Inilah Cara Jitu Mengobati Sakit Gigi Secara Alami

Resep mengobati sakit gigi secara alami - Gigi adalah salah satu bagian yang sangat penting pada tubuh manusia. Karena gigi memegang peranan penting sebagai alat pengunyah makanan yang akan masuk ke tubuh kita. Saat gigi terganggu maka makanan tidak bisa dikunyah dengan sempurna, pencernaan menjadi terganggu, sehingga berpengaruh terhadap kesehatan tubuh kita.

Namun sakit gigi memang tidak bisa terelakkan. Hampir kita semua pernah merasakan sakit gigi. Karena memang dalam perjalanannya gigi ini bersentuhan dengan beraneka macam makanan yang terkadang meninggalkan noda-noda dan kemudian menghasilkan bakteri yang mengganggu kesehatan gigi. Apalagi jika kita sendiri malas merawat gigi dengan baik.

Meskipun tergolong sakit ringan, namun rasa sakit yang ditimbulkan dari sakit gigi ini cukup luar biasa mengganggu. Seperti nano-nano, banyak rasanya. Ngilu, nyeri, sakit kepala, hilang nafsu makan, dan sebagainya bercampur jadi satu.

mengobati sakit gigi


Kebanyakan orang biasanya langsung merujuk ke obat-obatan pereda sakit gigi yang banyak di jual di took-toko obat dan apotik. Selain tergolong murah, rasa sakit juga relatif cepat hilang. Padahal mengkonsumsi obat-obatan kimia semacam ini tidak baik, apalagi untuk jangka waktu lama.

Baca juga : Ini lho beberapa manfaat minum kopi secara teratur bagi kesehatan..

Untuk itu, di sini saisane akan berbagi resep untuk mengobati sakit gigi secara alami. Resep untuk mengobati sakit gigi yang sudah cukup kuno dari sejak zaman nenek moyang kita dulu dan sudah dirasakan khasiatnya oleh banyak orang. Bahan-bahannya juga sangat mudah ditemukan di sekitar kehidupan kita. Dan terkadang cara-cara seperti ini menyimpan misteri yang bahkan dunia medis tidak bisa mengakalnya.

Resep Mengobati Sakit Gigi Secara Alami


1. Pijat Es Batu



Cara yang pertama untuk mengobati sakit gigi secara alami yaitu menggunakan es batu. Mungkin kamu bertanya-tanya, mana mungkin es batu yang bersuhu dingin bisa mengobati sakit gigi. Terdengar sangat bertolak belakang memang, tapi yang dimaksud di sini bukan menaruh es batu tepat pada gigi yang sakit.

Mengobati sakit gigi dengan es batu yaitu dengan cara mengambil potongan kecil es batu dan letakkan di antara ibu jari dan jari telunjuk. Kemudian pijat es batu tersebut menggunakan ibu jari dan jari telunjuk. Perlahan kamu akan merasakan rasa sakit gigi mulai hilang. Karena pemijatan seperti ini menyentuh sel-sel syaraf sekitar ibu jari dan jari telunjuk yang selanjutnya akan langsung menuju ke pusat syaraf. Cara ini dipercaya akan mengurangi rasa sakit gigi hingga 60-90%.

2. Bawang Putih


Cara kedua mengobati sakit gigi bisa menggunakan bahan dapur, bawang putih. Caranya cukup ambil satu suing bawang putih kemudian potong halus secukupnya. Setelah itu taburkan sedikit garam pada potongan bawang putih tadi. Selanjutnya kunyah di bagian gigi yang sakit. Perlahan rasa sakit gigi akan segera hilang. Cara ini juga bisa sebagai terapi untuk memperkuat struktur tulang gigi. Sedikit bau menyengat memang, tapi tergolong murah dan alami. Dan yang paling penting khasiatnya.

3. Bawang Merah


Bukan hanya si bawang putih. Saudaranya si bawang merah juga berkhasiat untuk mengobati sakit gigi. Caranya sama dengan bawang putih. Selain itu, bawang merah juga kaya akan enzim yang dapat mengatasi bakteri-bakteri dalam mulut.

4. Sari Jeruk Nipis


Selanjutnya ada buah menyegarkan jeruk nipis yang juga berkhasiat untuk mengobati sakit gigi. Caranya cukup peras sari jeruk nipis. Kemudian tuangkan sesendok demi sesendok setiap 10 menit pada bagian gigi yang sakit. Lakukan sampai sari jeruk nipis habis.

5. Minyak Cengkeh


Minyak cengkeh yang dihasilkan dari penyulingan bagian tanaman cengkeh, terutama daun dan bunga cengkeh juga berkhasiat lho untuk mengobati sakit gigi. Cara ini masih banyak dilakukan masyarakat pedesaan dan sangat manjur untuk meredakan sakit gigi. Caranya mudah, oleskan minyak cengkeh menggunakan kapas di bagian daerah gigi yang terasa sakit.

6. Berkumur dengan Air Garam


Yang terakhir, mengobati sakit gigi secara alami juga bisa melalui berkumur dengan larutan air garam. Caranya sangat mudah, cukup taburkan garam secukupnya ke dalam satu gelas air hangat. Aduk hingga larut merata kemudian gunakan untuk berkumur. Meskipun asin, namun kandungan yodium dari garam ini akan membantu meredakan rasa ngilu pada gigi. Berkumurlah sampai terasa reda rasa sakit giginya.

Baca juga : 7 Makanan ini ternyata bermanfaat untuk mencegah kanker payudara..

Gimana teman-teman? Ternyata banyak ya resep alami untuk mengobati sakit gigi yang bertebaran di sekitar kita. Tapi perlu diingat, semua ini hanya untuk sakit gigi biasa. Tapi kalau sudah gigi berlubang dan sebagainya maka sebaiknya kamu konsultasikan ke dokter untuk mengobati sakit gigi jenis ini.

2 komentar

mantabb.. ni sy doyan begadang langganan sagigi. thanks lam kenal.

wah, giginya udah jadi member tetap sakit gigi ini.
Yah semoga tips mengobati sakit gigi di atas bisa work lah..


EmoticonEmoticon