Aplikasi Islami Android Pilihan untuk Smartphone

Aplikasi Islami Android Pilihanbuat Smartphone - Hp zaman sekarang memang canggih-canggih. Makanya istilah hp zaman sekarang itu “ponsel pintar” alias smartphone. Jadi sudah bukan stupidphone lagi. Fitur-fitur yang ditawarkan juga beragam. Bahkan fungsi utama hp – untuk komunikasi sekedar nelpon dan sms - sekarang sudah mulai kabur. Karena faktanya banyak yang memberikan porsi lebih pada penggunaan hp selain untuk komunikasi. Missal; untuk main game, untuk selfie, sibuk di dunia sosmed, keperluan grafis, dan sebagainya.

Dengan beragam fitur luar biasa tersebut, sangat disayangkan kalau misalnya kita kurang bisa mengambil manfaat dari perkembangan teknologi ini. Jangan hanya punya smartphone bagus sekedar untuk gaya-gayaan, untuk hiburan semata, atau untuk hal-hal kurang bermanfaat lainnya. Banyak kamanfaatan lebih besar yang bisa kita ambil dari perkembangan teknologi smartphone sekarang ini. Misalnya sebagai media untuk belajar dan menambah wawasan.

Nah, pada kesempatan ini saisane akan berbagi beberapa aplikasi android yang bermanfaat sebagai media untuk belajar dan menambah wawasan. Lebih spesifik lagi yaitu aplikasi islami android pilihan untuk smartphone.

Sebagai muslim, sudah seharusnya kita memahami ajaran agama ini agar apa yang kita lakukan mencerminkan pribadi islami. Apalagi di zaman sekarang ini, dengan perkembangan teknologi internet, akses ke berbagai ilmu pengetahuan banyak sekali dan sangat mudah didapatkan. Jadi tidak ada alasan lagi bagi kita untuk tidak tahu atau tidak paham dengan ajaran islam. Yang ada adalah kita malas mencari tahu.

Rekomendasi Aplikasi Islami Android Pilihan


Beberapa aplikasi islami android ini bermanfaat sebagai media belajar dan akan membantu kita dalam menambah wawasan keislaman. Berikut beberapa aplikasi islami android yang perlu kamu pasang di perangkat smartphone kamu.

Quran


aplikasi islami android pilihan


Aplikasi islami android yang pertama yaitu bernama Quran. Sebagaimana kita tahu, bahwa al-Qur’an adalah sumber ajaran islam yang paling utama. Semua ajaran islam bersumber dari kitab suci ini. Jangan sampai sebagai muslim kita merasa asing dan jauh dari al-Qur’an.

Aplikasi Quran ini sebagai pegangan untuk mempelajari ayat-ayat alquran. Rutin membaca ayat-ayat alquran dan mengahayati maknanya adalah kebiasaan yang sangat bagus untuk dilestarikan. Apalagi dengan hadirnya alquran versi android ini. Ayat-ayat alquran bisa kita nikmati di manapun dan kapanpun.

Aplikasi islami android Quran ini berbeda dengan aplikasi alquran android pada umumnya. Karena tampilan Quran ini seperti versi cetak yang biasa kita lihat. Sehingga lebih nyaman untuk dibaca. Tersedia juga terjemahan untuk semua Bahasa. Selain itu ada juga pilihan untuk menambahkan tafsir/penjelasan alquran dari berbagai kitab tafsir.

Untuk mendownload, langsung saja melalui Playstore.



Riyadhus Shalihin


aplikasi islami android pilihan


Aplikasi islami android selanjutnya adalah kumpulan hadis yang terhimpun dalam kitab Riyadhus Shalihin. Hadis adalah sumber ajaran islam kedua setelah alquran. Yaitu segala perkataan, perbuatan, dan ketetapan Nabi Muhammad saw. Maka sudah sepantasnya kita sebagai muslim yang mengaku umat Muhammad untuk meneladani dan mempelajari ajaran islam yang Nabi ajarkan kepada kita.

Riyadhus Shalihin artinya taman orang-orang shalih. Kitab karya imam Nawawi yang sangat terkenal ini berisi kumpulan hadis tentang panduan hidup untuk kaum muslimin. Terdiri dari 372 bab dan 1896 hadits dalam kitab ini. Hadis-hadis tentang akidah, akhlak, ibadah, dan muamalah sudah tersusun secara rapi.

