Malu di Momen Sumpah Pemuda

Tags

sumpah pemuda


Hari sumpah pemuda selalu kita peringati setiap tahunnya pada 28 oktober. Momen bersejarah ini mengingatkan kita, khususnya para pemuda, bagaimana semangat dan perjuangan para pemuda pada masa perjuangan dahulu. Betapa gigih semangat mereka untuk mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia.

Pada momen sumpah pemuda ini berbagai stasiun televise selalu menampilkan sosok-sosok muda penebar inspirasi bangsa. Para muda-mudi bangsa Indonesia yang buah karya dan pemikirannya menjadi inspirasi, membawa perubahan, dan mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah internasional. Mulai dari atlet, akademisi, seniman, dan kreatifitas dari muda-mudi yang lain.

Bangga rasanya melihat sosok-sosok muda ini. Dari tahun ke tahun selalu muncul sosok-sosok muda baru yang menginspirasi. Tapi di saat yang sama saya juga merasa malu. Karena saya pun seorang pemuda yang baru berusia 24 tahun, tapi di usia muda menjelang fase semi-tua ini ternyata belum ada sumbangsih yang bisa saya persembahkan untuk Negara ini.

Mereka yang bahkan ada yang lebih muda dari saya, membuat saya merasa banyak waktu yang sudah terbuang sia-sia selama ini. Harus Introspeksi diri dan segera berpikir cerdas, apa yang bisa saya berikan untuk bangsa ini dengan segala sesuatu yang saya miliki.

Lalu bagaimana dengan kalian muda-mudi Indonesia? Kemanfaatan apa yang sudah kalian berikan untuk bangsa ini?

Mari gali apa yang ada dalam diri kita, kita kembangkan kemudian salurkan untuk memberikan manfaat bagi bangsa Indonesia tercinta. Masih banyak PR di bidang pendidikan, kesehatan, kemiskinan, dan sebagainya menunggu kiprah kita semua. Terimakasih para pemuda Indonesia yang sudah memberikan inspirasi dan menumbuhkan rasa optimisme untuk kita semua. Semangat wahai pemuda!


EmoticonEmoticon