7 Tempat Menarik di Aceh - Pesona Keindahan Pariwisata di Kota Serambi Makkah

Tempat menarik di Aceh - Aceh merupakan salah satu propinsi di Indonesia yang terletak di bagian paling utara Pulau Sumatera. Mayoritas masyarakatnya adalah muslim. Hal ini tidak luput dari banyaknya pedagang Arab yang datang untuk berdagang dan menyebarkan ajaran Agama Islam pada saat awal masuknya islam ke Indonesia. Itulah kenapa kemudian Aceh mendapat julukan sebagai Serambi Makkah nya Indonesia. Berbicara masalah pariwisata, ternyata banyak juga tempat wisata di Aceh yang menarik untuk dikunjungi. Bisa menjadi tujuan liburan menarik yang bisa kamu datangi saat berlibur ke provinsi Aceh.

7 Objek Wisata di Aceh yang Wajib Anda Kunjungi


Obyek wisata yang ada di Aceh cukup beragam macamnya. Ada yang obyek wisata alam, wisata religi, wisata budaya, wisata sejarah, dan sebagainya. Berikut saisane pilihkan 7 tempat wisata di Aceh yang bisa jadi referensi mencari tempat liburan di Aceh.

1. MASJID RAYA BAITURRAHMAN

Tempat Wisata di Aceh yang Terkenal dan Menarik masjid baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman adalah salah satu tempat wisata di aceh bernuansa religi yang sekaligus juga menjadi ikon dari propinsi NAD (Nanggroe Aceh Darussalam). Masjid yang terletak di ibu kota Banda Aceh ini pertama kali dibangun di era Kesultanan Aceh. Masjid ini menjadi satu-satunya bangunan tersisa dan tetap berdiri kokoh sesaat setelah tsunami tahun 2004 silam menyapu daratan Banda Aceh. Sekarang, Masjid Raya Baiturrhanman menjadi salah satu tempat wisata di Banda Aceh yang sekaligus sebagai pusat pengembangan aktivitas keislaman bagi masyarakat Banda Aceh. Memasuki bagian dalam masjid, kamu akan merasakan kesejukan dan kenyamanan.  Dari luar, kamu bisa menyaksikan keindahan arsitektur yang keren dari Masjid ini. Di depannya terdapat kolam yang juga turut menambah kemegahan dan keasrian masjid Baiturrahman.

2. MUSEUM TSUNAMI

Tempat Wisata di Aceh yang Terkenal dan Menarik museum tsunami

Tempat wisata di Aceh selanjutnya adalah Museum Tsunami Aceh. Terletak di Kota Banda Aceh, Museum Tsunami Aceh adalah tempat untuk mengenang tragedi bancana alam Tsunami Aceh. Memasuki bagian dalam museum, kamu akan merasakan seolah-olah memasuki lorong gelap gelombang tsunami berketinggian 40 meter karena efek air jatuh. Setelah melewati lorong, beberapa standing screen menyajikan foto-foto tsunami yang menggambarkan keadaan sesaat setelah tsunami 2004 silam. Di dalamnya juga ada pameran miniatur ombak tsunami, miniatur desain tata ruang yang ideal untuk daerah berpotensi bencana tsunami, foto raksasa dan artefak tsunami, cerobong the light of god (Allah), dan momen tragedi tsunami Aceh lainnya.

3. TUGU KILOMETER 0 INDONESIA, SABANG

Tempat Wisata di Aceh yang Terkenal dan Menarik kilometer 0 sabang

Tugu KM 0 indonesia terletak di wilayah administratif kota Sabang, Aceh. Sekitar 2 jam dari Pelabuhan Banda Aceh. Di sini kamu bisa eksis berfoto yang menjadi bukti bahwa kamu sudah pernah mengunjungi titik ujung paling barat negara Indonesia. Selama ini, baik wisatawan dalam negeri maupun turis luar negeri selalu mendapat sertifikat tanda berkunjung dari Disbudpar Kota Sabang.

