7 Makanan Ini Membantu Mencegah Kanker Payudara

7 Makanan untuk Mencegah Kanker PayudaraKanker adalah salah satu penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian di dunia ini. Kanker menjadi momok menakutkan bagi setiap orang, karena penyakit ini tidak mengenal jenis kelamin ataupun usia. Semua orang bisa beresiko terkena penyakit kanker.

Banyak hal yang menjadi faktor penyebab penyakit kanker, bisa karena faktor keturunan, faktor karsinogen (zat-zat yang menyebabkan penyakit kanker), ataupun karena faktor gaya hidup. Tetapi kebanyakan disebabkan oleh gaya hidup yang berkaitan dengan pola hidup tidak sehat ataupun konsumsi makanan / minuman yang tidak sehat.

Kanker sendiri jenisnya beragam. Pada kesempatan kali ini saisane akan menyinggung penyakit kanker yang biasa menghinggapi kaum wanita, yaitu kanker payudara.

Oleh karena itu, membiasakan hidup sehat sangat penting sebagai upaya untuk mencegah dan mengurangi resiko terserang penyakit kanker. Di antaranya yaitu dengan mengkonsumsi makanan-makanan tertentu yang terbukti mampu mencegah ataupun mengurangi resiko terserang kanker.

makanan untuk mencegah kanker payudara


Beberapa Makanan untuk Mencegah Kanker Payudara


Di bawah ini adalah beberapa makanan yang dipercaya membantu mencegah kanker payudara.

Sayuran cruciferous


Sayuran cruciferous adalah jenis sayuran yang kaya akan kandungan kimia belerang, atau biasa dikenal dengan glucosinolate. Kandungan kimia yang ada pada jenis sayuran ini akan menimbulkan rasa pahit dan aroma yang kuat dan dapat membantu mencegah kanker payudara. Sayuran yang masuk dalam kategori ini sudah sangat akrab dengan dapur masyarakat kita sehari-hari, seperti bawang putih dan kubis.

So, buat anda yang ingin sehat dan terhindar dari resiko kanker, jangan remehkan jenis sayuran ini.

Sayuran berdaun hijau


Bagi anda yang ingin terhindar dari resiko kanker payudara, rajin-rajinlah untuk mengkonsumsi sayur-sayuran berdaun hijau. Selain banyak manfaat kesehatan bagi tubuh yang akan kita peroleh, dalam sayuran berdaun hijau juga terdapat lutein dan zeaxanthin yang bermanfaat untuk membantu mencegah kanker payudara.

Tomat


Selanjutnya ada buah tomat yang juga bermanfaat untuk mengurangi resiko dan mencegah  kanker payudara. Sebagaimana dikemukakan oleh para ahli onkologi bahwa buah tomat kaya akan lycopene, nutrisi penting yang mengandung banyak vitamin dan antioksidan bagi tubuh.

Buah dan sayuran


Selain buah tomat dan sayuran berdaun hijau yang secara khusus berkhasiat membantu mencegah kanker payudara, semua buah dan sayuran lainnya juga sangat penting untuk membantu mencegah kanker payudara. Karena pada umumnya setiap buah dan sayuran itu kaya akan vitamin dan antioksidan yang membantu tubuh melawan resiko kanker. Para pakar kesehatan menganjurkan untuk mengkonsumsi buah dan sayuran setidaknya 400gram per hari.

Ikan


Bagi kaum hawa yang ingin terhindar dari penyakit kanker payudara harus memperhatikan makanan yang satu ini, ikan. Selain banyak manfaat lain dari mengkonsumsi ikan, ternyata kandungan lemak tak jenuh ganda dari ikan juga dapat membantu mencegah kanker payudara. Hasil studi dari para ahli membuktikan bahwa wanita yang rajin mengkonsumsi ikan lebih sedikit terkena resiko kanker, terutama jenis ikan yang mengandung lemak tak jenuh ganda seperti ikan salmon dan tuna.

Minyak zaitun


Salah satu yang menjadi pemicu munculnya kanker adalah oksidasi dalam tubuh. Ternyata kandungan dari minyak yang berasal dari pohon zaitun ini mampu mengurangi oksidasi dalam tubuh. Karena kandungan dalam minyak zaitun kaya akan antioksidan dan phytonutrients sehingga membantu mencegah kanker payudara.

Kedelai


Kedelai dengan berbagai ragam olahannya seperti tahu, tempe, susu kedelai, dan sebagainya ternyata juga sangat bermanfaat untuk mencegah kanker payudara. Dalam sebuah penelitian yang diadakan oleh Institut Kanker Nasional Amerika Serikat menemukan fakta bahwa wanita dengan diet kaya soya/kedelai beresiko lebih sedikit terserang kanker payudara dibandingkan dengan mereka para wanita yang diet rendah soya.
Itulah beberapa jenis makanan yang dapat membantu mencegah kanker payudara. Sebarkan informasi penting ini kepada para wanita dan orang-orang terdekat yang anda sayangi. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon