Mematikan Pembaruan Otomatis Aplikasi Android

Mematikan Pembaruan Otomatis Aplikasi Android - Ada beberapa settingan default atau bawaan ketika pertama kali menggunakan smartphone android. Antara lain adalah settingan update atau pembaruan aplikasi android yang terpasang di perangkat android.

Pada settingan default, pengaturan pembaruan aplikasi android dibuat auto-update ketika koneksi internet via wifi. Sehingga setiap smartphone android terhubung ke internet via wifi, maka system akan secara otomatis mengupdate semua aplikasi android terpasang ke versi paling terbarunya.

Akan menyenangkan dan menguntungkan kalau smartphone terhubung ke layanan wifi gratis. Karena semua aplikasi android terpasang dan system android menjadi up to date ke versi terbarunya. Apalagi kalau kapasitas updatenya gede, lumayan kan gratis dan tidak rugi sepeserpun.

Tapi beda ceritanya kalau misalnya wifi yang diakses itu berbayar dengan kuota terbatas. Tentu settingan default auto-update ini akan sangat merugikan. Karena kuota internet wifi bisa jadi akan cepat terkuras habis hanya untuk update pembaruan aplikasi.

Oleh karena itu perlu untuk mengontrol, kita bisa menentukan aplikasi mana yang sebaiknya diupdate dan yang tidak terlalu perlu. Caranya yaitu dengan mengubah settingan pembaruan aplikasi pada perangkat android.

Cara Me-Nonaktifkan Auto-Update Aplikasi Android


Caranya sangat mudah. Ikuti langkah-langkah berikut :

  • Masuk ke play store
  • Pilih menu “settings”
pembaruan otomatis

  • Pilih “auto-update apps”
pembaruan otomatis

  • Nanti muncul seperti ini, Pilih “do not auto updates apps”
pembaruan otomatis


Beres sudah. Sekarang kamu bisa mengakses internet tanpa diganggu auto-update saat kamu sedang asyik dengan gadgetmu, dan pastinya lebih menghemat kuota data.


EmoticonEmoticon