Menikmati Keindahan Alam Laut di Pulau Pahawang

Menikmati Keindahan Alam Laut di Pulau PahawangBelakangan ini wilayah Lampung banyak dilirik oleh para pecinta travelling, khususnya para penggemar wisata bahari. Yaitu pulau Pahawang yang namanya sedang naik daun di kalangan traveller. Saya pribadi juga baru mengetahui keberadaan pulau Pahawang ini dari komunitas-komunitas pecinta travelling. Hampir semua komunitas yang saya ikuti mengadakan open trip ke pulau yang katanya pemandangan lautnya masih sangat alami dan menawan ini.

Sebelumnya Provinsi Lampung hanya terkenal dengan beberapa objek wisatanya seperti Gunung Krakatau, Taman Nasional Way Kambas, dan Teluk Kiluan. Sepertinya pulau pahawang harus segera kamu masukkan daftar destinasi yang wajib dikunjungi.

pulau pahawang


Pulau Pahawang


Pahawang adalah sebuah pulau yang terletak di teluk Lampung. Pulau pahawang ini memang belakangan menjadi primadona baru bagi para wisatawan pecinta wisata bahari. Nama pahawang sendiri sebenarnya adalah nama sebuah desa yang terletak di kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pesaran.

Pulau yang luas wilayahnya sekitar 1.084 hektar ini terbagi menjadi dua pulau, ada Pahawang Besar dan Pahawang Kecil. Jarak tempuh antara ke dua pulau ini sekitar 10 menit menggunakan perahu.
Pulau pahawang bukan pulau kosong, di sana juga ada beberapa desa yang sudah berpenghuni. Meskipun tidak banyak, hanya sekitar 1.500 an jiwa. Yaitu ada enam desa; desa Suakbuah, Penggetahan, Jeralangan, Kalangan, Pahawang, dan Cukuhnyai.

Lokasi Menuju Pulau Pahawang


jika pengunjung memulai start poin dari Jakarta, maka pertama pengunjung harus menuju ke pelabuhan Merak kemudian menuju ke pelabuhan Bakauheuni, biasanya memakan waktu 4 jam di kapal. Sesampainya di Bakauheuni, selanjutnya menuju ke Dermaga Ketapang, sekitar 3 jam menggunakan mobil. Dari Dermaga Ketapang pengunjung harus menggunakan perahu motor untuk menuju pulau Pahawang. Biasanya hanya butuh waktu sekitar 1 jam. Dari atas perahu, sepanjang perjalanan pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan indah perairan laut yang jernih beserta satwa-satwa lautnya yang berkeliaran di sekitar. Perahu motor tersebut akan membawa pengunjung ke pulau Pahawang Besar. Di sinilah sebagian besar penduduk tinggal. Ada homestay atau penginapan yang disediakan penduduk lokal, biasanya digunakan para pengunjung untuk menginap selama menjelajah pulau Pahawang.

Untuk mengeksplor lebih jauh keindahan alam bawah air pulau Pahawang ini biasanya para pengunjung bisa menyewa perahu motor satu hari penuh. Pengunjung bisa melakukan snorkeling ataupun diving untuk melihat terumbu karang yang indah, air laut berwarna hijau toska, serta macam-macam ikan dan satwa laut lainnya. Sangat menakjubkan pastinya.

pulau pahawang


Pulau Pahawang Kecil


Pengunjung juga bisa sekalian mampir ke pahawang kecil yang berjarak sekitar 10 menit dari pahawang besar. Di pahawang kecil, pengunjung bisa menikmati keindahan pasir putih pantai dan pemandangan barisan bukit.

Pulau Tanjung Putus


Di Pahawang Kecil ada sebuah area bernama Tanjung Putus, juga dikenal dengan jembatan tanjung putus. yaitu area yang menghubungkan antara Pulau Tanjung Putus dan Pulau Pahawang Kecil. Tanjung putus adalah salah satu spot menyelam atau snorkeling favorit pengunjung di sekitar pulau pahawang. Banyak keindahan alam bawah laut yang bisa pengunjung saksikan di sini. Uniknya, jembatan tanjung putus ini hanya terlihat saat kondisi air sedang surut.

pulau pahawang


Pulau Kelagian


Satu lagi spot snorkeling yang diminati para pengunjung yaitu pulau kelagian. Pulau kelagian juga memiliki pemandangan alam bawah laut yang menawan. Pulau kelagian berjarak sekitar 45 menit dari pulau pahawang besar. Yang spesial di pulau kelagian adalah pengunjung bisa menyaksikan sunset yang sangat indah. Sangat cocok sebagai pemberhentian terakhir selama menjelajah pulau pahawang. Setelah seharian sibuk snorkeling di sekitar pulau pahawang, sorenya bisa mampir ke pulau kelagian sambil beristirahat bersama teman-teman dan orang-orang tercinta.

pulau pahawang


Bagaimana sahabat travelling? Sudah ada rencana untuk berkunjung ke pulau pahawang?


EmoticonEmoticon