7 Tempat Wisata di Bangka Belitung - Potret Keindahan Pariwisata Negeri Laskar Pelangi

Tempat Wisata di Bangka Belitung - Masih ingat dengan film Laskar Pelangi kan? salah satu film Indonesia yang sukses besar dan sangat menginspirasi. Film yang diadaptasi dari Novel dengan judul yang sama ini berlatarkan Kepulauan Bangka Belitung dan juga mengambil lokasi syuting di sana. Sejak saat itulah Bangka Belitung juga mendapat julukan sebagai Negeri Laskar Pelangi. Popularitas Bangka Belitung juga mendadak naik karena rasa penasaran para wisatawan dengan daerah yang katanya banyak menyimpan pesona alam bahari yang sangat indah ini.

Bangka Belitung atau yang biasa disingkat Babel adalah provinsi kepulauan yang terdiri dari 2 kepulauan utama, yaitu pulau Bangka dan pulau Belitung. Selain kedua pulau utama ini, masih banyak lagi pulau-pulau kecil yang lain. Ada sekitar 470 pulau, namun yang berpenghuni hanya sekitar 50 pulau. Sehingga sebagian besar wilayahnya memang berupa perairan. Jadi wajar jika daerah ini banyak memiliki pantai indah. Dulunya wilayah ini adalah bagian dari provinsi Sumatera Selatan, sebelum akhirnya sekitar tahun 2000 terjadi pemekaran wilayah. (baca juga: 7 tempat wisata keren di Sumatera Selatan)

7 Tempat Wisata Menarik di Bangka Belitung


Bagi kamu yang sedang mencari destinasi wisata dengan pemandangan pantai-pantai yang indah, kepulauan Bangka Belitung bisa menjadi pilihan tepat. Kamu mungkin akan langsung jatuh hati dengan Negeri Laskar Pelangi ini. 

1. PANTAI PASIR PADI

tempat wisata di bangka belitung pantai pasir padi

Yang pertama adalah pantai pasir padi, salah satu tempat wisata di Bangka Belitung yang berlokasi di Kecamatan Bukit Intan, Kota Pangkal Pinang.

Lokasi Pantai Pasir Padi tidak jauh dari Bandara Depati Amir, sekitar 7 km. Namanya memang unik seperti bentuk pantainya, dinamakan Pasir Padi karena pantai ini memiliki kontur pasir padat seperti hamparan sawah yang landai dan pasir menyerupai bulir-bulir padi. Berjalan di pantai ini terasa nyaman karena di bawahnya terdapat pasir timah.

Panorama alam sekitar pantai pasir padi sangat indah. Garis pantainya yang lebar, memanjang sampai kurang lebih 2 km, dan pasir putihnya yang bersih, membuatmu makin nyaman beraktifitas di lokasi pantai. Fasilitas yang ada di sekitar pantai cukup lengkap. Ada penginapan, rumah makan, dan berbagai fasilitas publik lainnya.

2. PANTAI TANJUNG TINGGI

tempat wisata di bangka belitung pantai tanjung tinggi

Tempat wisata di Bangka Belitung berikutnya adalah Pantai Tanjung Tinggi. Berlokasi di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Berjarak 35 km dari pusat kota Tanjung Pandan. Pantai inilah yang pernah dijadikan sebagai salah satu lokasi syuting film Laskar Pelangi, film inspiratif yang diadaptasi dari sebuah novel berjudul "Laskar Pelangi" karya Andrea Hirata.

Selain pasirnya yang putih, di bibir pantai Tanjung Tinggi ini juga banyak ratusan batu granit. Ukurannya bervariasi, dari mulai ukuran sedang sampai yang sebesar bangunan rumah. Tentu suasana pantai yang seperti ini menjadi daya tarik tersendiri bagi Pantai Tanjung Tinggi dibandingkan pantai-pantai lain. Tidak ada spesies khusus yang perlu kamu khawatirkan di lokasi pantai ini. Satu-satunya yang perlu kamu waspadai mungkin ubur-ubur yang cukup banyak koloninya di sini.

Ada penginapan di sekitar pantai Tanjung Tinggi untuk beristirahat. Masalah kesejahteraan perut kamu tidak perlu khawatir, karena banyak warung makan yang menyediakan berbagai sajian kuliner seafood di sini.

