7 Tempat Wisata di Lampung - Kecantikan Obyek Wisata di Ujung Selatan Pulau Sumatera

Tempat wisata di Lampung - Provinsi Lampung merupakan provinsi yang berada di bagian paling selatan Pulau Sumatera. Ada beragam suku bangsa yang tinggal di sini, di antaranya suku Lampung, Melayu, Minang, Jawa, Tionghoa dan suku lainnya. Dibalik keberagaman suku bangsa yang hidup di Lampung ini, ternyata banyak juga keberagaman tempat wisata di Lampung yang menarik. Penasaran apa saja tempat wisata yang bagus untuk dikunjungi di Lampung?

Rekomendasi 7 Tempat Wisata di Lampung yang Keren


Saat kamu berkunjung ke provinsi Lampung, jangan lupa untuk berwisata ke beberapa tempat wisata di Lampung yang saisane rekomendasikan ini. Keindahannya akan menjadi oleh-oleh yang sangat berharga dari perjalananmu. (baca juga: Tujuan wisata favorit di Sumatera Selatan)

1. MENARA SIGER

tempat wisata di lampung menara siger

Yang pertama, tempat wisata di Lampung berbentuk menara yang berlokasi di Bukit Gamping, Jalan Raya Trans Sumatera, Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan. Bagi kamu yang sudah terbiasa menyeberangi selat sunda menggunakan kapal ferry dan berlabuh di pelabuhan Bakaheuni, pasti sudah pernah melihat menara Siger ini dari kejauhan.

Menara Siger adalah ikonnya provinsi Lampung yang sekaligus menjadi titik nol untuk wilayah Sumatera di selatan. Kamu bisa melihat keindahan panorama laut dan alam sekitarnya melalui menara ini. Menara siger bukan hanya sebatas ikon pariwisata, tapi lebih dari itu menara Siger adalah simbol segalanya. Setiap bangunan, warna, dan corak dari Menara Siger ini menyimpan makna filosofis yang menggambarkan masyarakat Lampung.

2. GUNUNG ANAK KRAKATAU

tempat wisata di lampung anak gunung krakatau

Selanjutnya adalah tempat wisata di Lampung yang sudah sangat populer, yaitu Krakatau. Berlokasi di Selat Sunda (perairan yang berada diantara Pulau Sumatera dan Pulau Jawa). Gunung Krakatau pernah meletus di tahun 1883 dan meninggalkan Gunung Anak Krakatau, yang setiap tahun tingginya semakin bertambah karena aktivitas gunung aktif ini.

Untuk mengunjungi Gunung Krakatau, saisane sarankan agar kamu menggunakan jasa tour yang dikelola oleh travel agent. Nantinya mereka juga akan menguruskan izin masuk ke Balai Konservasi Lampung. Karena saat ini, selain sebagai salah satu tempat wisata di Lampung, kawasan Gunung Krakatau ini sudah juga dijadikan sebagai kawasan konservasi alam oleh pemerintah setempat.

3. PANTAI TANJUNG SETIA

tempat wisata di lampung pantai tanjung setia

Mencari tempat wisata pantai di Lampung yang bisa dijadikan tempat surfing berkelas dunia, kamu bisa berkunjung ke Pantai Tanjung Setia. Pantai ini berlokasi di Desa Tanjung Setia, Pesisir Selatan Kabupaten Lampung Barat, Povinsi Lampung. Untuk menuju pantai ini, kamu harus menempuh perjalanan sekitar 270 km atau lebih kurang 6,5 jam perjalanan dari Kota Bandar Lampung.

Buat kamu yang hobi berselancar, kamu bisa bandingkan keganasan ombak di Pantai Tanjung Setia ini dengan ombak yang berada di pantai lainnya. Banyak dari peselancar dunia yang berkunjung ke tempat ini menganggap bahwa kondisi ombak di Pantai Tanjung Setia ini sama bagusnya dengan ombak yang berada di Hawai. Wow.. keren ya ternyata tempat wisata di Lampung ini.

