Menikmati Waktu Santai dengan Sajian Kepiting Goreng Crispy

Kepiting Goreng Crispy - Bagi sahabat kuliner yang pernah menonton tayangan film kartun Spongebob Squarepants tentu tidak asing lagi dengan tokoh Mr. Krab. Lalu timbul sebuah pertanyaan, jenis hewan apa yang memerankan tokoh Mr. Krab pada film kartun spongebob tersebut? Yap, dia adalah kepiting.

Mr. Krab sang pemilik restoran Krusty Krab yang mempunyai resep rahasia restoran. Kali ini saisane tidak akan membahas tentang resep Mr.Krab, tetapi bagaimana cara menjadikan kepiting sebagai sajian kuliner yang dapat sahabat jadikan list kuliner di akhir pekan.

Kepiting merupakan salah satu biota laut berbentuk pipih yang banyak ditemukan di perairan dangkal (pantai). Hampir seluruh bagian tubuhnya dilindungi cangkang yang keras dan dilengkapi dua buah capit. Dibalik bentuknya yang aneh, siapa sangka ternyata kepiting dapat diolah menjadi makanan yang sangat enak dan banyak diincar oleh sahabat kuliner pecinta seafood. Selain memiliki daging yang manis dan gurih, kepiting juga sehat untuk dikonsumsi karena banyak mengandung gizi yaitu kandungan protein yang berguna untuk pendukung proses pembentukan sel otot, kalsium untuk memelihara kepadatan tulang dan gigi, zinc sebagai pembentuk sel darah marah, dan masih banyak kandungan lainnya.

Banyak variasi olahan makanan berbahan utama kepiting, yaitu diolah dengan cara digulai, digoreng, serta dibakar.  Bagi sahabat kuliner yang suka masakan berkuah anda dapat mengunjungi restoran seafood yang menyajikan menu gulai kepiting, kepiting saus tiram, kepiting saus padang. Menu ini juga tersedia di restoran D’cost kota anda. Lain halnya dengan anda yang suka memasak secara mudah dan praktis anda dapat memilih kepiting goreng crispy.

Bagi sahabat kuliner yang tidak mempersoalkan masalah biaya, anda dapat menyantap makanan kepiting goreng crispy ini di restoran yang menjual masakan seafood. Selain harga kepiting yang mahal, mengirit pengeluaran belanja rumah tangga, dan untuk meningkatkan skill memasak tidak ada salahnya kalau sahabat kuliner mencoba memasak kepiting goreng crispy sendiri di rumah. Berikut saisane akan menjelaskan bagaimana cara memasak kepiting goreng crispy yang renyah.

 
Kepiting Goreng Crispy

Bahan membuat kepiting goreng crispy :

  • 3 ekor kepiting yang sudah dibersihkan
  • 1 butir telur ayam
  • 200 ml minyak goreng
  • Tepung
  • 100 ml air santan
  • Garam secukupnya

Cara memasak kepiting goreng crispy :

  1. Pertama-tama masukkan tepung, telur, garam dan air kedalam suatu wadah. Lalu aduk hingga tercampur rata. perlu diingat bahwa dalam penggunaan garam jangan terlalu banyak karena adanya garam alami pada tubuh kepiting.
  2. Apabila sudah rata, masukkan kepiting kedalam wadah tadi. lumuri kepiting dengan campuran tepung dkk tadi hingga rata diseluruh bagian tubuh kepiting
  3. Selanjutnya persiapan memasak, panaskan minyak goreng diatas wajan dengan api sedang.
  4. Kemudian masukkan satu ekor kepiting dan goreng hingga warnanya berubah. Memasak satu per satu untuk memberikan hasil yang maksimal, jadi hindari memasak 3 ekor kepiting sekaligus dalam satu wajan. Perubahan warna pada kepiting yang sedang dimasak menandakan bahwa kepiting sudah masak.
  5. Setelah masak, angkat kepiting dari wajan dan taruh diatas piring. Lakukan berulang-ulang sampai proses pemasakan semua bahan kepiting selesai.
  6. Apabila semua bahan kepiting selesai dimasak. Kepiting goreng Crispy siap untuk disantap.

Demikianlah cara memasak kepiting goreng crispy yang mudah dan praktis. Tambahkan saus tomat atau cabe sebagai pelengkap. Biasanya masakan ini dihidangkan sebagai cemilan diwaktu santai, berkumpul bersama keluarga, berkunjung ke pantai. Selamat mencoba dan salam kuliner.


EmoticonEmoticon