7 Tempat Wisata di Sumatera Selatan - Pilihan Obyek Wisata Menarik di Bumi Sriwijaya

7 Tempat Wisata di Sumatera Selatan - Sumatera Selatan adalah salah satu wilayah di Indonesia dengan beragam suku dan budaya di dalamnya, keragaman namun tetap bergandengan. Selain kuliner pempek nya yang sudah sangat terkenal di mana-mana, ternyata Provinsi Sumatera Selatan alias Bumi Sriwijaya ini juga memiliki banyak obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Siapa tahu bisa menjadi pilihan saat kamu singgah di Sumatera Selatan.


7 Rekomendasi Obyek Wisata di Sumatera Selatan


Dari berbagai obyek wisata yang ada di Sumatera Selatan, berikut saisane pilihkan 7 tempat wisata di Sumatera Selatan yang menurut saisane paling menarik untuk kamu kunjungi. Ketujuhnya adalah perpaduan antara keindahan alam dan keragaman budaya Sumatera Selatan.

1. JEMBATAN AMPERA & SUNGAI MUSI

tempat wisata di sumatera selatan jembatan ampera

Tempat Wisata di Sumatera Selatan yang pertama dan paling terkenal adalah Jembatan Ampera yang berlokasi di Kota Palembang. Tak heran jika jembatan yang berdiri kokoh di atas Sungai Musi ini dijadikan sebagai ikon Kota Palembang. Karena melalui jembatan ini, kamu bisa menyaksikan pemandangan indah dari lampu-lampu yang turut menghiasi jembatan ini di malam hari.

Biasanya, pengunjung yang datang ke sini mewajibkan dirinya untuk mengambil foto dengan latar belakang Jembatan Ampera, sebagai bukti bahwa ia telah berkunjung ke kota Palembang. Kamu juga bisa menyusuri perairan Sungai Musi dengan menyewa jasa boat dan sampan.

Di akhir perjalanan saat berkunjung ke Jembatan Ampera, kamu bisa beralih mencicipi kuliner khas Palembang yang berada di restoran terapung di sekitar daratan Sungai Musi. Jadi kamu bisa bersantai sambil melihat keindahan Jembatan Ampera. Pastinya akan menjadi suasana malam yang sangat romantis.

2. GOA PUTRI

tempat wisata di sumatera selatan goa putri


Ada juga tempat wisata di Sumatera Selatan berupa pemandangan alam bawah bernama Goa Putri. Goa ini berlokasi di Desa Padang Rindu, Kecamatan Semidang Aji, Kabupaten Ogan Komering Hulu. Berjarak 230 km dari Kota Palembang.

Di sini kamu akan melihat keindahan tebing-tebing stalagtit dan stalagmit yang ada di dalam goa. Bagian dalam goa, sebagian ditambah dengan lampu kuning untuk penerangan supaya pengunjung menjadi lebih rileks. Jangan lupa membawa bekal makanan dan minuman saat berkunjung ke Goa Putri, karena tidak ada warung makan tersedia di tempat ini.

3. ARUNG JERAM SUNGAI MANNA

Tempat Wisata di Sumatera Selatan arung jeram sungai manna

Dibalik arus sungai musi yang terlihat tenang, ternyata ada arus sungai yang cukup deras bergemuruh dan menantang yang biasa digunakan sebagai tempat arung jeram, yaitu Sungai Manna, berlokasi di Kecamatan Tanjungsakti, Kabupaten Lahat. Tingkat kesulitan medannya berbeda-beda. Pastikan untuk mempersiapkan kesehatan tubuh saat kamu berkunjung ke salah satu tempat wisata di Sumatera Selatan ini. Di sepanjang sungai, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan indah tebing bebatuan dan alam hutan hujan tropis.

4. AIR TERJUN BIDADARI


Tempat Wisata di Sumatera Selatan air terjun bidadari

Bagi kamu yang suka dengan suasana hutan dengan air yang mengalir, ada salah satu objek wisata alam di Sumatera Selatan yang harus kamu kunjungi, yaitu Air Terjun Bidadari. Berlokasi di Desa Karang Dalam, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat. Indahnya hutan pedalaman Sumatera Selatan dan air yang jernih nan bening akan memberikan kepuasan tersendiri kepada pengunjung yang datang ke tempat ini.

5. BENTENG KUTO BESAK

Tempat Wisata di Sumatera Selatan benteng kuto besak

Banteng Kuto Besak adalah salah satu tempat wisata di Sumatera Selatan yang bersejarah. Benteng ini adalah bangunan keraton pada abad XVIII yang menjadi pusat Kesultanan Palembang. Benteng Kuto Besak ini berlokasi di Kecamatan Bukit Kecil, Kota Palembang. Awal pendirian bangunannya digagas oleh Sultan Mahmud Badaruddin I dan selanjutnya diselesaikan oleh  Sultan Mahmud Bahauddin.

6. PULAU KEMARO

tempat wisata di sumatera selatan pulau kemaro

Pulau Kemaro adalah sebuah pulau yang terletak di tengah Sungai Musi sekitar 6 km dari lokasi Jembatan Ampera berada. Diatas Pulau Kemaro berdiri sebuah vihara yang digunakan oleh penduduk beragama hindu setempat untuk beribadah. Pemandangan alam dan nuansa sejuk di sekitar Pulau Kemaro menjadikannya sebagai salah satu tempat wisata di Sumatera Selatan yang tidak boleh kamu lewatkan.

7. TAMAN BUKIT SIGUNTANG

Tempat Wisata di Sumatera Selatan taman bukit siguntang

Berikutnya adalah Taman Bukit Siguntang. Berbentuk bukit kecil dengan ketinggian kurang lebih 30 m dari permukaan laut yang berada tidak jauh dari bukit ini. Bukit siguntang adalah taman purbakala yang berada di wilayah administratif Kecamatan Ilir Barat I, Kota Palembang. Di kawasan ini banyak ditemukan peninggalan-peninggalan purbakala dan artefak-artefak buddhisme dari zaman kejayaan kerajaan Sriwijaya masa lampau. Di puncaknya juga ditemukan beberapa makam kuno dan dipercaya sebagai makam para leluhur masyarakat Palembang. Sekitar bukit ini dipenuhi pepohonan besar dan taman yang bisa kamu jadikan sebagai tempat bersantai sambil menikmati suasana.

Itulah beberapa destinasi wisata menarik di Provinsi Sumatera Selatan. Ajaklah keluarga dan orang-orang terdekatmu untuk ikut menikmati keindahan pariwisata di Bumi Sriwijaya. Dari Sumatera Selatan, kamu bisa sekaligus mampir ke Lampung. Ada beberapa Tempat wisata keren di Lampung yang juga sangat eksotis dan mempesona.


EmoticonEmoticon