7 Tempat Wisata di Jakarta yang Melengkapi Kemegahan Ibukota

Tempat Wisata di Jakarta - Jakarta, Ibukota Negara RI yang sudah berumur 488 tahun ini merupakan salah satu kota tertua di Indonsia. Tak heran jika banyak peninggalan-peninggalan bersejarah di kota ini, seperti bangunan-bangunan tua berarsitektur khas Eropa di kawasan obyek wisata Kota Tua. Jakarta memang menjadi pusat pemerintahan dan sentral bisnis di Indonesia yang membuatnya menjadi kota yang sangat padat dan sibuk. Meskipun begitu, di tengah kemegahan dan gemerlapnya Jakarta, ada beberapa tempat wisata di Jakarta yang menarik untuk dikunjungi, mulai dari wisata sejarah, wisata alam, wisata bahari, dan wisata lainnya.

7 Tempat Wisata di Jakarta dan Sekitarnya yang Terkenal



Bagi kamu yang berencana berlibur ke Ibukota, berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata di Jakarta yang terkenal dan menyimpan daya tariknya sendiri dibanding dengan obyek wisata di daerah lain. Ketujuh tempat wisata di Jakarta ini juga akan menjadi obat bagi kamu di tengah hiruk pikuk ibukota yang mungkin membuatmu stress dan suntuk.

1. MONUMEN NASIONAL

Tempat Wisata di Jakarta

Yang pertama adalah Monumen Nasional, tempat wisata di Jakarta yang berlokasi di Jl. Pelataran Merdeka, Kelurahan Gambir, Jakarta Pusat. Monumen Nasional atau lebih dikenal dengan sebutan Monas merupakan monumen yang didirikan untuk mengenang jasa perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari penjajahan kolonialisme Belanda. Mahkota dari tugu ini berbentuk lidah api dan dilapisi emas yang melambangkan berkobarnya semangat perjuangan bangsa Indonesia pada masa itu. Seperti terlihat, Tugu monas dikelilingi taman, kolam, dan beberapa lapangan terbuka untuk berolahraga. Sekaligus mempercantik wajah monas yang berdiri gagah.

Para pengunjung biasa datang ke sini dengan tujuan utama untuk bisa masuk ke tugu monas. Di dalam tugu monas, kamu bisa melihat relief sejarah, museum sejarah, ruang kemerdekaan, sampai naik ke pelataran puncara monas. Dari puncak monas kamu bisa menyaksikan kemegahan Jakarta pusat sejauh mata memandang. 

2. TAMAN MINI INDONESIA INDAH (TMII)

Tempat Wisata di Jakarta

Selanjutnya adalah tempat wisata di Jakarta berupa taman wisata seluas 150 hektar, berlokasi di Jalan Taman Mini Indonesia Indah, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. TMII merupakan tempat wisata di Jakarta yang menampilkan miniatur atau gambaran kecil kebudayaan suku bangsa dan daerah di Indonesia.

Di taman ini terdapat anjungan/rumah adat dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia, mulai dari provinsi Aceh hingga provinsi Papua. Di dalam anjungan diisi oleh aneka busana dan tradisi daerah. Selain anjungan, juga terdapat Teater Keong Emas, Taman Burung, Museum Keprajuritan, Museum Transportasi, Museum Telekomunikasi, Museum Listrik dan Energi Baru, dan masih banyak lagi.

Jadi bukan hanya kesenangan yang kamu dapat dari perjalanan wisata ke TMII, tapi juga mendapat edukasi tentang keanekaragaman suku, bangsa, dan budaya di indonesia, yang akan membuatmu semakin bangga menjadi bagian dari bangsa besar Indonesia.

