7 Tempat Wisata Keren di Banten yang Tidak Akan Mengecewakanmu

Tempat Wisata di Banten - Banten adalah provinsi hasil pemekaran dari wilayah Jawa Barat. Provinsi yang terletak di paling barat pulau Jawa ini ternyata menyimpan banyak tempat wisata yang cukup menarik dan ramai dikunjungi khususnya oleh warga Jakarta dan sekitarnya. Sama seperti daerah lainnya, berbagai tempat wisata di Banten juga mempunyai keunikan dan daya tarik tersendiri. Baik wisata alamnya, wisata bahari, wisata religi, dan lain sebagainya. Penasaran seperti apa obyek wisata yang disuguhkan provinsi Banten? Simak ulasan saisane berikut ini. (baca juga: 7 Tujuan wisata asyik di Jakarta)

7 Rekomendasi Tempat Wisata di Banten dan Sekitarnya


Berikut ini adalah 7 yang paling terkenal dari beberapa daftar tempat wisata di Banten. Jika kamu berkesempatan singgah di Banten, jangan lupa untuk mengunjungi beberapa tempat wisata keren di Banten ini.

1. PANTAI ANYER, SERANG

tempat wisata di banten pantai anyer

Yang pertama ada Pantai Anyer, objek wisata di Serang Banten yang berlokasi di tepian Selat Sunda, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang. Sekitar 38 km dari Kota Serang, 150 km dari Kota Jakarta.

Pantai Anyer merupakan tempat wisata bahari di Banten yang paling populer dan ramai dikunjungi oleh wisatawan terutama dari Jakarta dan Lampung. Di pantai ini, kamu bisa melakukan aktivitas seperti berenang, bermain bola, bersepeda, menikmati pemandangan sunset di petang hari dan menyantap sajian makanan laut.

Pantai Anyer adalah salah satu tempat wisata di Banten yang sudah lama terkenal sebagai tujuan favorit, baik bagi wisatawan domestik dan mancanegara. Untuk kamu yang ingin menginap dan stay untuk beberapa hari, jangan khawatir, sudah ada tempat penginapan terdekat di sekitar Pantai Anyer ini.

2. TAMAN NASIONAL UJUNG KULON

tempat wisata di banten taman nasional ujung kulon

Taman Nasional Ujung Kulon adalah tempat wisata di Banten yang berlokasi di Kecamatan Cimanggu dan Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang. Sekitar 140 km dari ibukota Provinsi Banten, Kota Serang.

Taman Nasional Ujung Kulon merupakan tempat konservasi badak bercula satu dan beberapa fauna langka lainnya yang dilindungi oleh negara seperti banteng, kancil, kijang, kukang, rusa, dll. Kawasan taman nasional ini meliputi wilayah Pandeglang, Krakatau dan beberapa pulau kecil dekat Samudera Hindia. Sejak tahun 1992, taman nasional seluas 122.956 hektar ini dijadikan sebagai situs warisan dunia (World Heritage) untuk kategori cagar alam oleh UNESCO (salah satu badan PBB).

Taman Nasional Ujung Kulon juga menyuguhkan pesona alam yang sangat menarik, karena di sana kamu juga bisa menikmati keindahan alam lainnya, seperti ; air terjun, sungai, sumber air panas, pepohonan besar, padang rumput, pantai berpasir putih hingga taman laut.

3. KAMPUNG BADUY

Tempat Wisata di Banten kampung baduy

Selanjutnya ada Kampung Baduy, tempat wisata di Banten yang berlokasi di Desa Cibeo, Kabupaten Lebak. Sekitar 40 km dari Rangkasbitung.

Bagi sahabat travelers yang penasaran dengan kehidupan sehari-hari masyarakat pedalaman Banten silakan berkunjung ke Kampung Baduy. Suku Baduy terbagi atas dua, yaitu suku baduy dalam dan suku baduy luar. Persamaannya adalah mereka tidak menggunakan alas kaki, teknologi dan transportasi modern. Sedangkan perbedaannya adalah suku baduy luar rentan untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman, sedangkan baduy dalam tidak mau dipengaruhi oleh perkembangan ini.