4. PANTAI PASIR PUTIH

Tempat Wisata di Lampung yang Terkenal pantai pasir putih

Berikutnya tempat wisata di Lampung dengan keindahan pantai pasir putihnya. Berlokasi di Desa Tarahan, Kabupaten Lampung Selatan. Sekitar 22 kilometer atau 30 menit dari pusat kota Bandar Lampung. Pemandangan indah pasir putihnya dengan ombak pantai yang tenang, ditambah lagi dengan pepohonan di sekitar pantai serta birunya air laut, akan menyajikan keindahan dan suasana alam yang sedap dipandang mata.

Pantai Pasir Putih adalah salah satu tempat wisata di Lampung yang menawarkan pemandangan alam memukau. Sunset di Pantai ini sangat menawan. Keindahannya tidak kalah dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Indonesia. Tak heran banyak wisatawan yang berasal dari dalam dan luar negeri yang berkunjung ke Pantai Pasir Putih.

5. TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS

tempat wisata di lampung taman nasional way kambas

Yang kelima ada taman nasional Way Kambas. Tempat wisata di Lampung yang berlokasi di Desa Rajabasa, Kecamatan Labuhan Ratu, Kabupaten Lampung Timur. Sekitar 2 jam dari pusat  Kota Bandar Lampung.

Taman Nasional Way Kambas adalah taman nasional tertua di Indonesia. Tempat ini biasa dijadikan sebagai tempat penangkaran, pelindungan, dan pelatihan gajah. Selain fauna Gajah, ada juga harimau sumatera dan badak sumatera. Taman Nasional Way Kambas adalah salah satu tempat wisata di Lampung yang sangat menyenangkan untuk kamu kunjungi bersama keluarga.

6. TELUK KILUAN
tempat wisata di lampung teluk kiluan

Tempat wisata di Lampung yang satu ini masih tentang keindahan laut di kawasan Lampung, yaitu Teluk Kiluan. Berlokasi di Desa Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus. Sekitar 90 kilometer dari Kota Bandar Lampung.

Di teluk ini, kamu bisa menyaksikan pergerakan lumba-lumba secara langsung yang muncul pada waktu musim kemarau, sekitar bulan April-September. Di sini ada Jukung, semacam perahu motor kecil yang ramping dan panjang, biasa digunakan untuk melihat lumba-lumba dan berkunjung ke Pulau Kiluan. Pastikan Teluk kiluan ini harus jadi salah satu target tempat wisata di Lampung yang wajib kamu kunjungi.

 7. PULAU KUBUR

tempat wisata di lampung pulau kubur

Dan yang terakhir ada Pulau Kubur, tempat wisata di Lampung yang berlokasi di Teluk Lampung, Pesisir Bandar Lampung. Selain Teluk Kiluan, tempat wisata di Lampung yang juga menawarkan keindahan yang tidak kalah menarik adalah Pulau Kubur. Pulau yang memiliki area seluas 5 hektar ini dinamakan Pulau Kubur karena konon dahulu tempat ini dijadikan sebagai tempat upacara penaburan abu jenazah ke lautan.

Buat kamu yang punya hobi memancing, Pulau Kubur ini sangat cocok untuk kamu kunjungi. Karena pulau ini berbentuk karang besar, sehingga di sekitarnya menjadi habitat bagi ikan-ikan besar. Kamu bisa menyewa perahu motor untuk mengantarkan ke spot yang terbaik untuk memancing dan letaknya tidak jauh dari Pulau Kubur.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Lampung yang terkenal dan pastinya keren. Ajak juga orang-orang terdekat untuk ikut berkunjung ke sini, ujung selatan pulau sumatera yang menawan. Mana di antara tujuh tempat wisata di Lampung yang paling ingin kamu kunjungi?


EmoticonEmoticon