7 Tempat Wisata di Sumatera Utara - Tengoklah ke Sini, Kau Pasti Akan Jatuh Hati

Daftar tempat wisata di  Sumatera Utara - Horas. Apa kabar sahabat travellers? Apa kalian sudah merencanakan tujuan berlibur yang akan datang? Kalau belum, dibawah ini Saisane punya info tentang beberapa tempat wisata di Sumatera Utara yang menarik dan bisa kamu jadikan referensi untuk menentukan tujuan destinasi wisata di sekitar Sumatera Utara.

Sumatera Utara adalah salah satu provinsi terbesar di Indonesia. Secara geografis, berbatasan dengan provinsi Aceh, Riau, dan Sumatera Barat. (baca juga: Destinasi wisata keren di riau)


7 Tempat Wisata di Sumatera Utara yang Indah dan Keren


Ada banyak sekali obyek wisata menarik di provinsi Sumatera Utara. Namun saisane akan memudahkan kamu dengan merangkum beberapa daftar obyek wisata pilihan di Sumatera Utara yang terkenal dan menarik untuk dikunjungi.  

1. ISTANA MAIMUN

Tempat Wisata di  Sumatera Utara istana maimun

Salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang paling populer adalah Istana Maimun. Yaitu istana kebesaran Kesultanan Deli yang dijadikan sebagai icon Kota Medan. Bangunan bersejarah ini berdiri di Jl. Brigjen Katamso, Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan.

Istana berwarna kuning ini memiliki arsitektur hasil kombinasi dari beberapa unsur kebudayaan, yaitu Kebudayaan Melayu, India, Italia dan Spanyol. Perpaduan beberapa kebudayaan inilah yang menjadikan Istana Maimun terkesan unik sekaligus termasuk salah satu istana terindah di Indonesia.

Memasuki bagian dalam Istana Maimun, kamu akan melihat barang-barang peninggalan Kesultanan Deli yang dipajang. Seperti pelaminan melayu, foto-foto, baju adat, dan senjata. Di luar ruangan istana kamu akan melihat tempat Meriam Putung.

Istana Maimun adalah salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang wajib kamu tambahkan ke daftar list liburanmu nanti.

2. DANAU TOBA

Tempat Wisata di  Sumatera Utara danau toba

Siapa yang tidak tahu Danau Toba? salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang sudah melegenda ini. Danau Toba merupakan danau vulkanis terluas di Indonesia sekaligus di dunia yang di tengah-tengahnya terdapat Pulau Samosir yang juga dihuni oleh masyarakat samosir. Untuk melintasi danau dan menuju pulau samosir kamu bisa memanfaatkan jasa sewa perahu atau boat.

Keindahan panorama alam Danau Toba adalah hal yang paling memikat dari tanah Sumatera Utara. Suasananya yang sejuk, hamparan pegunungan hijau, serta air jernihnya yang membiru akan memberikan kesan keindahan alam yang menakjubkan. Untuk melihat view terbaik dari danau ini, kamu bisa memilih untuk menginap di Kota Parapat. (baca: Pemandangan indah danau Toba dari Pulau Samosir)

3. BERASTAGI

Tempat Wisata di  Sumatera Utara berastagi

Jika kamu ingin mengunjungi tempat wisata di Sumatera Utara dengan hawa sejuk dan udara bersih seperti di Puncak Bogor, Di provinsi Sumatera Utara juga ada, kamu dapat mengunjungi Berastagi. Berastagi merupakan tempat wisata di Sumatera Utara beriklim dingin yang berada di dataran tinggi Kabupaten Karo. Berjarak sekitar 65 km dari Kota Medan.

Yang menjadikan tempat ini beriklim dingin adalah karena letaknya yang memiliki ketinggian 1300 m dari permukaan laut dan diapit oleh dua gunung berapi aktif yaitu Gunung Sinabung dan Gunung Sibayak.

Di Berastagi, kamu akan menikmati keindahan alam perkebunan, pepohonan, dan pemandangan hijaunya rumput-rumput sekitar perbukitan. Pastikan kamu membawa pakaian yang cukup tebal dan hangat saat berkunjung ke sini.

4. PULAU NIAS

Tempat Wisata di  Sumatera Utara pulau nias

Selain daya tarik pantainya yang bersih, ombak air laut Pulau Nias juga cocok dijadikan arena selancar. Di daereh ini kamu juga akan menyaksikan tradisi masyarakat lokal yang yang masih dipertahankan sampai sekarang, yaitu tradisi lompat batu. Tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan tradisi yang diabadikan di lembaran uang seribuan yang lama ini. Ini juga salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang cukup unik dan menarik untuk kamu kunjungi.

5. AIR TERJUN TELAGA DWI WARNA SIBOLANGIT

Tempat Wisata di  Sumatera Utara air terjun dwi warna sibolangit

Tempat wisata di Sumatera Utara yang satu ini terletak di pedalaman hutan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang. 2 jam perjalanan dari Kota Medan. Di tengah-tengah hutan Sibolangit terdapat air terjun dwi warna yang sangat indah. Diberi nama dwi warna karena air di telaga ini memang memiliki dua gradasi warna yang berbeda yaitu warna biru yang dingin dan warna putih keabu-abuan yang hangat. Di objek wisata ini kamu bisa berenang. Lebih asyik lagi kalau kamu memutuskan untuk berkemah di sini agar lebih menyatu dengan alam. (selengkapnya: air terjun keren dwi warna sibolangit)

6. TAMAN WISATA ROHANI SALIB KASIH

Tempat Wisata di  Sumatera Utara salib kasih

Berlokasi di Kecamatan Siatas Barita, Kabupaten Tapanuli Utara. Tempat wisata di Sumatera Utara yang satu ini merupakan tempat wisata rohani berupa taman wisata yang dibuat untuk mengenang jasa DR. Ingwer Ludwig Nommensen yang berjasa menyebarkan agama Kristen di sana. Bangunan Salib kasih dibangun pada tahun 1993 di Dolok Siatas Barita. Banyak orang mengatakan bahwa belum lengkap berwisata ke Kota Tarutung apabila belum mengunjungi tempat wisata ini.

7. AIR TERJUN SIPISO-PISO TONGGING

Tempat Wisata di  Sumatera Utara sipiso-piso tongging

Yang terakhir, ada tempat wisata di Sumatera Utara bernama  air terjun sipiso-piso tongging. Selain keindahan dari air terjun dwi warna, juga terdapat air terjun Sipiso-Piso yang tidak kalah indah. Tempat wisata di Sumatera Utara yang berlokasi di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Tanah Karo ini adalah salah satu air terjun tertinggi di Indonesia, yaitu dengan ketinggian 100 m. nomor X di Indonesia.

Dari puncak bukit kamu bisa melihat pemandangan Tanah Karo. Air terjun Sipiso-piso ramai dikunjungi oleh wisatawan domestik dan mancanegara. Sayang rasanya jika kamu tidak menyempatkan diri berkunjung ke air terjun Sipiso-piso Tongging ini.
Itulah 7 tempat wisata di Sumatera Utara yang wajib kamu kunjungi. Keindahan alam dan kekayaan budayanya membuktikan bahwa tempat wisata di Sumatera Utara juga tidak kalah menarik dengan tempat lainnya. Pastikan kamu memasukkan beberapa tempat wisata di Sumatera Utara ini ke dalam list yang akan kamu kunjungi suatu saat nanti.


EmoticonEmoticon