7 Tempat Wisata di Riau - Yang Mana Obyek Wisata Favoritmu di Bumi Lancang Kuning?

Rekomendasi Tempat Wisata di Riau  - Riau merupakan salah satu provinsi yang berada di bagian tengah pulau Sumatera dan berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Barat, Jambi, dan Kepulauan Riau. Provinsi yang mendapat julukan sebagai Bumi Lancang Kuning ini mayoritas dihuni oleh suku Melayu. Selain dikenal sebagai daerah bisnis dan jasa, penghasil minyak dan gas bumi, ternyata Provinsi Riau juga banyak menyimpan potensi pariwisata yang indah dan menarik. (baca juga: 7 Tempat wisata keren di Jambi)

7 Rekomendasi Tempat Wisata di Kepulauan Riau


Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat wisata di Riau yang bisa kamu jadikan sebagai referensi sebagai tempat liburan saat berkunjung ke Riau. Beberapa tempat wisata di Riau ini cukup variatif, mulai wisata alam, wisata budaya, wisata edukasi, dan sebagainya.

1. ISTANA SIAK

Tempat Wisata di Riau istana siak

Istana Siak merupakan salah satu tempat wisata di Riau yang bernuansakan sejarah, sisa peninggalan kekuasaan Kesultanan Siak ke-11 yang dibangun pada abad ke-18. Berlokasi di Jalan Sultan Syarif Kasim, Kecamatan Siak,  Kabupaten Siak. Daya tarik dari bangunan ini adalah perpaduan arsitekturnya yang bercorak Arab, Eropa dan Melayu. Selain perpaduan arsitektur, istana yang terdiri dari dua lantai ini juga menyimpan berbagai benda-benda peninggalan sejarah, seperti; kumpulan foto Raja Siak, gramofon komet, keramik Cina dan Eropa, patung pualam, tombak, keris, patung pualam, meriam dan benda bersejarah lainnya.

2. CANDI MUARA TAKUS

Tempat Wisata di Riau candi muara takus

Berlokasi di Desa Muara Takus, Kecamatan XIII Koto, Kabupaten Kampar. Berjarak sekitar 135 km atau sekitar 4 jam dari Kota Pekanbaru. Candi Muara Takus juga salah satu tempat wisata di Riau yang bernuansa sejarah.

Candi Muara Takus merupakan satu-satunya tempat wisata di Riau berupa candi bercorak Buddha. Kawasan candi ini dikelilingi oleh tembok yang jaraknya berdekatan dengan Sungai Kampar. Sebaiknya kamu berkunjung ke sini di pagi hari untuk mendapatkan kualitas cahaya yang bagus. Kamu bisa berselfie ria di depan keindahan Candi Muara Takus.

3. KEPULAUAN ARWAH

Tempat Wisata di Riau kepulauan arwah

Tempat wisata di Riau yang satu ini terletak di kepulauan kecil dalam ruang lingkup wilayah administratif Kabupaten Rokan Hilir. Meskipun diberi nama kepulauan arwah, bukan berarti bahwa tempat wisata di Riau ini menyeramkan. Justru Kepulauan Arwah menawarkan keindahan alam pantai yang sangat indah untuk kamu nikmati.

Kepulauan ini terdiri dari 9 pulau-pulau kecil yang jarak antar pulau saling berdekatan. Biru air laut dan putihnya pasir pantai yang jarang dijamah oleh manusia dapat memanjakan mata kamu dengan suasana alam pantai yang alami saat berkunjung ke sini. Di sini kamu bisa melakukan diving, snorkeling serta fishing. Kepulauan arwah adalah salah satu tempat indah di Riau yang wajib kamu kunjungi.

4. AIR TERJUN GURUH GEMURAI

Tempat Wisata di Riau air terjun guruh gemurai

Tempat wisata di Riau yang satu ini berlokasi di Desa Kasang, Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Senggigi. Ketinggian air terjun ini mencapai 20 m. Kamu bisa menikmati suasana asri nan alami kawasan Air Terjun Guruh Gemurai ini yang tidak bisa kamu temukan di perkotaan. Kamu bisa bermain air sepuasnya di sini. Jika kamu mencari wisata alam yang ada di Riau yang menarik, selain kepulauan arwah, ini juga yang saisane rekomendasikan.untuk kamu.

5. RIAU FANTASI

Tempat Wisata di Riau riau fantasy

Tempat wisata di Riau selanjutnya yang terkenal adalah Labersa Water and Theme Park. Obyek wisata wahana air di Riau ini berlokasi di Jalan Labersa. Sekitar 45 menit dari pusat Kota Pekanbaru. Obyek wisata ini memiliki luas kurang-lebih 6,5 hektar yang terdiri dari wahana air dan wahana kering. Di wahana air ada kolam dan seluncuran seperti Adventure Pool. Sedangkan di wahana keringnya ada bermacam-macam jenis permainan yang bisa dijadikan uji mental bagi para pengunjung, seperti sky tower, wave blaster, speedy coaster, komedi putar. Tentu ini akan menjadi salah satu tempat wisata di Riau yang paling asyik dan menyenangkan untuk kamu kunjungi bersama keluarga tercinta.

6. KEBUN BINATANG KASANG KULIM

Tempat Wisata di Riau kebun binatang kasang kulim

Berlokasi di Desa Kubang Raya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar. Kasang Kulim adalah satu-satunya tempat wisata di Riau yang berupa taman margasatwa alias kebun binatang. Tempat ini juga sangat cocok kamu jadikan sebagai tempat berlibur bersama keluarga. Banyak  Fauna yang terdapat di kebun binatang Kasang Kulim, diantaranya; Buaya, Gajah, Kudanil, Elang Bondol, Kalong, Kucing Hutan, Ular Sanca, Orangutan, Beruang Madu, Iguana, Singa Afrika, dan lainnya.

7. PERPUSTAKAAN SOEMAN H.S

Tempat Wisata di Riau perpustakaan soeman hs

Perpustakaan Soeman H.S berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman 462, Kota Pekanbaru. Tempat wisata di Riau yang satu ini cukup unik. Nama dari perpustakaan ini diambil dari nama seorang novelis asal Riau, yaitu Soeman H.S. Bentuknya mirip seperti papan penyangga untuk membaca Al-Quran. Bangunan perpustakaan ini terdiri dari enam lantai. Di dalamnya terdapat kafe serta ruangan khusus literatur budaya Melayu. Perpustakaan Soeman H.S bisa kamu jadikan sebagai referensi tempat wisata edukasi yang menyenangkan, karena di dalam bagunan ini tersedia puluhan ribu buku yang bisa kamu baca.

Itulah beberapa tempat wisata di Riau yang terkenal dan bisa kamu jadikan sebagai tempat berlibur yang menyenangkan bersama orang-orang tercinta. Semoga informasi tentang rekomendasi tempat wisata di Riau ini bermanfaat dan menambah wawasan tentang beragam pariwisata di Indonesia.


EmoticonEmoticon