3. KOTA TUA

Tempat Wisata di Jakarta

Berikutnya adalah Kota Tua, tempat wisata di Jakarta yang berlokasi di Jalan Taman Fatahillah No. 1, Jakarta Barat. Kota Tua merupakan salah satu situs bersejarah di Kota Jakarta, karena kawasan ini sebagian besar didominasi oleh bangunan peninggalan penjajahan Belanda. Bagi kamu yang suka menelusuri nilai historis, kuliner, dan fotografi sangat cocok untuk mengunjungi tempat wisata di Jakarta ini. Banyak bangunan berarsitektur Eropa, seperti Museum Fatahilah, Museum Bank Indonesia, Museum Bank Mandiri, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Wayang, Cafe Batavia, Cafe Gazebo, dan lain-lain. Kabar gembiranya, pengunjung tidak dikenakan biaya masuk saat berkunjung ke Kota Tua.

4. HUTAN MANGROVE PANTAI INDAH KAPUK

Tempat Wisata di Jakarta

Keempat, ada tempat wisata di Jakarta yang disebut hutan mangrove pantai indah kapuk. Berlokasi di Jalan Pantai Indah Utara I Penjaringan, Jakarta Utara.

Siapa sangka jika Jakarta yang hanya dikenal dengan gedung-gedung tinggi pencakar langit dan pusat pemerintahan, ternyata juga memiliki hutan yang cukup indah, yaitu hutan mangrove yang ditumbuhi pepohonan bakau. Bagi kamu warga Jakarta yang suka dengan wisata alam sangat direkomendasikan untuk mengunjungi salah satu tempat wisata di Jakarta ini. Karena letaknya yang dekat dan biaya masuk yang terjangkau. Fasilitas yang terdapat di hutan mangrove cukup lengkap, diantaranya boat, kantin, tempat berkemah, toilet.

5. PULAU TIDUNG, KEPULAUAN SERIBU

Tempat Wisata di Jakarta

Selanjtnya adalah tempat wisata di Jakarta yang berlokasi di wilayah administratif Kabupaten Kepulauan Seribu. Sekitar 2 jam perjalanan dari pelabuhan Muara Angke menggunakan jasa speedboat.

Pulau Tidung merupakan salah satu pulau yang eksostis dan memiliki keindahan alam bawah laut yang tidak diragukan lagi. Selengkapnya bisa anda baca ulasannya di keindahan pulau tidung Kepulauan Seribu.

6. KEBUN BINATANG RAGUNAN

Tempat Wisata di Jakarta

Berikutnya ada Kebun Binatang Ragunan, tempat wisata di Jakarta yang berlokasi di Ragunan, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Kebun Binatang Ragunan merupakan kebun binatang Indonesia pertama yang didirikan pada 1864. Kebun binatang seluas 140 hektar ini menyimpan sekitar 50.000 pohon dan 2.000 ekor satwa.

Selain itu di kawasan Kebun Binatang Ragunan juga terdapat Pusat Primata Schmutzer yang menyimpan primata terbesar sekaligus terlengkap di dunia, seperti Beruk Lampung, Gorila, Monyet Ekor Panjang, Monyet Jepang, Owa Jawa, Siamang, dan primata lainnya.

7. DUFAN

Tempat Wisata di Jakarta

Terakhir ada Dufan, tempat wisata di Jakarta yang terletak di Jalan Lodan Timur No. 7, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara.

Dufan adalah tempat wisata di Jakarta berupa tempat hiburan yang didirikan sejak tahun 1986 yang menggunakan wahana modern berteknologi tinggi pertama di Indonesia. Sebagai tempat wisata edutainment bertaraf internasional, sudah banyak jenis wahana yang terdapat di dufan. Di antaranya Ice Age Artic Adventure, Treasureland Temple of Fire, Halilintar, Tornado, Hysteria, Istana Boneka, Parade Dunia Fantasi, dan lain-lain.

Itulah beberapa tempat wisata di Jakarta yang keindahannya melengkapi kemegahan Jakarta sebagai ibukota Negara. Jika kebetulan kamu sedang berlibur ke Jakarta, jangan lupa untuk mengunjungi obyek wisata tersebut. Saisane juga sarankan untuk sekalian berkunjung ke berbagai tempat wisata menarik di Jawa Barat dan sekitarnya yang masih dekat dengan Jakarta. Jadi kamu bisa sekaligus mengantongi banyak pengalaman berwisata saat pulang nanti. Semoga bermanfaat dan have a nice trip.


EmoticonEmoticon