Mudah Sekali, Cara Print File dari Android Menggunakan Cloud Print

Jika kamu memiliki perangkat android ataupun tablet dan kamu ingin mencetak file gambar, email, atau dokumen ke printer, maka kamu sekarang bisa melakukannya dengan mudah menggunakan bantuan cloud print.

Apa itu Cloud Print?


Cloud print adalah aplikasi gratis yang dikembangkan oleh google yang akan memudahkan pengguna untuk mencetak file secara langsung ke printer melalui perangkat android. Aplikasi ini hamper mendukung semua jenis printer, hanya saja disarankan dengan printer yang sudah termasuk jenis cloud ready printer untuk hasil yang lebih memuaskan, karena tipe printer ini bisa langsung terhubung ke internet tanpa melalui komputer. Biasanya printer jenis terbaru zaman sekarang sudah cloud ready printer.

Jika printer kamu masih tergolong klasik dan belum mempunyai fitur cloud ready printer, kamu masih bisa menghubungkan printer ke google cloud print melalui perantara computer. Untuk itu, kamu harus menambahkan jenis printer yang kamu gunakan ke cloud print.

Cara Menambahkan Printer ke Google Cloud Print


Untuk menambahkan jenis printer yang kamu gunakan ke google cloud print, ikuti langkah-langkah berikut ini :
  • Buka aplikasi google chrome yang ada di computer. Jika belum punya kamu bisa mendownload dan menginstallnya terlebih dahulu.
  • Selanjutnya masuk ke menu “settings” pada google chrome, kemudian klik “sign in to chrome” menggunakan akun gmail. Pastikan kamu sign in menggunakan akun gmail sama dengan yang kamu gunakan untuk akun android, karena dengan begitu printer nanti akan sinkron dengan perangkat androidmu.
print file melalui android

  • Klik ‘Show advanced settings’. Gulir ke bawah nanti akan terlihat bagian Google Cloud Print, kemudian klik ‘Manage’. 
print file melalui android

  • Klik tombol “add printers” pada bagian classic printers.
print file melalui android

  • Nanti akan muncul pesan dialog. Pilih printer yang terhubung ke computer kemudian klik “add printer(s)”.
print file melalui android



Sampai langkah ini printer milikmu sudah masuk ke google cloud print. Langkah selanjutnya adalah melakukan proses mencetak melalui perangkat android. Umumnya, perangkat android 4.4 ke atas sudah terintregasi dengan fungsi cloud print. Untuk mengaktifkannya yaitu cukup dengan masuk ke menu Settings -> Printing kemudian hidupkan dengan mengubahnya ke mode ON.

Jika perangkat android kamu belum support fungsi ini, kamu bisa menginstall cloud print melalui google play store.

Proses mencetak file ke printer melalui perangkat android


Sebelum memulai proses mencetak, pastikan bahwa computer yang terhubung ke printer sudah tersambung ke koneksi internet dan printer dalam keadaan aktif. Pastikan juga untuk mengaktifkan cloud print melalui perangkat android setelah terinstall. Setelah semua persiapan di atas sudah dilakukan, ikuti langkah berikut :

  • Buka file gambar atau dokumen di perangkat android yang ingin dicetak ke printer
  • Selanjutnya akan muncul pilihan “print”, klik dan selanjutnya akan diarahkan ke aplikasi cloud print.
  • Pilih printer yang terhubung ke computer dan sudah terdaftar ke google cloud print. Kemudian klik "icon printer" dan file akan segera tercetak melalui printer.

print file melalui android

Selain file gambar atau dokumen, kamu juga bisa mencetak halaman web melalui perangkat android. Yaitu dengan cara klik tombol “share”, kemudian pilih “cloud print”.

print file melalui android

Baca juga : 4 Metode untuk Membaca Pesan Whatsapp Tanpa Ketahuan si Pengirim...

Itulah tips tentang cara mencetak file berupa gambar atau dokumen ke printer melalui perangkat android. Semoga pembahasan ini bermanfaat buat para pembaca. Jangan lupa share jika tulisan ini cukup menarik untuk diketahui teman-temanmu yang lain.


EmoticonEmoticon