Menikmati Sejuta Keindahan Alam Kepulauan Raja Ampat Papua

Keindahan Alam Kepulauan Raja Ampat PapuaApuse kokondao, yarabe sorondoreri, wuf lenso bani nema baki pase. Arapabye aswarakwar. Ada yang tahu lagu ini berasal dari mana? Yap betul, Apuse merupakan lagu daerah yang berasal dari daerah Papua. Pada artikel kali ini saya akan mengajak kalian jalan-jalan untuk menelusuri sejuta keindahan alam kepulauan Raja Ampat Papua.
Kepulauan Raja Ampat merupakan kepulauan yang terletak di bagian barat pulau Papua. Berada di Kabupaten Raja Ampat, Propinsi Papua Barat. Kepulauan yang berkomposisi 35 pulau berpenghuni dan 575 pulau tidak berpenghuni ini memiliki empat pulau besar secara berurutan dari pulau yang terluas , yaitu Pulau Waigeo (3.155 km2), Misool(2.034 km2), Salawati (1.623 km2), Batanta (453 km2). Sangat mudah untuk mengetahui letak kepulauan Raja Ampat, pada peta Pulau Papua yang mirip seperti burung  yang sedang bertengger ini anda tentu saja dapat melihat daerah Kota Sorong pada bagian pulau yang terbentuk seperti kepala burung. Yap, tepatnya di bagian barat Kota Sorong terdapat daerah administratif Kabupaten Raja Ampat.

kepulauan raja ampat papua
Peta lokasi Kepulauan Raja Ampat Papua

kepulauan raja ampat papua
Penampakan Gugusan Kepulauan Raja Ampat Papua

Kepulauan Raja Ampat yang dihuni sebanyak 44.568 jiwa (Data BPS Kab. Raja Ampat) ini,  mayoritas dikunjungi oleh turis yang datang dari berbagai negara yang bertujuan untuk menikmati keindahan flora dan fauna bawah laut dengan cara diving. Hal ini dikarenakan air laut yang sangat bening,terdapat setengah dari seluruh spesies ikan di dunia hidup di perairan Raja Ampat, terumbu karang yang masih terjaga, dan hutan yang belum pernah dijamah oleh tangan manusia.

kepulauan raja ampat papua
Diving di Perairan Kepulauan Raja Ampat

Bagi sahabat travelers yang ingin mengunjungi kepulauan Raja Ampat tentunya harus mempersiapkan budget liburan yang cukup wow, karena anda akan merogoh kocek yang lumayan besar. Tetapi biaya tidak menjadi masalah demi kepuasan batin yang akan anda dapatkan disini.

Untuk menuju lokasi, anda dapat menggunakan maskapai penerbangan dari Bandara Soekarno-Hatta di Jakarta atau Bandara Ngurah Rai di Bali menuju Bandara Domine Eduard Osok di Kota Sorong melalui Kota Makassar, Manado, Ambon. Dari bandara, anda dapat menggunakan kendaraan taxi menuju Pelabuhan Rakyat. Dari pelabuhan, anda dapat menggunakan transportasi kapal Ferry atau Speedboat menuju Pelabuhan Waisai. Kenapa harus ke Pelabuhan Waisai terlebih dahulu? Karena anda diwajibkan untuk membayar biaya konservasi dengan cara  mendatangi kantor Depbudpar untuk melakukan pembayaran. Setelah itu anda dapat mencari tempat penginapan.

Berbagai aktivitas travelling yang dapat anda nikmati selain diving adalah menyusuri gua waigeo, gua tombolo, trekking, memberi makan kuskus, melihat atraksi burung Cendrawasih menari, hunting foto, sunrise and sunset, memancing ikan, mengunjungi pulau-pulau raja ampat lainnya, dan melihat budaya asli penduduk setempat.

kepulauan raja ampat papua
Menyusuri Gua Waigeo, Kepulauan Raja Ampat

Belum lengkap rasanya setelah puas menikmati keindahan Kepulauan Raja Ampat tanpa menyantap makanan khas yang ada disana, berikut sajian kuliner yang wajib anda coba, sup ikan kuning, Papeda, Cacing Laut Goreng, Sate Ulat Sagu, dll

kepulauan raja ampat papua
Bubur Papeda yang terbuat dari tepung sagu sebagai makanan pokok

kepulauan raja ampat papua
Sup Ikan Kuning

Bagaimana sahabat travelers? Sudahkah kalian mempunyai planning untuk menghabiskan liburan yang akan datang? Jangan mengaku sebagai traveler sejati apabila belum mengunjungi kepulauan Raja Ampat Papua, surga kecil di Indonesia Timur ini. Selamat berlibur dan salam traveler.


EmoticonEmoticon