Menyembunyikan File di Android Menggunakan File Manager

Cara Menyembunyikan File di Android - Makin canggih smartphone yang digunakan, tentunya akan semakin banyak pula data/file penting dan rahasia yang disimpan pengguna ke dalamnya. Mulai dari file foto, video, dokumen, password kartu kredit hingga aplikasi. Padahal, menyimpan file-file penting tersebut ke smartphone justru kurang aman ketimbang disimpan secara konvensional.

Namun tidak semua pengguna smartphone mengerti hal tersebut. Yang ada di benak kebanyakan pengguna, smartphone sudah cukup aman dan lebih fleksibel karena mudah dibawa kemana-mana. Kenyataannya, banyak berita pencurian yang targetnya justru smartphone. Entah itu berupa data, file, foto, video, dan sebagainya.

Saat ini sudah banyak vendor smartphone yang menghadirkan system pengamanan data secara default di perangkat besutannya. Ada yang menanamkan aplikasi, ada pula yang menggunakan fitur khusus yang disuntik langsung ke system.

Untuk anda yang menggunakan smartphone android, ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk menyembunyikan file di android. Di antaranya yaitu dengan memanfaatkan file manager bawaan. Cara ini adalah cara paling mudah untuk menyembunyikan file di android.


Cara Menyembunyikan File di Android dengan File Manager


Hampir sebagian besar smartphone masa kini sudah dibekali aplikasi file manager bawaan, yang juga didukung beberapa fungsi penting terkait pengaturan file. Termasuk di dalamnya fungsi untuk memproteksi atau menyembunyikan file.

Pada tutorial ini saisane memberikan contoh cara menyembunyikan file di android menggunakan file manager bawaan dari smartphone OPPO. Mungkin pada jenis smartphone lain langkahnya tidak sama persis, tapi pada dasarnya semua file manager sudah support fitur ini.
Oke langsung saja, untuk menyembunyikan file di android menggunakan file manager silahkan ikuti langkah-langkah berikut :

1. Buka file manager, kemudian pilih file yang ingin kamu proteksi

Menyembunyikan File di Android

2. Pilih opsi “Move to Safe” untuk mulai memproteksi file tersebut

Menyembunyikan File di Android

3. Tentukan password yang nantinya akan kamu gunakan untuk melihat file yang sudah terproteksi tadi.

Menyembunyikan File di Android

Ada 2 pilihan jenis password, pattern password dan numeric password. Pilih yang kalian suka. Pada langkah juga akan diminta mengisi pertanyaan alternative ketika kita lupa password.

4. File sudah berhasil disembunyikan. Untuk melihatnya masuk kembali ke file manager dan pilih opsi “File Safe”

Menyembunyikan File di Android

5. Masukkan password kemudian file yang kamu sembunyikan akan ditampilkan dalam “File Safe”

Menyembunyikan File di Android


Itulah cara mudah untuk menyembunyikan file di android, yaitu dengan memanfaatkan file manager bawaan smartphone. Baca juga: Cara mudah menyembunyikan file foto dari Galeri Android. Semoga bermanfaat dan membantu kamu yang ingin memproteksi file nya dari gangguan tangan-tangan usil.


EmoticonEmoticon