keindahan arsitektur kuno yang sangat menawan dari bangunan candi Prambanan. Kamu juga akan mendapat banyak pengetahuan tentang seni dengan melihat berbagai bentuk relief, arca, prasasti, dan candi-candi kecil lainnya. Pada momen-momen besar agama hindu, kawasan candi Prambanan ini juga biasa digunakan untuk mengadakan upacara keagamaan dan sangat ramai pengunjung.

2. KERATON YOGYAKARTA

Tempat Wisata di Yogyakarta keraton

Tempat wisata di Yogyakarta selanjutnya adalah Keraton Yogyakarta, ikon dari kesultanan Ngayogyakarta. Terletak di sebelah selatan alun-alun utara Kota Yogyakarta. Berjarak sekitar 50 meter dari Jalan Malioboro.

Keraton Yogyakarta merupakan bangunan bersejarah yang menjadi tempat tinggal Sultan Yogyakarta dan para keluarganya. Di kawasan keraton, terdapat berbagai hasil kebudayaan Jawa seperti batik, lukisan, foto raja-raja jawa, benda-benda kesenian tradisional, pusaka, dan sebagainya. Selain menikmati wisata budaya, kamu juga dapat menikmati pagelaran seni tarian khas Jawa, seperti tari serimpi. Yang terpenting, di sini kamu melihat salah satu contoh tata ruang dan arsitektur istana jawa terbaik. Sebagian besar arsitekturnya memang bergaya Jawa Tradisional, namun di beberapa bagian tertentu ada perpaduan antara seni arsitektur Belanda, Porugis, dan Cina.

Sebenarnya banyak makna filosofis dan mitos yang sangat kental di sekitar keraton Yogyakarta. Kamu bisa menambah wawasan dan memahaminya dengan minta penjelasan ke tour guide yang ada di situ. Ada banyak penjual souvenir juga di sekitar sini yang bisa kamu beli sebagai oleh-oleh khas ala Keraton Yogyakarta.

3. MALIOBORO

Tempat Wisata di Yogyakarta malioboro

Berikutnya adalah tempat wisata di Yogyakarta yang juga sangat ikonik, yaitu malioboro. Berlokasi di Jalan Malioboro, Kota Yogyakarta.

Malioboro merupakan sebuah jalan yang paling terkenal di Yogyakarta. Penamaan Malioboro berasal dari bahasa Sansekerta yang bermakna karangan bunga. Malioboro adalah kawasan pusat perbelanjaan yang sangat lengkap. Mulai dari benda-benda kerajinan tradisional khas Yogyakarta sampai Mall pusat perbelanjaan modern ada semua di sini. Ada juga kawasan wisata kuliner di pinggiran jalan Maliboro yang siap menjadi transit untuk rasa laparmu. Yang paling menarik, Maliboro juga terkenal sebagai salah satu tempat berkumpulnya para seniman Yogyakarta. Kamu akan menyaksikan pertunjukan-pertunjukan seni menarik di kawasan obyek wisata Malioboro. Seperti para seniman yang menampilkan keindahan harmoni musik angklung. Pada malam hari biasanya lebih banyak lagi, ada seni melukis, pantomim, dan banyak lagi.   

4. GUNUNG MERAPI

Tempat Wisata di Yogyakarta gunung merapi

Tempat wisata di Yogyakarta yang paling ikonik selanjutnya adalah salah satu Gunung teraktif di Indonesia, yaitu gunung merapi. Berlokasi di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah. 

Gunung Merapi merupakan satu-satunya gunung yang ada di Jogja. Gunung ini memang memiliki pemandangan yang sangat mempesona dan sudah populer di kalangan para pendaki. Yang perlu diperhatikan adalah butuh persiapan yang benar-benar matang, karena Gunung Merapi ini cukup berbahaya. Tingkat kesulitan mendakinya mungkin akan berubah dari waktu ke waktu, karena Gunung ini rutin mengalami erupsi yang membuat tekstur tanah di sekitar jalur pendakian juga berubah.

