Rasakan Kelezatan Kue Serabi Hijau Saus Santan

Lezatnya Kue Serabi Hijau Saus SantanSelain dikenal sebagai kota lautan api, pusat distro pakaian, pusat perbelanjaan Paris Van Java, Kota Bandung juga dikenal dengan sajian kuliner yang lezat dan manis. Sajian kuliner ini merupakan salah satu jajanan tradisional yang ada dikota kembang tersebut, ada yang tahu kira-kira apa sebutan dari makanan ini? Yap, apalagi kalau bukan kue Serabi.

Serabi adalah sejenis kue basah bertekstrur lembut yang terbuat dari tepung terigu dan disirami saus santan. Kalau kita mendengar makanan basah, akan terbayang bahwa makanan harus segera kita konsumsi karena tidak baik apabila dikonsumsi terlalu lama setelah dimasak. Rasanya yang manis dan gurih serta balutan saus santan yang nikmat akan memberikan efek ketagihan pada sahabat kuliner yang menyantapnya. Banyak ragam dari makanan kue serabi ini, diantaranya serabi tepung beras, serabi topping keju, serabi topping mayones, serabi hijau.

Pada artikel kali ini saisane akan memperkenalkan kepada sahabat kuliner tentang kue Serabi yang sangat terkenal dan paling banyak diminati yaitu, Serabi Hijau. Kenapa demikian? Karena Pengolahan kue Serabi Hijau yang mudah dan aroma pandan yang harum, sehingga apabila anda menjumpai makanan ini kebanyakan penjual akan menjual kue serabi berwarna hijau. Warna hijau berasal dari warna alami daun suji.

Kue Serabi biasanya oleh masyarakat Bandung disantap untuk sarapan di pagi hari, begitu juga dengan pelancong yang datang dari Jakarta dan dari luar kota, kebanyakan mereka apabila berkunjung ke Kota Bandung akan menyempatkan diri untuk menyantap makanan ini. Tetapi bagi anda yang menderita diabetes tidak saya sarankan untuk menyantap makanan ini setiap hari, karena risiko potensi penyakit anda bertambah parah lebih besar daripada mereka yang sehat, kecuali kalau anda menggunakan pemanis rendah kalori seperti tropicana slim. Selain menggunakan gula rendah kalori, anda harus bijak dalam mengatur frekuensi mengkonsumsi makanan ini dengan cara sistem selang-seling seperti 2-3 kali dalam seminggu.

Setelah mengetahui apa itu kue serabi hijau, selanjutnya bagaimana dengan langkah-langkah membuatnya? Apa saja bahan yang diperlukan? Dan bagaimana cara memasak yang benar? Silahkan simak resep berikut. 

kue serabi hijau rasa pandan

Serabi Rasa Pandan

Resep Kue Serabi Hijau Saus Santan


Ada dua objek memasak yang harus anda lakukan dalam proses pengolahan kue serabi hijau ini, yaitu memasak kue serabi dan saus santan. Berikut akan dijelaskan langkah-langkah pembuatannya per objek.

Bahan Serabi :

  • 350 gram tepung terigu
  • 300 ml air santan dari 1 buah kelapa
  • 30 ml air daun suji
  • 2 butir telur ayam
  • ½ sendok teh baking powder
  • ½ sendok teh garam halus


Bahan Saus :

  • 500 ml air santan dari 1 buah kelapa
  • 200 gram gula merah yang sudah diiris
  • 2 lembar daun pandan
  • 1 sendok teh gula pasir
  • ¼ sendok teh garam halus


Cara Memasak Kue Serabi Hijau Saus Santan


Serabi Hijau :

  1. Masukkan tepung terigu, baking powder dan garam kedalam suatu wadah, kemudian aduk sampai menyatu dan tercampur rata.
  2. Masukkan 300 ml air santan dan telur kedalam wadah campuran tepung tadi.
  3. Masukkan sisa air santan dan diaduk-aduk hingga rata.
  4. Tuangkan air daun suji lalu diaduk sampai rata.
  5. Nyalakan api dikompor (utamakan tungku), kemudian panaskan wajan berukuran kecil dan tebal diatas api sedang.
  6. Tuangkan adonan seukuran satu sendok sayur untuk satu keping kue serabi kedalam wajan. Kemudian tunggu beberapa menit hingga adonan berubah tekstrur menjadi berpori (membentuk lubang-lubang kecil), lalu angkat dari wajan
  7. Lakukan berulang kali hingga adonan habis.

Saus Santan :

  1. Masukkan semua bahan ke dalam panci, kemudian tunggu hingga semua bahan mencair dan mendidih.
  2. Matikan kompor, dan siramkan secara proporsional ke dalam piring yang berisi kue serabi hijau. 


Demikian resep cara membuat kue Serabi Hijau Saus Pandan, semoga bermanfaat untuk anda pecinta kuliner di rumah. Salam kuliner.


EmoticonEmoticon