Nikmatnya Jengkol Balado Cabe Hijau Ala Masakan Padang

Jengkol Balado Cabe Hijau Ala MasakanPadangSudah mejadi hal yang lumrah apabila kita berkunjung dan melihat menu masakan  suatu restoran yang didalamnya tertera beberapa menu masakan yang diakhiri dengan kata balado setelah kata benda yang menjadi bahan makanan. Balado merupakan istilah dari masakan yang berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat. Banyak sekali jenis dari menu balado ini, diantaranya ayam balado, dendeng balado, sanjai balado, jengkol balado, dan balado-balado lainnya. Pada artikel kali ini, saya akan memperkenalkan masakan jengkol balado yang tidak seperti biasanya dibalut dengan sambal cabe merah. Ya ini dia, jengkol balado cabe hijau ala padang.

Jengkol balado cabe hijau ini merupakan masakan yang perlu sahabat kuliner coba, apalagi sahabat para jengkolers mania, kenapa? Karena masakan ini memberikan cita rasa yang berbeda dibandingkan dengan masakan olahan berbahan baku jengkol lainnya, seperti semur jengkol, rendang jengkol, gulai jengkol, dll. Cita rasa kenyal yang khas ketika memulai gigitan pertama pada masakan ini dijamin akan memberikan efek ketagihan yang tidak terlupakan.

Dibutuhkan teknik cara memasak yang berbeda untuk mengolah masakan jengkol balado cabe hijau ini, dimulai dengan memilih buah jengkol yang tidak terlalu muda dan juga tidak terlalu tua untuk dimasak, ibarat lagu rhoma irama yang ada liriknya “yang sedang-sedang saja” sampai dengan cara menggoreng yang membutuhkan keahlian dan pertimbangan waktu khusus agar hasil gorengannya tidak terlalu kering dan tentunya kenyal dimulut. Ga kebayang kan kalau gorengannya sampai hangus? Bisa-bisa nanti sahabat kuliner makan jengkol hangus. Haha

Berikut resep untuk membuat “Jengkol Balado Cabe Hijau Ala Masakan Padang.”

Bahan untuk Memasak Jengkol Balado Cabe Hijau

  • 6 buah jengkol yang tidak terlalu muda dan tidak terlalu matang
  • 1 ons cabe hijau keriting
  • 5 siung bawang merah yang dihaluskan
  • 4 siung bawang putih yang dihaluskan
  • 1 lembar daun salam
  • Minyak goreng secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara Memasak Jengkol Balado Cabe Hijau

  1. Pertama-tama, Kupas jengkol dari kulitnya kemudian rebus jengkol sampai matang.
  2. Angkat jengkol dan pipihkan bentuknya dengan cara memukul pelan-pelan bagian punggungnya dengan batu khusus untuk penggilingan cabe.
  3. Hidupkan kompor serta tuang dan panaskan minyak goreng kedalam wajan.
  4. Kemudian masukkan jengkol dan masak sebentar. Lalu angkat jengkol dan pindahkan kedalam wadah hasil masakan sementara. Tujuan dari memasak sebentar ini agar jengkol berangsur matang karena jengkol membutuhkan waktu yang lama supaya benar-benar matang sedangkan cabe lebih cepat matangnya. Hasil akhir yang diharapkan jengkol dan cabe matang secara bersamaan.
  5. Masukkan cabe, bawang merah, bawang putih dan garam secukupnya. Lalu goreng hingga matang.
  6. Selanjutnya masukkan daun salam dan garam secukupnya.
  7. Apabila bumbu sudah matang, masukkan jengkol yang ada pada wadah tadi dan aduk-aduk hingga buah jengkol dan bumbu merata.
  8. Matikan kompor dan segera hidangkan jengkol balado cabe hijau ala padang dengan nasi putih hangat.



jengkol balado cabe hijau


Foto Jengkol Balado Cabe Hijau Ala Padang

Walaupun jengkol menimbulkan bau tidak sedap apabila dikonsumsi, bukan berarti semua orang menghindari untuk menyantapnya. Alasannya karena rasa yang kenyal ketika dikunyah dimulut dan lezat ketika melewati kerongkongan. Adapun tips supaya jengkol tidak meninggalkan bau dimulut yaitu dengan memakan buah mentimun setelah makan jengkol dan memakan permen setelah makan mentimun. Tips supaya jengkol tidak meninggalkan bau ketika Buang Air Kecil (BAK) di toilet yaitu dengan menyiram sesegera mungkin lobang toilet setelah menunaikan BAK. Selamat mencoba sahabat kuliner


EmoticonEmoticon