7 Objek Wisata Sumatera Barat - Beberapa Tempat Wisata Populer di Tanah Minang

7 Objek Wisata Sumatera BaratSumatera Barat adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di pulau Sumatera. Penduduk Sumatera Barat mayoritas beretnis Minangkabau dengan kota Padang sebagai ibukotanya. Sumatera Barat terkenal sebagai salah satu penghasil kuliner indonesia yang lezat, seperti; rendang, itiak balado hijau, keripik sanjai, teh talua, dan lain sebagainya. Selain varian kulinernya yang dikenal di mana-mana, Sumatera Barat ternyata juga kaya akan pariwisata. (baca juga: Destinasi wisata populer di Sumatera Selatan)

7 Rekomendasi Objek Wisata Sumatera Barat


Ada beberapa obyek wisata di Sumatera Barat yang cukup terkenal. Pada kesempatan ini, saisane hanya akan merekomendasikan tujuh yang paling menarik untuk kamu kunjungi.

1. Jam Gadang


objek wisata sumatera barat jam gadang

Jam Gadang terletak di pusat Kota Bukittinggi, tepatnya didepan bangunan Ramayana Plaza. Dari kawasan ini kamu dapat melihat dengan sekilas pemandangan hamparan bangunan Kota Bukittinggi, badut-badut lucu yang menghibur para pengunjung, pedagang souvenir khas Bukittinggi, dan keramaian lainnya. Karena memang lokasi Jam Gadang ini dekat dengan pasar. Tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, apalagi untuk masuk ke Obyek wisata Jam Gadang ini gratis, terbuka untuk umum. Tempat ini menjadi salah satu ikon objek wisata sumatera barat.

2. Pantai Carocok


objek wisata sumatera barat pantai carocok

Berikutnya adalah Pantai Carocok, objek wisata Sumatera Barat yang terletak di Painan, Kabupaten Pesisir Selatan. Di sini kamu bisa menikmati pemandangan pasir putih pantai carocok yang bersih dan mirip seperti wisata bahari yang ada di Kepulauan Seribu, Jakarta. Di sini juga tersedia fasilitas yang dapat kamu manfaatkan untuk melengkapi perjalanan wisatamu ke sini, seperti banana boat, speedboat, dll.

3. Kebun Binatang Bekantan


objek wisata sumatera barat kebun binatang bekantan

Objek wisata Sumatera Barat yang satu ini terletak di Bukittinggi, terhubung oleh jembatan limpapeh dari taman panorama menuju benteng fort de kock. Kamu harus membayar karcis untuk memasuki kawasan suaka margasatwa ini. Fauna yang ada di sini di antaranya gajah, harimau sumatera, burung, kijang, rusa, beruang, dll. Di kawasan kebun binatang ini juga terdapat rumah gadang yang digunakan sebagai museum sejarah.

4. Minangkabau Fantasi (Mifan) Water Park


objek wisata sumatera barat minangkabau fantasy

DKI Jakarta terkenal dengan wahana airnya Dufan (Dunia Fantasi), di Sumatera Barat juga terkenal dengan wahana air Mifan (Minangkabau Fantasi) tepatnya di Kota Padang Panjang. Mifan merupakan objek wisata Sumatera Barat berupa wahana air yang terletak di dalam hutan Sumatera tepatnya di Kota Padang Panjang. Mifan juga disebut dengan water park karena lokasinya yang berada di tengah hutan.

5. Lembah Harau


objek wisata sumatera barat lembah harau

Mencari pemandangan eksotik lembah hijau? ada Objek wisata Sumatera Barat bernama Lembah Harau. Terletak di kota Payakumbuh. Tempat ini terkenal dengan deretan bukit berbatu cadasnya yang tinggi dan dialiri oleh air terjun yang mengalir dari salah satu puncak lembah. Di sana kamu juga dapat membeli souvenir khas payakumbuh. Ada juga area pemandian, rest area, dan sebagainya.

Untuk mencapai puncak teratas dari lembah harau, kamu harus menaiki anak tangga terlebih dahulu. Dari atas kamu dapat melihat pemandangan hamparan sawah yang diapit oleh kumpulan lembah serta dialiri oleh sungai.

Pemandangan barisan tebing yang tinggi dan bercadas akan bisa kamu saksikan sepanjang perjalanan menuju lokasi wisata ini. Untuk menuju lokasi dapat ditempuh melalui jalur darat sekitar 3 jam dari Kota Bukittinggi.

Setibanya di Lembah Harau  kamu akan menjumpai air terjun yang indah dan sangat mempesona. Ada banyak pepohonan berbentuk kanopi yang akan memberikan kesejukan alami, karena di bawah kanopi tersebut udaranya cukup lembab.

6. Istano Basa Pagaruyung


objek wisata sumatera barat istano basa pagaruyung

Objek wisata Sumatera Barat yang satu ini adalah istana yang mirip rumah adat. Berlokasi di Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar. Sumatera Barat dahulunya juga dipimpin oleh raja pagaruyuang. Istana ini lah yang menjadi saksi kejayaan kerajaan pada masa itu. Sekarang istana ini dijadikan sebagai museum. Istana ini pernah mengalami kebakaran kemudian diperbaiki lagi.
  

7. Museum Tuanku Imam Bonjol


objek wisata sumatera barat museum imam bonjol

Objek wisata Sumatera Barat yang terakhir adalah wisata sejarah Museum Tuanku Imam Bonjol. Selain letak Indonesia yang merupakan kawasan strategis karena terletak di antara dua benua dan dua samudera, Indonesia juga dikenal dengan sebutan wilayah khatulistiwa 0 derajat yang membelah bumi secara horizontal menjadi dua bagian yang sama. Spot khatulistiwa nol derajat ini selain ada di kota Pontianak, kalsel, juga berada di kecamatan Bonjol, Kabupaten Pasaman, Sumbar. Di daerah khatulistiwa ini terdapat museum yang setiap tahun ada peringatan hari titik kulminasi di sini.

Itulah beberapa rekomendasi objek wisata Sumatera Barat yang keren dan menarik, yang bisa menjadi destinasi bagi kamu untuk menghabiskan masa liburan bersama orang-orang tercinta di tanah Minang. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon