Tips Memilih Lokasi Sarang Burung Walet

Tips Memilih Lokasi Sarang BurungWalet - Dalam budidaya sarang burung walet, lokasi adalah salah satu pertimbangan pertama dan utama. Karena lokasi yang nyaman dan disukai oleh burung walet juga akan membantu perkembangbiakan burung walet dan produktifitas dalam menghasilkan sarang burung walet yang berkualitas. Berikut adalah beberapa tips untuk memilih lokasi sarang burung walet yang tepat.

Lokasi Sarang Burung Walet


Area rawa-rawa dan aliran sungai


Area seperti bisa menjadi lokasi yang sangat pas dan bagus. Karena di area semacam ini banyak sekali serangga terbang yang bisa menjadi sumber pakan alami untuk burung walet.

Lahan pertanian


Selain rawa-rawa dan daerah aliran sungai, lahan pertanian yang subur dengan system irigasi yang baik juga cocok untuk dijadikan lokasi mendirikan gedung sarang burung walet. Karena lahan pertanian semacam ini juga akan mengundang banyak serangga sebagai sumber makanan walet. Makanya sering kita lihat lokasi gedung walet di daerah persawahan.

Dataran rendah dengan ketinggian maksimum 600 m dpl


Meskipun walet adalah jenis binatang burung yang terbang di udara, bukan berarti ketinggian akan menjadi lokasi yang tepat untuk perkembangbiakan walet. Sebaiknya lokasi tempat gedung walet berada di dataran rendah dengan ketinggian maksimum 600 m dpl. Karena sudah banyak pakar burung walet yang mencoba membudidayakan walet di dataran tinggi tapi tidak mendapatkan hasil.

Bebas Polusi


Pastikan bebas polusi, baik polusi udara ataupun suara. Ketenangan walet akan terganggu dengan lokasi yang terlalu bising atau udara yang terlalu banyak polusi. Seperti daerah rawa-rawa dan lahan pertanian yang sudah disebutkan di atas, itu adalah tempat yang paling potensial sebagai lokasi budidaya walet.


Itulah beberapa tips sebagai gambaran sebelum kamu memutuskan lokasi mana yang akan kamu pilih sebagai tempat untuk budidaya sarang burung walet. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon