Eksplore Keseruan Berwisata ke Pulau Tidung Kepulauan Seribu

Trip to Tidung Island Kepulauan seribuIndonesia adalah negara yang memiliki luas 1/3 daratan dan 2/3 lautan. Karena di dominasi oleh lautan, Indonesia dikenal sebagai negara maritim. Tentunya negara maritim Indonesia memiliki banyak kawasan objek wisata bahari yang potensial, diantaranya ada Kepulauan Mentawai, Kepulauan Seribu, Wakatobi, Raja Ampat,  Bali, Lombok, dll. Pada artikel kali ini, saya akan mengeksplor Pulau Tidung yang termasuk bagian dari Kepulauan Seribu.

Pulau Tidung adalah pulau yang terbesar di Kepulauan Seribu. Berlokasi di Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, Propinsi DKI Jakarta. Pulau Tidung terbagi atas Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil yang dihubungkan oleh Jembatan Cinta sepanjang 800 m. Pulau ini merupakan travelling destination di Kepulauan Seribu yang paling banyak dikunjungi oleh sahabat travelers baik dari dalam negeri maupun turis dari luar negeri.

Lokasi Pulau Tidung, Kepulauan Seribu


Untuk menuju Pulau Tidung pengunjung dapat menggunakan jasa agen perjalanan. Agen akan menjemput pengunjung ke Pelabuhan Muara Angke kemudian mendampingi pengunjung sampai di Pulau Tidung serta mencarikan tempat penginapan. Tarif paket wisata yang ditawarkan oleh agen bervariasi, mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Kebanyakan dari paket wisata yang ditawarkan berdurasi  2 hari 1 malam dan 3 hari 2 malam. Semakin lama pengunjung disana, tentunya semakin banyak biaya yang dikeluarkan.

Sekedar tips, bagi para sahabat travellers yang akan memilih agen perjalanan, sebaiknya untuk mengetahui terlebih dahulu apa saja fasilitas yang ditawarkan di dalam paket tersebut. Dalam satu paket, bisa saja berbeda antara satu agen dengan agen lainnya, biasanya tentang biaya selama berwisata seperti ongkos kapal ferry PP, penginapan, makan, air galon, sepeda, snorkeling dan lainnya. Ini akan berpengaruh pada anggaran liburan kamu apakah masih membutuhkan anggaran lain karena belum termasuk dalam paket atau tidak.

Lama perjalanan dari Pelabuhan Muara Angke menuju lokasi yaitu sekitar 3 jam apabila pengunjung menggunakan jasa transportasi kapal ferry, dan 1 jam apabila menggunakan jasa speedboat. Di sepanjang perjalanan, pengunjung dapat melihat kapal yang juga berlayar keluar masuk Pelabuhan Muara Angke, deburan ombak Laut Jawa, sebagian ikan yang meloncat-loncat dipermukaan air laut, dan beberapa onggok lukisan sampah yang ada ditengah-tengah laut (wah yang ini memberikan gambaran bahwa masih banyaknya masyarakat setempat yang buang sampah ke sungai dan bermuara di laut). Perbedaan warna air laut muara angke dengan warna air laut di Pulau Tidung sangat kontras dari warna biru tua kecoklatan, biru tua, lalu biru muda, bahkan putih seperti mata air di pegunungan.
Sesampainya di Pulau Tidung, pengunjung akan diantar oleh agen ketempat penginapan. Setelah itu pengunjung dapat menggunakan sepeda ontel sebagai moda transportasi, gratis jika sudah disediakan oleh tempat penginapan. Jika penginapan tidak menyediakan fasilitas ini, jangan khawatir karena disana juga ada jasa penyewaan sepeda ontel.

Fasilitas dan Aktifitas di Pulau Tidung Kepulauan Seribu


keindahan berlibur ke pulau tidung

Berbagai macam fasilitas yang dapat digunakan oleh pengunjung dan tentunya berbayar. Seperti perlengkapan snorkeling, diving, banana boat, camera underwater, pelampung, tungku tempat berbeque, airsoftgun game, rest area, rumah makan seafood dan lainnya.

Kamu bisa singgah di dermaga (pelabuhan) tempat kapal ferry/speedboat berlabuh di Pulau Tidung. Ada juga sebuah jembatan yang dikenal dengan Jembatan Cinta, penghubung Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Di perairannya, kamu bisa snorkeling untuk melihat keindahan terumbu karang dan biota laut lainnya di Pulau Tidung, Menelusuri pantai Pulau Tidung menggunakan Banana Boat. Yang tidak kalah serunya, bermain Airsoft gun game bersama kawan-kawan untuk menguji kerjasama dan ketangkasan.

Jangan lewatkan momen spesial menjelang sore hari, pengunjung akan disuguhi pemandangan indah proses matahari tenggelam (sunset) yang begitu cantik. Sunset ini akan menjadi pelengkap bagi kamu yang sudah menghabiskan tenaga seharian berlibur di sini. Setelah matahari tenggelam, selanjutnya pengunjung bisa mengadakan pesta kecil-kecilan seperti pesta bakar ikan di dekat penginapan atau di restoran sea food. 

Bagaimana sahabat travelers? Apakah kalian merasa penasaran dengan indahnya wisata bahari Pulau Tidung? Kalau iya, ayo sempatkan diri kalian di masa liburan yang akan datang untuk mengunjungi pulau ini bersama keluarga atau teman-teman. Selamat bersenang-senang dan salam travelers!


EmoticonEmoticon