“Lele Asam Padeh”, Masakan Padang Untuk Penggila Masakan Pedas

Masakan padang pedas lele asam padeh - Bagi anak rantau asal Kota Padang seperti saya, merupakan suatu cobaan dalam beradaptasi terhadap makanan/kuliner di ranah Jawa. Kenapa begitu? Ada yang tahu jawabannya? Ya, karena perbedaan cita rasa makanan antara orang Sumatera dan Jawa. Lidah orang Sumatera yang terbiasa dengan masakan pedas, sedangkan Jawa suka masakan manis. Analoginya seperti sambal vs kecap.
Sekedar info saya mulai merantau ke tanah Jawa sekitar 3 tahun yang lalu, tepatnya di Bintaro, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten. Selama tiga tahun saya harus beradaptasi dengan masakan yang manis-manis. Apabila saya teringat masakan pedas maka saya akan membuat masakan pedas sendiri. Pesan mandeh (red: ibu) di kampung, anak rantau harus pintar memasak.
Bicara soal memasak saya ingin bertanya, Ada yang tahu Masakan Padang? Sebutkan apa saja menu masakan padang yang pernah kamu cicipi! Mungkin pertanyaan saya terlalu mudah untuk dijawab karena dewasa ini begitu menjamurnya rumah makan masakan padang. Seperti paham orang Minang berbudaya “merantau” untuk menggapai kesuksesan seningga masakan padang juga ikut merantau bersamaan dengan perantau seperti saya. Tetapi pada artikel ini, saya akan memperkenalkan masakan padang yang tidak familiar di tanah rantau tetapi sangat terkenal di Kota Padang dan Provinsi Sumatera Barat secara keseluruhan.
“Lele Asam Padeh” atau dalam bahasa Indonesia yaitu Asam Pedas Ikan Lele merupakan masakan pedas yang sangat cocok untuk dinikmati bagi sahabat-sahabat yang suka masakan pedas. Berbeda dengan masakan pecel lele yang pengolahannya melalui penggorengan, masakan padang ini diolah dengan cara digulai.

Resep Masakan Padang Lele Asam Padeh

Bahan :

  • 3 ekor ikan lele segar yang sudah dibersihkan
  • 400 ml air santan
  • 2 lembar daun salam
  • 12 buah cabe merah keriting
  • 2 sendok makan minyak goreng
  • 1 batang serai
  • 4 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 buah kunyit potongan kecil
  • garam secukupnya

Cara memasak :

  1. Pertama sekali bersihkan ikan lele dengan cara membelah perut ikan dan membuang isi didalamnya, bersihkan insang pada kepala dan sungut yang melekat pada mulutnya.
  2. Selanjutnya masukkan ikan lele kedalam suatu wadah tempat pelumuran ikan lele, kemudian ditaburi dengan garam dan air jeruk nipis.
  3. Sementara menunggu garam dan jeruk nipis meresap kedalam daging ikan, haluskan cabe keriting, bawang merah, bawang putih, dan kunyit.
  4. Nyalakan kompor dan tuangkan minyak goreng kedalam kwali. Tunggu hingga panas.
  5. Selanjutnya, tumis bumbu yang telah dihaluskan bersama dengan batang serai, dan juga daun salam hingga tercium aroma harum.
  6. Kemudian masukkan air santan kedalam kwali tersebut dan diaduk sedikit supaya bumbu bercampur dengan air. Tunggu hingga air mendidih.
  7. Setelah itu masukkan ikan lele. Taburkan garam secukupnya dan aduk hingga merata supaya ikan lele matang keseluruhan.
  8. Tunggu hingga daging ikan menjadi kenyal yang menandakan bahwa ikan sudah matang
  9. Langkah terakhir hidangkan kedalam suatu wadah yang baru dan Lele Asam Padeh siap disajikan

masakan padang ikan lele pedas
Foto : Lele asam padeh yang siap untuk dihidangkan.
Bagaimana rasanya? Pasti sangat enak dan menantang bagi sahabat kalangan penggila masakan pedas. Rasa pedas dan dicampuri kuah santan yang dicampuri dengan bumbu ala masakan padang menjadikan masakan ini unik serta memanjakan lidah kalian. Saya juga pernah membaca suatu artikel yang mengatakan bahwa setiap ikan lele mengandung suatu zat alami yang menambah rasa pedas sehingga  dalam proses pengolahan ikan apabila lele dicampuri dengan cabe maka akan menambah perpaduan panas dari ikan dan cabe. Selamat mencoba masakan padang Lele asam padeh sahabat kuliner!
oleh: Khairido Ahmad


EmoticonEmoticon