4. DANAU LAUT TAWAR, TAKENGON

Tempat Wisata di Aceh yang Terkenal dan Menarik danau laut tawar

Danau Laut Tawar adalah tempat wisata di Aceh berupa danau buatan yang berada di Takengon, Aceh Tengah. Untuk menuju lokasi obyek wisata ini dapat ditempuh sekitar 8 jam dari Bandar Udara internasional Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh. Dan jalur alternatif lain, 4 jam dari Kota Medan. Dilihat dari atas, danau ini tampak seperti hamparan permadani berwarna biru yang sangat indah dipandang mata. Saat berkunjung ke sini, sempatkan diri untuk mencicipi secangkir kopi Gayo yang sudah melegenda sambil duduk-duduk santai di tepi danau. Kamu juga bisa keliling danau dengan perahu motor, bersepeda, memancing ikan, dan banyak lagi aktivitas menarik lainnya yang bisa kamu lakukan di sekitar kawasan Danau Laut Tawar. (baca juga: Destinasi wisata favorit di Sumatera Utara)

5. KAPAL PLTD APUNG

Tempat Wisata di Aceh yang Terkenal dan Menarik kapal pltd apung

Kedahsyatan tsunami Aceh juga meninggalkan jejak berupa monumen, yaitu monumen PLTD (Pembangkit listrik tenaga diesel) Apung di Desa Punge, Biancut, Banda Aceh. Salah satu tempat wisata di Aceh yang unik menjadi gambaran betapa dahsyatnya tsunami aceh sehingga dapat menghanyutkan kapal PLTD ke pemukiman warga. Lokasi obyek wisata monumen ini tidak jauh dari lokasi Museum Tsunami Aceh. Saat ini, area sekitar Kapal PLTD Apung telah dijadikan pemerintah sebagai wahana wisata edukasi. Pada monumen ini tertera tanggal dan waktu kejadian dari musibah yang juga menimpa Negara tetangga. Di sekeliling monumen dibangun relief menyerupai gelombang tsunami. Dari atas kapal, kamu dapat melihat deretan pegunungan Bukit Barisan.

6. PANTAI IBOIH

Tempat Wisata di Aceh yang Terkenal dan Menarik pantai iboih

Tempat wisata di Aceh yang menarik selanjutnya adalah Pantai iboih. Obyek wisata ini berlokasi di Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Aceh. Pantai ini sangat cocok untuk diving. Pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh pengunjung baik dari dalam dan luar negeri. Fasilitas penunjang seperti boat bisa kamu gunakan di sini untuk berkeliling dan menikmati keindahan Pantai Iboih. Selain itu, kamu juga bisa bersantai di bawah rindangnya pohon sembari mencicipi santapan kuliner.

7. TAPAKTUAN

Tempat Wisata di Aceh yang Terkenal dan Menarik tapaktuan

Terakhir, ada tempat wisata di Aceh yang juga sangat unik, yaitu Tapaktuan. Berlokasi di Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan. Untuk menuju lokasi ini dapat ditempuh melalui perjalanan darat sekitar 440 km dari Kota Banda Aceh. Nama Tapaktuan berasal dari sebuah bentuk tapak kaki raksasa yang berada di atas sebuah batu karang yang menghadap lautan lepas. Legenda dari masyarakat setempat menyebutkan itulah tapak kaki Tuan Tapa, tokoh dalam cerita legenda Aceh Selatan. Lokasi objek wisata ini sangat memikat para pengunjung karena untuk menuju Tapaktuan ini tidaklah mudah, karena pengunjung harus mampu melewati berbagai rintangan bebatuan karang.

Itulah beberapa tempat wisata di Aceh yang sangat menarik untuk dikunjungi. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan para pembaca tentang betapa kayanya Bumi Indonesia akan budaya dan pariwisata. Have a Nice Trip.

1 komentar so far

Saya tertarik dengan tulisan anda, saya juga punya tulisan yang sejenis tentang destinasi wisata indonesia, anda dapat mengunjungi di Eksplor Indonesia


EmoticonEmoticon