Aplikasi ini dilengkapi dengan tekt Arab dan terjemahan Indonesia. Ada daftar isi, pencarian, bookmark, dan sebagainya. Sehingga memudahkan kita untuk mempelajari secara bertahap.

Untuk mendownload Aplikasi islami Android ini langsung saja menuju ke Playstore.


Ensiklopedi 9 Hadis


aplikasi islami android pilihan


Selanjutnya adalah aplikasi islami android Ensiklopedi 9 Hadis. Adalah kumpulan hadits dari 9 kitab hadis ternama (Shahih Bukhari, Shahih Muslim, Sunan Abu Daud, Sunan Tirmidzi, Sunan Nasa’I, Sunan Ibnu Majah, Musnad Ahmad, Muwattha Imam Malik, Sunan Al-Darimi).

Aplikasi Ensiklopedi 9 Hadis ini juga dilengkapi koleksi Hadits Terkait Al-Quran, Qudsi, Mutawatir. Sudah ada terjemahan Bahasa Indonesia sekaligus derajat kesahihan hadis, sehingga semakin memudahkan dalam mempelajari hadis yang tak lain merupakan sumber hukum Islam kedua setelah Al-Quran.

Aplikasi ini merupakan versi resmi (official) dari Lidwa Pusaka sebagai pemilik content Ensiklopedi Hadits 9 Imam. Terdiri lebih dari 62 ribu hadis.

Fitur-fiturnya sangat lengkap. Dilengkapi juga dengan diagram jalur sanad, detil perawi, statistik periwayatan, dan lain sebagainya. Selain itu, indeks hadis juga sudah disusun secara tematik, meliputi tema; Iman, Akhlak, Adab, Ibadah, Muamalah, Sirah, Jihad, dll.

Hanya saja file aplikasi Ensiklopedi 9 hadis ini lumayan besar. Kebutuhan kapasitas penyimpanan adalah Installer 237 MB + App 251 MB + Data 446 MB = Total 934 MB. Minimal yang bisa dipindahkan ke SD card : App 251 MB

Jika smartphone kamu cukup kompatibel untuk menjalankan aplikasi ini dengan baik, langsung saja menuju playstore untuk menginstall.



40 Ayat Populer


aplikasi islami android pilihan


Aplikasi islami android pilihan selanjutnya adalah 40 ayat popular. Yaitu aplikasi yang memuat 40 kelompok ayat popular dari alquran. 40 ayat popular di sini maksudnya adalah yang populer dibaca oleh para Imam Masjid. 40 kelompok ayat ini membicarakan tema yang berbeda-beda. Ada tentang ayat shalat, Haji, Pernikahan, Nasehat-nasehat, dan sebagainya.

Cocok sekali untuk dibaca saat menjadi imam shalat. Agar terdengar bervariasi ayat-ayat yang dibaca dan memberikan pesan yang jelas kepada para makmum. Apalagi kalau makmumnya orang-orang yang paham agama.

Tapi di luar itu semua, aplikasi ini perlu kamu pasang. Meskipun kamu bukan imam shalat. Karena kelompok 40 ayat populer ini sangat baik untuk diketahui dan dipahami. Untuk mendownload, langsung ke playstore.


Muslim Pro: Adzan,Quran,Kiblat


aplikasi islami android pilihan


Terakhir, aplikasi islami android yang mungkin sudah sangat populer, Muslim Pro. Aplikasi ini terkenal sebagai aplikasi terbaik sebagai pengingat waktu shalat dan akurasi arah kiblat.

Sudah diakui oleh lebih dari 20 juta Muslim di seluruh dunia sebagai aplikasi pengingat waktu sholat dan adzan terakurat, Muslim Pro juga memiliki fitur Al-Qur'an bertulisan Arab lengkap dengan fonetik, terjemahan, serta resitasi audio. Selain itu, dilengkapi juga dengan fitur penunjuk arah Kiblat, kalender Hijriyah, serta peta untuk menemukan lokasi rumah makan halal, Masjid, dll.

Keren banget kan? Untuk mendownload aplikasi islami android ini langsung saja menuju ke playstore.



Itulah ulasan singkat beberapa aplikasi islami android pilihan. Semoga semakin banyak aplikasi islami android yang lain dan berkualitas. Mudah-mudahan para pengembang aplikasi islami android ini mendapatkan pahala dari Allah dan dimudahkan dalam membuat inovasi-inovasi yang lain.


EmoticonEmoticon