Yang menjadi daya tarik dari salah satu tempat wisata di Banten ini adalah lingkungan tempat tinggal mereka yang masih alami dan asri. Jika kamu berminat ke sana, gunakanlah jasa pemandu wisata. Kenapa? Karena ada beberapa adat istiadat dan larangan yang tidak boleh dilakukan di sana. Pokoknya, di kampung ini kamu akan benar-benar merasa menyatu dengan alam.

4. ARUNG JERAM SUNGAI CIBERANG

Tempat Wisata di Banten arung jeram sungai ciberang

Berikutnya adalah Arung Jeram Sungai Ciberang, tempat wisata di Banten yang berlokasi di Kampung Muara, Desa Banjar Sari, Kecamatan Lebak Gedong, Kabupaten Lebak.

Arum Jeram Sungai Ciberang ini sangat cocok bagi kamu yang suka tantangan. Karena nyalimu di sini akan diuji saat rafting melewati arus Sungai Ciberang yang cukup deras. Panjang trek lintasannya terbagi dua, ada yang 10 km dengan estimasi waktu 2 jam, ada juga 25 km dengan estimasi waktu 5,5 jam. Setelah berhasil melewati trek rafting di sungai ini, kamu akan mendapat sertifikat dari Federasi Arum Jeram Indonesia (FAJI). Keren kan?

5. MASJID AGUNG BANTEN

Tempat Wisata di Banten masjid agung banten

Yang kelima ada Masjid Agung Banten, tempat wisata di Banten yang berlokasi di Jl. Banten Lama, Kecamatan Kasemen, Kota Serang. Sekitar 10 km dari Kota Serang.

Masjid Agung Banten merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia dan menjadi simbol bersejarah bagi penyebaran Islam di Pulau Jawa. Masjid yang berdiri sejak tahun 1596 ini berarsitekturkan antara perpaduan budaya Hindu, China, Jawa, dan Eropa.

Yang menarik dari Obyek wisata Masjid Agung Banten ini adalah adanya 24 tiang penyangga atap yang memiliki makna simbolik sebagai waktu dalam sehari, 24 jam. Masjid ini juga memiliki menara yang bentuknya mirip seperti mercusuar. Manara berketinggian 24 meter ini terletak di sebelah timur masjid. Kerennya, dari atas menara kamu bisa menikmati pemandangan sekitar masjid dan pantai.

6. PULAU SANGIANG

Tempat Wisata di Banten pulau sangiang

Selanjutnya ada Pulau Sangiang, tempat wisata di Banten yang berlokasi di Desa Cikoneng, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang. Sekitar 45 menit dari Anyer.

Tempat ini berupa pulau kecil yang kemudian dijadikan sebagai Taman Wisata Alam sejak tahun 1993. Pulau ini menawarkan pemandangan panorama pantai yang sangat indah, pasir putih dan birunya laut, serta beragaman flora dan fauna. Di Pulau Ini kamu juga bisa menikmati aktifitas wisata bahari lainnya seperti; scuba diving, snorkeling, fishing. Menariknya lagi, di pulau Sangiang ini ada benteng bekas pertahanan Jepang yang merupakan peninggalan sejarah Perang Dunia ke-II.Tentunya semakin menambah nuansa alam pulau Sangiang yang menarik.

7. RAWA DANO
tempat wisata di banten rawa dano

Terakhir, Rawa Dano, tempat wisata di Banten yang berlokasi di Kampung Panenjoan, Desa Luwuk, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Serang. Sekitar 100 km dari Kota Jakarta.

Bagi kamu yang sudah bosan dengan obyek wisata pantai, kamu bisa memilih Rawa Dano sebagai destinasi wisata alternatif yang gak gitu-gitu aja. Rawa Dano adalah tempat wisata di Banten berupa rawa yang konoon menurut ceritanya, dulunya merupakan bekas kepundan gunung berapi yang sudah tidak aktif. Dinamai Rawa Dano karena berbentuk danau yang ditutupi oleh rawa-rawa. (baca juga: 7 obyek wisata menarik di Lampung)

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Banten yang terkenal dan keren untuk kamu kunjungi. Keren kan? semoga bermanfaat dan perjalanan wisata kamu menyenangkan. have a nice trip.


EmoticonEmoticon