7 Tempat Wisata di Jambi - Pilihan Destinasi Menarik untuk Melengkapi Liburanmu di Kota Jambi

Rekomendasi Tempat Wisata di Jambi - Jambi adalah salah satu provinsi yang terletak di pulau Sumatera. Pada masa penjajahan, dulunya Jambi masuk di sub provinsi Sumatera Tengah bersama dengan Sumatera Barat dan Riau. Sebelum akhirnya masing-masing menjadi daerah otonomi yang bisa mengatur rumah tangganya sendiri. (baca juga: Destinasi wisata menarik di Sumatera Barat)

Mungkin kebanyakan orang selama ini tidak begitu melirik provinsi Jambi sebagai destinasi wisata yang menarik. Padahal banyak juga tempat wisata di Jambi yang cantik dan eksotik. Gak percaya? coba deh simak ulasan saisane berikut ini. 

7 Rekomendasi Tempat Wisata di Jambi


Di bawah ini adalah beberapa variasi tempat wisata yang wajib dikunjungi di Jambi yang bisa kamu jadikan rujukan sebagai tempat untuk berlibur yang menyenangkan. Mulai dari tempat wisata alam di Jambi, wisata budaya, dan sebagainya. Pasti keindahannya akan membuatmu jatuh hati.

1. DANAU KACO

tempat wisata di jambi danau kaco

Tempat wisata di Jambi ini terletak di Desa Lumpur, Kecamatan Gunung Raya, Kabupaten Kerinci. Tepatnya berada di puncak bukit Gunung Raya Taman Nasional Kerinci Seblat. Untuk menuju lokasi Danau Kaco, pengunjung harus berjalan kaki menyusuri hutan selama 4 jam. Saisane sarankan untuk menggunakan jasa tour guide yang tahu arah jalan menuju ke sini.

Kaco menurut bahasa daerah setempat artinya Kaca. Karena memang air danau kaco ini sangat jernih, bahkan kamu bisa melihat dasar danau dari permukaan. Berbeda dengan danau lainnya, danau kaco hanya berukuran 30x30 meter. Banyak pengunjung datang ke sini untuk melihat keindahan warna air danau kaco yang bening membiru serta dikelilingi semak belukar dan pepohonan hutan sumatera.


2. GUNUNG KERINCI

tempat wisata di jambi gunung kerinci

Tempat wisata di Jambi selanjutnya adalah Gunung Kerinci. Gunung ini terletak di kawasan Pegunungan Bukit Barisan, berjarak sekitar 130 km sebelah selatan dari kota Padang. Sekeliling Gunung ini berupa hutan lebat yang menjadi kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, sekaligus sebagai habitatnya harimau dan badak sumatra.

Sebagai puncak tertinggi di Sumatera dan gunung berapi tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3895 meter dpl, Gunung Kerinci menyajikan keindahan luar biasa yang menjadi daya tarik bagi pecinta alam. Gunung ini memiliki kawah berbentuk kerucut dengan airnya berwarna hijau dan tepi atas seluas 600 x 500 m. Membutuhkan waktu sekitar 8-11 jam pendakian gunung dari Desa Kersik Tuo. Puncak Gunung Kerinci berupa hamparan pasir luas tanpa tanaman dan sering diselimuti kabut. Suhu terendah di puncak bisa mencapai 5 ° C. Dari puncaknya, kamu bisa menyaksikan keindahan kota Padang, Jambi, dan Bengkulu.

3. DANAU GUNUNG TUJUH

tempat wisata di jambi danau gunung tujuh

Jalur pendakian ke Gunung Kerinci tergolong sulit. Bagi wisatawan yang mengunjungi kawasan gunung kerinci dan tidak ingin mendaki, ada alternatif objek wisata Jambi lain yang juga indah, yaitu Danau Gunung Tujuh. Menikmati kesejukan dan keindahan alam sekitar danau juga tidak kalah menarik.

Dengan Gunung Kerinci yang tepat berdiri di dekatnya, danau yang berada di ketinggian 1.996 meter dari permukaan laut ini menjadi danau tertinggi di Asia Tenggara. Dinamakan Danau Gunung Tujuh karena lokasi danau dikelilingi oleh tujuh puncak. Danau ini mencakup area seluas 960 hektar, sekitar 4,5 km panjangnya dan 3 km lebarnya. Suhu rata-rata di kawasan ini adalah 16-17 ° C di siang hari dan 10-11 ° C pada malam hari, sehingga sangat disarankan bagi kamu untuk membawa jaket tebal atau apa saja untuk penghangat tubuh. Sepanjang perjalanan menuju ke Danau Gunung ujuh, kamu  bisa menikmati pemandangan indah perkebunan desa dan hutan dengan keanekaragaman hayatinya. Danau gunung tujuh bisa menjadi pilihan tempat wisata alam di Jambi yang menarik untuk kamu datangi.

