Nongkrong di Warung Kopi Kang Teplok

Mau berkunjung ke Kota Kendal, Khususnya Kecamatan Boja? jangan lupa menyempatkan diri mampir di warung kopi Kang Teplok.

Bermula dari keinginan pengen nonton pertandingan semifinal SEA Games 2015 Thailand vs Indonesia. Sedang antusiasnya pengen liat tim Garuda berlaga, eh.. pas banget ada yang ngajak nonton bareng ke Warung Kopi kang teplok. Kan memang asyiknya nonton bola itu rame-rame, apalagi di laga krusial seperti semifinal ini. Yah meskipun hasil akhir pertandingan sangat mengecewakan. Tapi kalau saya pribadi sudah "Terlatih Kecewa" dengan persepakbolaan Indonesia. Jadi no worries lah.

Warung Kopi Kang Teplok


Lokasi Warung Kopi Kang Teplok


Warung kopi ini terletak di perempatan Boja, dekat dengan kolam renang boja. Saya juga baru pertama kali. Kebetulan sedang berkunjung ke Boja, tempat kakak sekalian nengok ponakan baru. Saya tertarik share tentang warung kopi ini karena menurut saya unik. Tempatnya asyik dan sangat strategis, di pinggir perempatan jalan pas di bawahnya juga ada "grojogan" aliran saluran air. Jadi semakin menambah suasana khas nya.

Jangan bayangkan warung kopi ini seperti kedai kopi modern dengan interior mewah. Warung kopi kang teplok ini sangat sangat sederhana. Semacam kios warung kecil ala kadarnya dengan beberapa bangku dan meja kayu. Meskipun sederhana, tata letaknya yang tersusun rapi dan bersih ditambah posisinya yang strategis dan unik, membuatnya menjadi tempat yang asyik untuk berlama-lama sekedar nongkrong ditemani segelas kopi.

Uniknya lagi, pemilik sekaligus penjaga warung ini adalah sepasang kakek-nenek. Jarang lho ada warung dikelola orang yang usianya sudah sangat lanjut tapi tetap terawat, bersih, dan rapi. Dalam usia setua itu dua sejoli ini masih gesit dan telaten melayani pelanggan.

Mohon maaf, untuk foto tidak bisa saya sertakan. Karena kebetulan Smartphone saya sedang jadi Stupidphone dan masih diopname di tempat servis.

Sajian Menu


Sajian menunya standar seperti warung sejenis pada umumnya. Selain minuman kopi, teh, dan semacamnya juga ada mie rebus dan berbagai makanan ringan. Tapi kalau di sini menu wajib para pengunjungnya ya pastinya pasangan "duet maut" kopi dan asap.

Asal Usul Nama Warung Kang Teplok


Setiap nama selalu menyimpan sebuah makna. Begitu juga dengan nama kang teplok. Saya sendiri tidak begitu tahu asal muasal kenapa warung kopi ini diberi nama kang teplok. Tapi dilihat dari namanya sepertinya warung kopi ini memiliki sejarah panjang.

Teplok adalah sebuah lampu zaman dahulu. Lampu ini menyala remang-remang dengan memakai sumber bahan bakar minyak tanah. Jadi warung kopi ini sudah berdiri sejak masih populernya penerangan cahaya menggunakan lampu teplok, bahkan mungkin sebelum ada listrik. Sehingga kemudian orang menyebutnya dengan nama warung kopi kang teplok. Tapi kalau sekarang warung ini sudah pakai penerangan lampu listrik, sudah bisa move on.


Itulah sedikit ulasan tentang tempat recommended untuk nongkrong sambil ngopi yang bisa kamu kunjungi di sekitar Kota Kendal, khususnya Kecamatan Boja.


EmoticonEmoticon