Ada 4 jalur pendakian yang biasa ditempuh untuk sampai ke puncak Merapi. Yaitu jalur Boyolai, Kaliurang, Magelang, dan Klaten. Masing-masing jalur pendakian menghabiskan waktu tempuh yang berbeda-beda. Tapi jalur yang paling umum, tercepat, dan aman adalah melalui Desa Selo, Boyolali. Butuh waktu sekitar 5 jam jika lewat jalur Boyolali. Dari puncak gunung, kamu dapat melihat keindahan panorama sekitar Merapi.

5. ISTANA AIR TAMAN SARI

Tempat Wisata di Yogyakarta taman sari

Tempat wisata di Yogyakarta yang kelima adalah Istana Air Taman Sari. Berlokasi di Jalan Ngasem, Kota Yogyakarta. Tidak jauh dari Keraton Yogyakarta.

Obyek wisata Istana Air Taman Sari atau Water Castle Tamansari dulunya adalah kebun atau taman istana Keraton Yogyakarta yang digunakan sebagai tempat rekreasi untuk keluarga kesultanan Yogyakarta dan juga pernah dijadikan sebagai benteng pertahanan. Sekarang, Istana tersebut sudah dialihfungsikan menjadi tempat wisata umum di Yogyakarta. Kawasan istana tersebut dikelilingi bangunan-bangunan seperti benteng kuno. Udaranya segar dan berbau harum karena terdapat banyak kolam buatan dan kebun bunga.

6. PANTAI PARANGTRITIS

Tempat Wisata di Yogyakarta parangtritis

Tempat wisata di Yogyakarta selanjutnya adalah Pantai Parangtritis. Berlokasi di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul. Berjarak sekitar 25 km ke arah selatan dari pusat Kota Yogyakarta.

Pantai Parangtritis adalah wisata pantai yang paling ikonik di Yogyakarta. Apalagi pantai ini sering juga dijadikan tempat perayaan upacara adat tertentu oleh keraton kaitannya dengan Nyi Roro Kidul yang biasa dikenal sebagai Ratu Pantai Selatan. Pantai Parangtritis memiliki arus ombak yang besar, sehingga ada batas tegas untuk tidak melewati area pantai tertentu yang dinilai cukup berbahaya. 

Pemandangan di Pantai Parangtritis sangat unik, tidak seperti di pantai-pantai lain pada umunya. Di sekitar pantai ini terdapat gunung-gunung pasir atau biasa disebut Gumuk yang menambah kesan keindahan lain di Parangtritis. Ada juga kereta kuda untuk menyusuri garis pantai yang memanjang dari timur ke barat. Kamu juga dapat bermain paralayang di Bukit Parangndog (parang endog) yang berada di dekat pantai ini. Ada semacam mitos tertentu untuk tidak mengenakan pakaian berwarna hijau ketika berkunjung ke pantai ini. Kalau ini terserah kamu untuk percaya atau tidak.

7. PANTAI BARON

Tempat Wisata di Yogyakarta pantai baron

Rekomendasi tempat wisata di Yogyakarta yang terakhir adalah Pantai Baron, berlokasi di Desa Kemadang, Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Sekitar 65 km dari pusat kota Jogja. Pantai Baron mungkin tidak terlalu ikonik seperti Parangtritis, namun Pantai ini memiliki pemandangan yang unik dan memukau karena berupa sebuah teluk yang diapit oleh dua buah bukit. Di pantai ini kamu bisa melakukan berbagai aktifitas seperti di pantai pada umumnya. Keindahan pantai Baron juga bisa kamu nikmati dari atas bukit yang ada di sekitar. Di sini juga terdapat berbagai fasilitas menarik seperti wahana tempat bermain anak-anak, para penjual cinderamata, dan perahu mesin. Uniknya, di pantai ini ada semacam sungai yang menyatu dengan laut tapi airnya tawar, kamu bisa buktikan sendiri gejala aneh ini saat di sana. (baca juga: Indrayanti, Pantai cantik di Gunungkidul)

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Yogyakarta yang paling populer dan menjadi ikon dari kota Yogyakarta. Pastikan untuk berkunjung ke tempat-tempat wisata tersebut saat kamu berkunjung ke Yogyakarta.


EmoticonEmoticon