4. GEOPARK MERANGIN

tempat wisata di jambi geopark merangin

Berikutnya adalah Geopark Merangin. Tempat wisata di Jambi berupa kawasan geowisata yang berlokasi di desa Renah, Merangin, Jambi. Daerah ini merupakan kawasan yang mempunyai sejarah geologi berusia ribuan bahkan ratusan tahun. Banyak fosil binatang dan tumbuhan yang masih utuh dan terjaga kealamiannya di sini.

Perjalanan menuju ke sini cukup jauh, sekitar 4 – 5 jam dari kota Jambi. Jalur trekking menuju ke geowisata ini menarik, menyusuri sungai dengan menggunakan perahu tradisional sambil menikmati pemandangan hutan dan fosil-fosil bebatuan besar yang indah. Suasananya sekilas terlihat seperti perairan zaman purba, konon dulunya ini adalah pantai purba yang sudah terkena lava dan mengalami proses goelogi yang sangat lama.


Sesampainya di lokasi pengunjung bisa mandi sambil menikmati suasana air terjun Muara Karing. Selain itu, kamu juga bisa melakukan aktifitas rafting di sini dengan arus sungai yang deras. Salah satu objek wisata Jambi yang pastinya seru untuk kamu kunjungi rame-rame bersama sahabat. 

5. CANDI MUARAJAMBI

tempat wisata di jambi candi muarajambi

Berikutnya adalah tempat wisata di Jambi yang berlokasi di Desa Muarajambi, Kecamatan Maro Sebo, Kabupaten Muarajambi. Berjarak sekitar 40 km atau 1 jam perjalanan darat dari Kota Jambi. Kawasan Candi Muara Jambi merupakan warisan budaya Buddha Tantri Mahayana yang diduga sebagai tempat bermukimnya para biksu dan pelajar Buddha di masa lalu. Di kawasan Candi ini terdapat beberapa candi dan artefak kuno seperti arca Buddha, keramik, manik-manik, mata uang kuno, tembikar dan benda-benda bersejarah lainnya.

6. TANGGO RAJO

tempat wisata di jambi tanggo rajo

Tempat wisata di Jambi selanjutnya yang perlu kamu kunjungi adalah Tanggo Rajo. Berlokasi di Jalan Sultan Taha, Kecamatan Pasar Jambi, Kota Jambi. Taman Tanggo Rajo dikenal sebagai “Ancol” nya Kota Jambi. Bedanya, lokasi Ancol di Kota Jakarta dekat dengan perairan laut, sedangkan Tanggo Rajo berada di tepi bagian Sungai Batanghari, sungai terpanjang di Pulau Sumatera.

Di kawasan Tanggo Rajo tersedia berbagai jajanan yang berbaris di sepanjang lokasi taman ini. Setiap tahun selalu ada event-event yang digelar oleh Pemerintah Kota Jambi di sini, salah satunya Lomba Perahu Tradisional setiap tanggal 17 Agustus dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Pada malam hari, Tanggo Rajo selalu ramai pengunjung, apalagi di akhir pekan. Karena pada malam hari, Tanggo Rajo terlihat semakin meriah dengan banyaknya lampu-lampu penerangan yang mewah. Objek wisata Jambi yang asyik buat nongkrong bareng kolonimu.

7. TAMAN RIMBA

Tempat Wisata di Jambi yang Terkenal taman rimba

Berlokasi di Jalan Sunaryo, Kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi. Sekitar 1 km atau lebih kurang 5 menit dari Bandar Udara Sultan Thaha Syaifuddin.

Taman Rimba adalah salah satu tempat wisata di Jambi yang dibangun di atas lahan seluas 18 hetar. Taman ini menyimpan bermacam jenis fauna langka seperti: burung elang, burung rajawali, burung unta, beruang, gajah, buaya, dan fauna langka lainnya. Yang selalu menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke sini salah satunya adalah ada jasa menunggangi gajah yang siap untuk berkeliling arena.

Itulah beberapa tempat wisata di Jambi yang keren dan recommended buat kamu kunjungi. Ternyata banyak juga objek wisata Jambi yang keren. Berkunjung ke tempat-tempat wisata di Jambi tersebut tentu akan melengkapi pengalaman liburanmu di Kota Jambi. 

3 komentar

Ya Allah..kapan ya saya kesana bersama keluarga..?

Kapan aja bisa, asal ada ongkos. haha..

Danau kaco menjadi danau pertama yang akan saya singgahi apabila punya cukup uang :D


EmoticonEmoticon