3. PULAU LENGKUAS

tempat wisata di Bangka Belitung pulau lengkuas

Selanjutnya adalah Pulau Lengkuas, tempat wisata di Bangka Belitung yang berlokasi di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Pulau Lengkuas ini tergolong kecil, hanya butuh waktu sekitar 20 menit untuk bisa menjelajah ke seluruh area pulau. Meskipun kecil, Pulau Lengkuas menyuguhkan panorama yang sangat indah. Selain pasir putihnya, banyak batu-batu granit yang unik di pulau ini. Belum lagi airnya yang sangat jernih dan bersih serta banyak tersedia spot-spot keren untuk diving.

Seperti terlihat pada foto, di Pulau Lengkuas ini terdapat mercusuar tua peninggalan zaman kolonial Belanda. Tingginya sekitar 50 m. Kalau beruntung, kamu bisa menikmati keseluruhan keindahan alam sekitar Pulau Lengkuas melalui puncak mercusuar ini. Sampai sekarang mercusuar ini masih berfungsi untuk mengatur lalu lintas kapal yang melintas.

4. PANTAI TANJUNG KELAYANG

tempat wisata di Bangka Belitung pantai tanjung kelayang

Tempat wisata di Bangka Belitung yang satu ini juga berupa pantai. Berlokasi di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Berjarak sekitar 27 km dari pusat kota Tanjungpandan (ibukota Kabupaten Belitung). Kecamatan Sijuk memang kaya akan pantai indah, selain pantai Tanjung Tinggi, ada juga pantai Tanjung Kelayang yang tidak kalah menariknya.

Di pantai Tanjung Kelayang ini juga hampir sama, banyak batu granit dan hamparan indah pasir putih. Pada tahun 2011, di Pantai Tanjung Kelayang ini pernah ada event sail Wakatobi-Belitong, ratusan perahu yact dari berbagai negara berlabuh di pantai ini waktu itu. Pesonanya yang indah membuat pantai ini selalu ramai sehari-harinya, baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Konon pantai ini seindah phuket di Thailand.

5. PANTAI PENYAK

tempat wisata di Bangka Belitung pantai penyak

Yang kelima adalah Pantai Penyak, tempat wisata di Bangka Belitung yang berlokasi di Desa Penyak, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah.

Pantai Penyak memiliki garis pantai yang sangat panjang, hingga 3 km. Permukaan pantai yang landai dan berada tepat di pinggir jalan raya Koba-Pangkal Pinang, membuat pantai ini sering menjadi tempat singgah untuk bersantai. Pemandangan yang indah, pepohonan yang cukup rimbun, dan banyak penjual es kelapa muda di sepanjang Pantai, menjadikan pantai ini sebagai tempat menarik untuk bersantai sembari menikmati kesejukan dan keindahan pantai.

6. MUSEUM TIMAH

tempat wisata di Bangka Belitung museum timah

Tempat wisata di Bangka Belitung yang satu ini berupa Museum Timah. Berlokasi di Jalan Ahmad Yani no. 179, Kota Pangkal Pinang.

Karena saking banyaknya lokasi parisiwata bahari di Bangka Belitung, membuat Museum Timah ini sepi pengunjung, kalah pamor dengan destinasi tempat wisata di Bangka Belitung yang lain. Padahal ada kebanggaan tersendiri dari Museum Timah. Museum ini adalah satu-satunya yang ada di Indonesia, bahkan di Asia. Di sini juga pernah terjadi perundingan Roem Royen, 

Museum yang dibangun tahun 1958 ini merekam sejarah panjang tentang proses pengolahan penambangan, baik secara tradisional maupun modern. Di dalam museum ini tersimpan foto-foto dan dokumen yang berhubungan dengan aktivitas penambangan.

7. GUNUNG MENUMBING

tempat wisata di Bangka Belitung gunung menumbing

Terakhir, ada Gunung Menumbing, tempat wisata di Bangka Belitung yang berlokasi di Desa Air Belo, Kecamatan Mentok, Kabupaten Bangka Barat.

Gunung Menumbing berketinggian 360 m dari permukaan laut. Gunung Menumbing ini pernah menjadi bagian dari episode sejarah Indonesia yang sangat penting, yaitu pernah menjadi tempat pengasingan bapak proklamator Bung Karno dan Bung Hatta pada tahun 1949. Mereka diasingkan di sebuah wisma yang berada di gunung ini.

Bagaimana? keren kan ternyata kepulaun Bangka Belitung. Itulah beberapa tempat wisata di Bangka Belitung alias Negeri Laskar Pelangi yang ternyata penuh pesona wisata bahari yang menarik untuk dikunjungi. Dari sini sekalian mampir saja ke tetangga provinsi Bengkulu, karena ada beberapa tempat wisata menarik di Bengkulu yang juga tidak kalah menariknya.


EmoticonEmoticon