7 Tempat Wisata di Bengkulu - Pilihan Destinasi Wisata yang Tepat di Bumi Rafflesia Bengkulu

Tempat Wisata di Bengkulu - Provinsi Bengkulu terletak di pesisir bagian barat Pulau Sumatera dan berseberangan dengan Samudera Hindia. Daerah ini terkenal dengan floranya yang sangat langka, yaitu bunga rafflesia arnoldi. Bengkulu juga pernah menjadi saksi sejarah sebagai tempat pengasingan bagi sejumlah aktifis kemerdekaan, termasuk di antaranya adalah Presiden pertama RI Sukarno. Di balik nilai historis dan keistimewaannya ini, ada beberapa tempat wisata di Bengkulu yang menarik untuk dikunjungi. Mungkin bisa menjadi referensi untuk tujuan wisatamu selanjutnya.

Rekomendasi 7 Tempat Wisata di Bengkulu


Sahabat travelers yang ingin berkunjung ke provinsi Bengkulu, berikut ini saisane ada beberapa informasi pariwisata Bengkulu yang harus kamu masukkan ke dalam daftar tunggu obyek wisata tujuan saat kamu berada di Bengkulu.

1. FORT MARLBOROUGH

Tempat Wisata di Bengkulu Fort Marlborough

Adalah tempat wisata di Bengkulu yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Kebun Keling, Kecamatan Teluk Segara, Kota Bengkulu. Fort Marlborough adalah benteng peninggalan kolonial Inggris yang dibangun oleh East India Company (EIC) pada tahun 1713-1719 pada masa kepemimpinan Gubernur Joseph Callet. Seperti terlihat pada foto, Benteng ini dibangun di atas bukit buatan dengan bentuk arsitektur yang cukup unik, mirip seperti kura-kura.

Benteng ini dulunya digunakan sebagai tempat pertahanan daerah kekuasaan Inggris di bagian pantai barat Pulau Sumatera sekaligus mempertahankan Bengkulu sebagai daerah monopoli perdangangan rempah-rempah. Bangunannya yang kokoh membuatnya menjadi benteng Inggris yang paling kuat di wilayah timur. Fort Marlborough adalah salah satu situs sejarah di provinsi Bengkulu yang harus kamu kunjungi.

2. PANTAI PANJANG

tempat wisata di bengkulu pantai panjang

Tempat wisata di Bengkulu selanjutnya adalah Pantai Panjang. Berjarak sekitar 3 km dari pusat Kota Bengkulu. Pantai Panjang memiliki garis pantai sepanjang 7 km. Banyak pepohonan cemara di sepanjang pantai yang akan membuat suasana santai kamu makin rileks. Pantai Panjang ini memiliki fasilitas yang lengkap seperti penginapan, cafe, restaurant, tempat olahraga, dll. Pagi atau sore harinya, biasanya banyak pengunjung yang jogging di sepanjang jalur pantai Panjang ini.

3. RUMAH PENGASINGAN BUNG KARNO

Tempat Wisata di Bengkulu Rumah Pengasingan Bung Karno

Berikutnya adalah tempat wisata di Bengkulu yang bernuansa sejarah, yaitu Rumah Pengasingan Bung Karno. Berlokasi di jalan Sukarno Hatta, Kelurahan Anggut Atas, Kecamatan Gading Cempaka, Kota Bengkulu. Sebelum Bung Karno diasingkan ke Bangka Belitung ternyata beliau pernah diasingkan terlebih dahulu di Bengkulu dari tahun 1938-1942. (baca: 7 wisata keren di Bangka Belitung)

Di dalam rumah ini terdapat benda-benda peninggalan Bung Karno selama menyusun strategi perjuangan pada masa penjajahan kolonial Belanda, seperti foto-foto, koleksi buku, ranjang besi, sepeda ontel, bahkan surat cinta Bung Karno untuk Ibu Fatmawati, karena di sinilah presiden Sukarno berkenalan dengan Fatmawati yang kemudian menjadi istrinya.

4. KOTA CURUP

Tempat Wisata di Bengkulu Kota Curup

Bagi kamu yang ingin mencari tempat wisata di Bengkulu berhawa sejuk, Kota Curup adalah pilihan yang tepat. Curup adalah ibukota dari Kabupaten Rejang Lebong. Secara geografis Kota Curup berada di pegunungan Bukit Barisan dengan ketinggian 100-1000 meter di atas permukaan laut. Dan bunga rafflesia arnoldi yang terkenal itu ternyata ada di sini. Suhu udara di kawasan ini cukup dingin, yaitu rata-rata 18 derajat celcius di pagi hari. Tentunya salah satu tempat wisata di Bengkulu ini bisa menjadi alternatif untuk kamu yang merindukan suasana puncak.

5. BUKIT KABA

tempat wisata di bengkulu bukit kaba

Berikutnya adalah tempat wisata di Bengkulu bernama Bukit Kaba. Berlokasi di Desa Sumber Urip, Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong. Bukit Kaba merupakan salah satu obyek wisata alam di Bengkulu berupa gunung aktif. Namun gunung ini sudah lama tidak menunjukkan aktifitasnya, terakhir kalinya meletus pada tahun 1600.

Gunung yang berketinggian 1.952 meter diatas permukaan laut ini sebagian besar ditutupi oleh vegetasi yang menjadikannya nampak hijau dengan pemandangan alam yang menawan. Untuk dapat mencapai puncak gunung ini, kamu harus mampu menahan lelah menaiki 307 anak tangga. Di malam harinya, pengunjung bisa menikmati pemandangan gemerlap kota Curup dari puncak bukit.

6. DANAU MAS HARUN BASTARI

Tempat Wisata di Bengkulu Danau Mas Harun Bastari

Tempat wisata di Bengkulu yang satu ini juga tidak kalah keren, Danau Mas Harun Bastari. Berlokasi di Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong, berdekatan dengan Bukit Kaba yang hijau. Danau yang memiliki luas 36 hektar ini merupakan salah satu tempat wisata di Bengkulu yang banyak disukai, karena di area ini terdapat banyak permainan anak seperti komedi putar dan kursi ayun. Ada juga perahu dan sepeda air yang boleh digunakan untuk mengelilingi danau. Danau Mas Harun Bastari sekekelingnya ditanami sayur-sayuran yang turut melengkapi keindahan di sekitar danau.

7. MUSEUM NEGERI BENGKULU

Tempat Wisata di Bengkulu Museum Negeri Bengkulu

Rekomendasi tempat wisata di Bengkulu yang terakhir adalah Museum Negeri Bengkulu. Berlokasi di Jalan Pembangunan No. 8, Kelurahan Padang Harapan, Kecamatan Gading Cempaka, Kota Bengkulu. Museum ini berdiri di atas lahan seluas 9.974 m2. Terdiri atas Ruang Pamer Tetap, Ruang Auditorium, Ruang Perpustakaan, Ruang Penyimpanan Koleksi, Ruang Administrasi, Ruang Audiovisual, Toilet.

Museum ini menyimpan 6000-an koleksi peninggalan benda-benda kebudayaan masyarakat Bengkulu yang berupa geologi, biologi, etnografi, arkeologi, historika, numistik. Filologi, keramik, seni rupa, dan teknologi.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata menarik di Bengkulu yang bisa kamu jadikan sebagai referensi untuk tempat berlibur. Semoga menjadi pengalaman perjalanan yang menyenangkan di Bengkulu.


EmoticonEmoticon